5 Plugin Page Builder Gratis untuk Website WordPress Anda

Diposting pada

Apa Itu Plugin Page Builder?

Plugin page builder menawarkan kemudahan bagi para pemula maupun profesional dalam membuat website instan. Menariknya lagi, Anda bisa melakukan kustomisasi tata letak website sesuai kebutuhan hanya dengan cara drag and drop.

Theme premium WordPress memang memungkinkan Anda mengkustomisasi setiap halaman website. Akan tetapi, di sini Anda tetap memerlukan tambahan script (HTML/CSS) serta pemahaman dasar pemrograman untuk mewujudkan website idaman Anda.

Dengan plugin page builder Anda dapat melakukan kustomisasi secara lebih sederhana. Di sini Anda bisa menetapkan template berbeda pada tiap halaman, menambahkan daftar harga produk, menampilkan portofolio, update event, bahkan membuat website sistem informasi sesuai kebutuhan. Semuanya mungkin Anda lakukan melalui beberapa klik saja.

Berikut adalah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Plugin Page Builder WordPress …

  1. Menghemat Waktu Pembuatan Website
    Anda tidak perlu membuang waktu hanya untuk merancang dan membuat konsep website. Fitur website WordPress builder telah menyediakan editor sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan cepat.
  2. Memudahkan Anda Saat Akan Upgrade Konten Website
    Website WordPress dengan plugin page builder dapat Anda modifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Apabila nantinya Anda mengubah website maupun elemen tertentu, Anda dapat langsung menambahkannya melalui editor drag and drop builder.
  3. Tanpa Coding, Website Instan Anda Siap Digunakan
    Anda tidak perlu memikirkan rumitnya membuat website dengan berbagai coding. Website WordPress page builder telah menyediakan kemudahannya untuk Anda. Saat akan menambahkan event baru pada halaman baru, Anda bisa melakukannya tanpa harus menggunakan editor CSS/HTML.
  4. Custom Layout dan Desain
    Anda bisa dengan leluasa menentukan desain website Anda, baik dari segi warna maupun elemen-elemen yang ada di dalamnya. Misalnya, menambahkan header yang tidak terdapat pada tema bawaan serta mengubah layout. Anda bahkan dapat melakukan kustomisasi sedemikian rupa sehingga terlihat menawan.
Baca Juga:   Apa Itu Blog Dan Google Adsense?

Penggunaan plugin page buider bisa Anda coba mulai saat ini juga. Anda dapat melakukan apapun pada website Anda, kemudahan seperti melakukan duplikat halaman, elemen, hingga mengatur desain setiap halaman bisa dilakukan menggunakan plugin yang akan kita bahas berikut.

5 Plugin Page Builder Drag and Drop untuk Membuat Website WordPress

5 plugin drag and drop yang kami ulas berikut ini tersedia gratis. Anda bisa langsung mendapatkannya di website resmi WordPress. Plugin dalam daftar ini akan membantu Anda membuat website WordPress secara cepat namun tetap profesional.

Berikut adalah kelima plugin beserta deskripsinya. Anda bisa mencobanya sekarang juga untuk memulai website WordPress Anda

1. Elementor

Membuat website dengan cepat berikut segenap elemen lengkap? Elementor merupakan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda. Saat melakukan pembuatan website, anda dapat langsung melakukannya di satu halaman. Editor pada sebelah kanan dan elemen-elemen yang Anda butuhkan berada di sebelah kiri. Tampilan hasil kerja Anda dapat langsung dilihat tanpa harus menuju ke halaman preview.

Menggunakan fitur baru page builder Elementor, yaitu  template library, Anda dapat menikmati berbagai template yang telah tersedia. Nantinya Anda juga dapat upload desain yang telah Anda buat ke halaman ataupun website lainnya.

Dalam hal SEO dan tampilan mobile, page builder Elementor tidak kalah menarik dengan page builder WordPress lainnya. Elementor telah dibuat dengan coding  yang telah disesuaikan dengan SEO dan dengan tampilan responsif.

Apa saja fitur menarik untuk Anda?

  • Desain yang Responsif.
  • Customize Layout — Anda bisa membuat layout sesuai keinginan Anda!
  • 28 Widget utama untuk membuat Website (Heading, Image, Media Sosial, Sidebar, dan lain-lain).
  • Kompatibel dengan berbagai tema dan plugin.

