Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Model Pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume

×

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume

Sebarkan artikel ini

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume – Sebelum kita membahas tentang telebih dahulu dipahami istilah pembelajaran yaitu dapat kita sandingkan dengan mengajar dan belajar. Mengajar barada pada pihak guru dan belajar berada pada pihak murid, mengajar dan belajar adalah peristiwa yang berbeda tetapi antara keduanya terdapat hubungan yang sangat erat. Antara kedua kegiatan itu saling mempengaruhi dan saling menunjang satu sama lain.

Telah banyak para ahli yang mencoba merumuskan istilah mengajar ditinjau dari sudut pandang masing-masing. Perumusan dan tinjauan itu kebanyakan berlainan dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka mengajar dapat diartikan dari 4 sudut pandang yaitu :

Scroll untuk melihat konten
  1. Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik
  2. Mengajar adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga pendidikan sekolah.
  3. Mengajar adalah usaha mengorganisasikan lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi murid. Dan
  4. Mengajar atau mendidik adalah memberikan bimbingan belajar kepada murid.1

Senada dengan pendapat di atas, mehibbin syah juga menjelaskan bahwa mengajar adalah merupakan penyampaian pengetahuan dan kebudayaan kepada murid.2

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pembelajaran adalah usaha sadar atau sengaja yang dilakukan oleh seorang guru dikelas untuk menyampaikan materi atau mentransper ilmu pengetahuan kepada murid untuk mencapai tujuan dalam belajar. Dengan demikian dalam proses pembelajaran terjadi hubungan interaksi antara guru dan murid yang memiliki tujuan dan arah tertentu. Dalah hal ini adalah interaksi belajar mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaan Kooperatif Tipe Group Resume.

Strategi pembelajaan Kooperatif Tipe Group Resume pada dasarnya adalah pembelajaran yang mengaambarkan hasil pembelajaran yang telah dicapai individu. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume ini akan lebih menarik jika dilakukan dalam bentuk group dengan tujuan mambentuk murid dapat lebih akrab atau dapat bekerjasama dengan kelompok yang anggotanya sudah lebih mengenal sebelumnya. Kemudian pembelajaran ini akan lebih efektif jika resume ini berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu agar lebih jelas dan terarah mengenai pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume dapat dikemukakan langkah-langkah dalam pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume sebagai berikut:

  1. Bagi murid menjadi beberapa kelompok kecil terdiri dari 3 – 6 anggota
  2. Jelaskan kepada murid bahwa kelas mereka dipenuhi oleh individu- individu yang penuh bakat dan pengalaman
  3. Sarankan bahwa salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi dan menunjukan kelebihan yang dimiliki kelas adalah dengan membuat resume kelompok.
  4. Bagikan kepada beberapa kelompok kertas pleno (kertas buram ukuran koran) dan spidol untuk menuliskan resume mereka. Resume harus dapat mencangkup informasi yang dapat menjual “kelompok” secara keseluruhan.
  5. Minta masing-masing kelompok untuk mempersentasekan resume mereka dan catat keseluruhan potensi yang dimiliki oleh keseluruhan kelompok.3

Senada dengan pendapat Agus Suprijono juga mengemukakan ada beberapa langkah-langkah dalam penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume antara lain:

  1. Membagi murid menjadi kelompok-kelompok kecil
  2. Menjelaskan kepada mereka bahwa kelas itu dipernuhi oleh individu- individu yang penuh bakat
  3. Menyarankan kepada siswa bahwa salah satu cara untuk mengidentifikasi dan menunjukan kelebihan yang dimiliki kelas adalah dengan membuat resume kelompok
  4. Membagikan kepada setiap kelompok kertas untuk menuliskan resume. Resume harus mencakup informasi yang dapat menarik kelompok secara keseluruhan.4

Akan tetapi dalam proses pembelajaran ini perlu diperhatikan beberapa hal untuk memperlancar proses pembelajaran, bagikan garis-garis besar yang dapat diisi oleh masing-masing kelompok, kemudian masing-masing kelompok menulis resume rendiri, dapat juga salah seorang melakukan interviu kepada teman-teman satu kelompok. Kemudian jumlah masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah murid dalam kelas.

Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume

Bertolak dari penjelasan di atas, ada beberapa kelebihan dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Resume sebagai berikut :

  1. Terciptanya aktivitas belajar siswa yang aktif seperti mencatat dan mempersentasekan
  2. Terciptanya kerja sama murid dalam proses belajar
  3. Terciptanya dinamisme dalam belajar sehingga antara murid dapat saling berbagi informasi dan pengalaman

Sedangkan kelemahan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume antara lain :

  1. Dibutuhkan pengawasan yang lebih komperhensif dari guru untuk menjaga ketenangan kelas, karena murid belajar kelompok cendrung lebih ramai dan rebut
  2. Diperkirakan terjadinya ketergantungan yang negatif oleh murid yang merasa tidak mampu atau kurang egresif kepada murid yang mampu dan agresif.

Daftar Pustaka

2 Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008). h. 181

3Hisyam Zaini dkk, Op. Cit, h.10-11

4Agus Suprijono, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Belajar . 2010), h. 119

5Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta. 2003).hal 2

Demikian ulasan saya tentang Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika artikel ini dirasa menarik silahkan share artikel ini melalui tombol di bawah ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.