Setting WordPress Push Notifications dengan OneSignal

Diposting pada

Ada banyak cara untuk meningkatkan traffic ke website WordPress Anda. Salah satunya adalah melalui pop-up notification yang dapat tampil di layar. Fitur ini dikenal dengan nama WP Push Notifications. Menariknya lagi, pengguna tetap akan mendapatkan pemberitahuan/notifikasi pada perangkat desktop maupun mobile, bahkan ketika mereka tidak sedang mengakses website.

 

Apa yang Dapat Dilakukan WordPress Push Notifications?

 

Konsep WP Push Notifications pada dasarnya sedikit mirip dengan email newsletter. Perbedaan utamanya, email newsletter mengirimkan informasi ke inbox email, sedangkan WP Push Notifications mengirimkannya langsung melalui notifikasi perangkat desktop maupun mobile.

Tidak semua orang membuka email setiap hari. Banyak orang malah cenderung lebih ‘ngeh’ membuka notifikasi melalui ponsel (maupun desktop). Untuk menargetkan pengguna dengan kebiasaan seperti ini, WP Push Notifications dapat menjadi cara ampuh membagikan konten website WordPress Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan WP Push Notifications.

  • Meningkatkan Traffic Website
    Ketika Anda memiliki update terbaru di website, tidak semua pengunjung mengetahuinya. Dengan penargetan yang tepat menggunakan WP Push Notifications, informasi yang Anda sampaikan dapat dilihat oleh pengunjung Anda dengan mengirimkan pemberitahuan langsung di desktop. 
  • Memperluas Jangkauan Posting Website
    Pengunjung website lebih mudah memperoleh update terbaru website Anda, sehingga kemungkinan share ke pengguna lain dengan minat serupa lebih besar.
  • Meningkatkan Penjualan
    WP Push Notifications tidak hanya dapat digunakan untuk menampilkan artikel/info terbaru saja. Jika Anda memiliki website e-commerce, info promo produk juga bisa Anda beritahukan.
Baca Juga:   Apa Itu Blog Dan Google Adsense?

Website Seperti Apa yang Memerlukan WordPress Push Notifications?

WP Push Notifications akan sangat efektif jika dipasang pada website dengan kebutuhan seperti di bawah ini.

  • Website Anda selalu update informasi dan artikel hampir setiap hari.
  • Anda sering melakukan flash sale produk-produk bisnis Anda.
  • Website Anda menyajikan flash news yang harus segera diketahui pengguna.

Bagaimana jika Anda memiliki website statis seperti portfolio maupun company profile perusahaan? Tentu saja Anda juga dapat memasangkan fitur WP Push Notifications. Akan tetapi, biarpun bisa, biasanya kedua website tersebut tidak terlalu membutuhkan fitur ini.

Best Solution: OneSignal WordPress Push Notifications

Saat ini tersedia berbagai macam plugin WP Push Notifications yang dapat dengan mudah Anda pasang pada website WordPress Anda. Dari banyaknya pilihan yang ada, kami merekomendasikan agar Anda menggunakan OneSignal WordPress Push Notifications.

Selain tersedia gratis, WP Push Notifications besutan OneSignal ini memiliki beberapa keunggulan utama yang tidak dimiliki oleh plugin serupa lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Support di browser Chrome, Firefox, dan Safari.
  • Mendukung akses HTTP dan HTTPS.
  • Kemudahan kustomisasi desain notifikasi.
  • Tersedia real time analytics.

OneSignal WP Push Notifications ini bisa Anda dapatkan di laman resmi WordPress.org secara gratis. Panduan instalasi serta konfigurasi plugin ini dapat Anda temukan pada bagian selanjutnya.

OneSignal Push Notifications: Instalasi & Konfigurasi

Instalasi OneSignal WP Push Notifications dapat Anda lakukan sendiri. Jika Anda belum mengetahui cara instal plugin, silakan ikuti panduan instalasi di sini.

Baca Juga:   Bootstrap Table pada Framework Bootstrap

1. Pertama-tama, cari plugin bernama OneSignal – Free Web Push Notifications pada WordPress Anda. Klik Install Now untuk melanjutkan. 

2. Setelah instalasi selesai, masuk pada pilihan OneSignal Push yang terletak di deretan menu sebelah kiri, kemudian klik tab Configuration. Di sini Anda akan melihat beberapa kolom yang harus diisi. Untuk dapat mengisi App ID dan REST API Key Anda harus memiliki akun di https://onesignal.com/ terlebih dahulu. Silakan pilih Free Register pada website OneSignal.

3. Setelah berhasil login menggunakan akun OneSignal Anda, klik Add a new app, masukkan nama app pada kolom isian App Name, pilih Website Push, dan klik Next.

4. Selanjutnya Anda akan memasuki halaman Edit app Sample WP. Pilih icon Google Chrome & Mozila Firefox dan klik Next untuk melanjutkan.

5. Masukkan nama website pada kolom isian yang tersedia. Jika website Anda belum menggunakan fitur keamanan SSL (HTTPS), silakan centang pada kolom My site is not fully HTTPS dan klik Save. Jangan lupa masukkan icon/logo website Anda yang nantinya akan tampil setiap kali notifikasi muncul.

6. Selanjutnya Anda perlu memilih Target SDK yang akan digunakan. Pilih WordPress sebagai target SDK dan klik Next.

7. Setelah klik Next, maka muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Anda sudah mendapatkan API Key dan APP ID yang Anda butuhkan. Klik Done untuk melanjutkan pengaturan plugin di dashboard WordPress.

Baca Juga:   Konversi MySQL ke MySQLi

8. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan OnePush WP Notifications ke website WordPress Anda. Tentu Anda masih ingat adanya kolom isian APP ID dan APK pada dashboard plugin OnePush.

Nah, silakan masukkan REST API Key dan APP ID yang sebelumnya sudah Anda dapatkan ke dalam pengaturan plugin WordPress ini.

 

Demikian postingan cara memasang push notification pada wordpress menggunakan one signal. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.