2. Site Origin

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kemudahan saat membangun website?

Baca Juga:   Strategi Pengembangan Manajemen Jaringan

Tanpa coding sama sekali Anda bisa mendapatkan website interaktif dengan berbagai widget – yang pada umumnya hanya Anda dapatkan di page builder berbayar. Dari segi desain website, Anda bisa menyesuaikan posisi serta ukuran untuk setiap event yang Anda tambahkan.

Dilengkapi dengan history editor, Anda bisa melakukan uji coba, misalnya mengganti template dan mengembalikan ke tampilan sebelumnya tanpa mengganggu konten yang telah Anda buat sebelumnya.

Anda dapat mengunduh plugin Site Origin secara gratis di sini.

Berikut adalah hal menarik yang bisa Anda dapatkan menggunakan page builder Site Origin.

  • Leluasa menggunakan widget WordPress yang tersedia.
  • Responsif dan mobile friendly.
  • Compatible dengan berbagai tema WordPress (baik free maupun premium).
  • Anda dapat melanjutkan pembuatan website dengan halaman post yang sudah Anda buat sebelumnya.

3. Aqua Page Builder

Apa yang Anda harapkan ketika pertama kali mencoba membuat website WordPress?

Jika Anda mendambakan kemudahan, Aqua Page Builder merupakan pilihan tepat. Page builder ini memiliki tampilan layaknya widget, dan ketika Anda menggunakannya akan tetap merasa nyaman seperti saat Anda melakukan konfigurasi WordPress. Anda tidak perlu menghabiskan waktu memilih elemen-elemen yang tepat.  Page builde ini telah menyediakan Block dengan 6 elemen utama untuk website WordPress Anda.

Untuk mempercepat pembuatan website WordPress, jika ingin membuat halaman baru Anda bisa melakukan duplikasi, dan dengan sedikit modifikasi, Anda bisa mendapat halaman baru. Pada prosesnya, Anda hanya perlu melakukan drag and drop elemen yang dibutuhkan serta menyesuaikan konten website WordPress Anda.

Berikut adalah kemudahan yang Anda dapatkan dengan Aqua Page Builder.

  • Simple dan mudah digunakan pemula.
  • Drag & drop.
  • Interface sesuai tampilan WordPress.

4. Unyson

Anda ingin menambah module, atau membuat slide untuk website WordPress Anda? Atau mungkin melakukan backup dan restore website? Semua dapat Anda lakukan menggunakan plugin page builder Unyson. Berbagai kemudahan dalam membuat website bisa Anda dapatkan menggunakan plugin gratis ini. Page builder Unyson memberikan Anda pilihan untuk mengaktifkan fitur tertentu. Anda dapat mengaktifkan sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga:   Pengertian MySQL?

Menariknya, jika Anda membuat website khusus portofolio ataupun membuat website mengenai suatu acara tertentu. Unyson telah menyediakan templatenya dan Anda hanya perlu membuat konten saja.

Apa yang menjadi keunggulan Unyson?

  • Slider untuk membuat website Anda lebih menawan.
  • Mega Menu. Kemudahan pembuatan menu untuk membuat website Anda user friendly.
  • Tersedia fitur Backup dan Restore.

5. Themify

Menggunakan Themify, berbagai elemen seperti button, icon, halaman, hingga widget bisa Anda pilih untuk membuat website. Setelah Anda menentukan elemen yang akan digunakan, bisa Anda customize untuk memperindah website, misalnya mengganti warna, font, dan ukuran huruf.

Tersedia versi gratis dan berbayar untuk plugin Themify ini. Meskipun demikian, bukan berarti versi gratis tidak layak Anda gunakan.

Berikut adalah fitur menarik yang tersedia dalam versi gratis.

  • Module Lengkap.
  • Preview Editing.
  • Copy Paste Modul dan Kolom.
  • Fitur Import dan Export.

Kesimpulan

Memilih plugin page builder yang tepat tentu harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda masih pemula dalam menggunakan WordPress, Anda dapat mengunjungi artikel WordPress Dasar untuk Pemula kami sebelum memulai segala sesuatunya.

Jangan ragu tinggalkan komentar di bawah ini apabila Anda ingin berbagi pengalaman membuat website WordPress. Beritahu juga kepada kami apabila Anda masih memiliki kesulitan dan ingin memulai membuat website WordPress, dengan senang hati kami akan membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.