Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test

×

Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test

Sebarkan artikel ini

Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test – Menurut Sugiyono, (2013: 3) metode diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu. Artinya dalam proses belajar mengajar seorang guru harus menggunakan metode yang tepat untuk mencapai tujuan yang akan dicapai.

Menurut Marselinus (2014: 24) PQRST merupakan salah satu dari metode membaca yang diperkenalkan oleh Thomas, Ellen Lamar, Robinson dan H. Alan dalam buku mereka yang bertajuk” Inproving Reading In Every Class”. Nama PQRST  merupakan  sebuah singkatan, kepanjangannya.  Yaitu:

Scroll untuk melihat konten

P:  Preview yakni melakukan pengamatan awal mengenaiidentitas dan sekilas tentang isi buku.

Q:  Question yakni mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan bacaan.

R:  Read yaitu membaca objek bacaan dengan lebih mendalam, cermat dan kritis sambil mencari jawaban atas semua pertanyaan yang telah dilontarkan.

S: Summarizeberarti meringkas isi bacaan.

T: Test yakni melakukan pengkajian ulang pemahaman terhadap bacaan yang telah dibaca.

Tujuan Membaca Preview, Question, Read, Summarize, Test

Menurut Marselinus (2014: 25) Tujuan dari membaca dengan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test adalah memudahkan pembaca untuk memahami isi dari bacaan serta untuk memudahkan dalam  mengingat kembali mengenai isi dari bacaan tersebut. Karena metode ini sangat memudahkan seseorang yang memiliki kemampuan rendah dalam memahami dan mengingat kembali tentang isi bacaan yang telah ia baca.

Langkah-langkah Preview, Question, Read, Summarize, dan Test

Menurut Marselinus (2014: 24) Metode PQRST terdiri atas lima langkahyaitu Preview, Question, Read, Summarize, dan Test.

Langkah Preview

Menurut Marselinus (2014: 25) Langkah Preview (meninjau) sebagai langkah pertama dalam model PQRST dilakukan untuk meninjau secara umum teks atau buku yang dibaca. Apabila berhasil dalam melakukan langkah ini, akan mendapatkan gambaran isi tulisansecara umum.



Langkah-langkah Preview:
  1. Membaca judul buku, melakukan pemahaman sendiri isi buku dari judulnya.
  2. Membaca daftar isi. Pahami bagaimana buku ditulis dengan gaya penulisannya. Baca masing-masing bab dan sub bab untuk memahami isi secara umum.
  3. Baca kata pengantar atau yang sejenis. Bagian kata pengantar biasanya memberikan penjelasan ringkas tentang isi buku dan organisasi buku.
  4. Lihat bagian akhir atau belakang buku. Apakah ada lampiran-lampiran pada buku dimaksud, pahami lampiran yang ada dan identifikasi jenis-jenisnya misalnya lampiran biasa, glosari, referensi atau daftar pustaka, atau indeks.
  5. Pada saat membaca bab, perhatikan dengan seksama: judul bab, jika ada tujuan penulisan bab, sub bab, grafik, gambar, pengantar bab, catatan-catatan yang ada,  pertanyaan-pertanyaan bab, dan ringkasan bab.
Keuntungan Preview:

Keuntungan yang didapat dengan melakukan langkah preview adalah:

  1. Memberikan gambaran besar dari isi buku.
  2. Membantu menemukan poin penting.
  3. Membantu mengetahui organisasi penulisan dan isi tulisan.
  4. Menetapkan hal-hal penting yang harus segera dipahami,   tanpa harus membaca keseluruhan isi.
Langkah Question

Menurut Marselinus (2014: 26) Langkah Question, merupakan langkah kedua dalam model Preview, Question, Read, Summarize, Test. Langkah Question sebagai tindak lanjut dari langkah previewdilakukan untuk memastikan gambaran besar yang sudah didapat dari langkah pratinjau atau preview. Jika langkah membuat pertanyaan dapat dilakukan dengan baik, maka proses memahami teks dapat dilakukan dengan baik. Langkah-langkah membuat pertanyaan:

  1. Membaca bab secara detil
  2. Lakukan prediksi dengan menggunakan pertanyaan pada heading.
  3. Gunakan kata tanya: siapa; apa; kapan; mengapa; dan bagaimana. Buat pertanyaan yang dapat menggiring pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  4. Tuliskan pertanyaan yang dibuat pada bagian margin yang memudahkan untuk digunakan dalam memahami isi bacaan.




Keuntungan membuat pertanyaan:

  1. Membantu mengetahui secara tepat apa yang harus dicari
  2. Mendorong pembaca untuk melihat isi teks secara detil ketika membaca.
  3. Membantu pembaca memperhatikan secara lebih dekat dengan apa yang dibaca.
  4. Meningkatkan konsentrasi dengan memberikan panduan dalam mencari (hunt) melalui telaah bacaan.
  5. Membantu mempersiapkan tes untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.
  6. Memungkinkan pembaca memprediksi pertanyaan-pertanyaan dalam tes.
Langkah Read

Menurut Marselinus (2014: 27) Langkah Read atau membaca sebagai langkah ketiga dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang dibuat. Membaca merupakan proses berpikir, sehingga selama membaca, apabila diperlukan berhenti sebentar untuk mengendapkan atau memikirkan apa yang dibaca, sehingga pemikiran awal yang timbul melalui pertanyaan yang dibuat dapat dipastikan dari informasi yang didapat melalui membaca teks. Selama membaca proses menghubungkan antara informasi baru yang didapat dengan pengetahuan atau pengalaman yang sudah dimiliki, sehingga terjadi sintesis atau evaluasi terhadap pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi pengetahuan baru. Selama membaca lakukan beberapa aktivitas berikut:

  1. Jawab pertanyaan yang dibuat.
  2. Beri tanda sebagai penekanan pada bagian penting seperti diberi warna atau garis bawah pada kata atau frase.
  3. Baca kembali bagian yang dianggap sulit.
  4. Pecah dalam beberapa bagian apabila diperlukan.

                   Keuntungan dari Effective Reading:

  1. Menyiapkan pikiran untuk menerima pengetahuan
  2. Meningkatkan volume pengetahuan yang dapat dipelajari
  3. Mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memperlajari sesuatu.



Langkah Summarize

Menurut Marselinus (2014: 27) Langkah keempat adalah summarize, sebagai langkah komprehensif terhadap keseluruhan langkah, yang membantu dalam memastikan informasi baru yang didapat mengendap untuk menjadi pengetahuan baru yang dibutuhkan. Langkah ini juga merupakan langkah memilih dan memilah informasi sehingga dapat dibedakan antara informasi yang diperlukan dengan informasi yang kurang diperlukan. Langkah summarize disebut  meringkas.

Langkah-langkah summarize:

  1. Temukan dan beri tanda ide kunci.
  2. Buat ringkasan dan catat hal-hal penting pada setiap bagian.
  3. Tulis poin-poin penting yang ditemukan.
  4. Apabila diperlukan buat mindmap untuk memudahkan melihat hubungan antar konsep.

Keuntungan membuat summarize:

  1. Catatan kecil yang dibuat pada bagian-bagian yang ditandai    memudahkan dalam memahami isi paragraf atau bagian teks secara cepat.
  2. Catatan berbentuk pointer memudahkan mencari konsep utama dan mengingat hal-hal penting dari teks.
  3. Ringkasan yang dibuat memudahkan memahami teks karena dibuat  dalam bahasa sendiri dan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan.
Langkah Test

Menurut Marselinus (2014: 28) Langkah terakhir adalah test. Langkah tes dilakukan untuk memastikan teks sudah dipahami secara baik. Tes dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang sudah dibuat atau dengan menjawab pertanyaan tes yang dilakukan guru. Jenis tes yang dilakukan tergantung dari tujuan dilakukannya tes pada saat itu. Pertimbanganutama terhadap tes mengikuti taksonomi tujuan pembelajaran yaitu memfasilitasi siswa berpikir tingkat tinggi. Apabila memungkinkan ketiga  ranah tujuan pembelajaran yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan diukur pencapaiannya melalui tes.

Langkah-langkah Tes:

  1. Baca kembali pertanyaan yang telah dibuat dan jawab pertanyaan tersebut untuk memastikan tingkat pemahaman yang dicapai.
  2. Lakukan pemetaan terhadap informasi yang didapat dengan menggunakan peta pikiran, sehingga ditemukan konsep baru dari teks.
  3. Apabila dilakukan tes secara formal oleh guru, buat soal tes yang mengakomodasi pemikiran tingkat tinggi.
  4. mengerjakan tes dari guru.
  5. Berikan umpan balik dari hasil tes sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.




Keuntungan Tes :

  1. Menyiapkan mengikuti tes
  2. Memfasilitasi mencapai tingkat yang lebih tinggi
  3. Memfasilitasi pemahaman yang terjadi menjadi pemahaman yang utuh.
Kelebihan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test

Menurut Marselinus (2014: 30) kelebihan metode Preview, Question, Read, Summarize, Testyaitu:

  1. Siswa mendapat bekal metode belajar yang sistematis, efektif, dan efisien.
  2. Siswa menjadi fleksibel dalam mengatur kecepatan membaca
  3. Dalam membaca di luar pembelajaran, siswa dapat menentukan materi yang sesuai dengan kemampuannya atau tidak.
Kelemahan metode Preview, Question, Read, Summarize, Test.

Menurut Marselinus (2014: 30) kelemahan metode Preview, Question, Read, Summarize, Testyaitu:

  1. Siswa yang tidak suka membaca akan sulit memahami pelajaran.
  2. Harus teliti dalam membaca.
  3. Membedakan summarize antara iktisar dan ringkasan.

Demikian pembahasan singkat tentang Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test semoga bermanfaat bagi anda dan dapat dijadikan referensi bagi anda, jika artikel ini dirasa penting bagi anda, silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.