Pengertian Cara Belajar

Diposting pada

Pengertian Cara Belajar – Cara belajar adalah suatu jalan atau sistem yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya. Slameto mengemukakan bahwa: “Cara belajar adalah kebiasaan belajar atau cara belajar yang mempengaruhi belajar meliputi antara lain: mengulangi bahan pelajaran, membaca dan membuat catatan, kosentrasi, mengerjakan tugas, cara mengatur waktu belajar.” Adanya cara yang dimiliki oleh siswa akan memberikan jalan atau sistem yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya.

Setiap pembelajar memiliki cara sendiri dalam hal mengolah, menyandi, merasakan atau menerima informasi (pesan pembelajaran). Ada pembelajar lebih menyukai cara visual dan ada yang lebih menyukai cara mendengar. Ada yang lebih suka belajar sendiri, ada yang lebih suka belajar secara kolaborasi atau bersama-sama dan berdiskusi. Ada yang suka menganalisis informasi, ada pula yang senang membuat abstrak garis besar isi bahan. Ada yang lebih menggantungkan diri pada isyarat internal, ada pula yang lebih meyakini isyarat eksternal untuk mengolah sesuatu. Cara yang terus-menerus tetap bagi masing-masing pembelajar ini disebut cara belajar atau learning style.

Booby De Porter dan Mike Hernacki dalam Quantum Learning disebutkan bahwa learning style adalah kunci mengembangkan kinerja dalam pekerjaan di sekolah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi. James dan Gardner dalam Nur Ghofrun berpendapat bahwa learning style adalah cara yang kompleks dimana para siswa menganggap dan merasa paling efektif dan efisien dalam memproses, menyimpan dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari.

Baca Juga:   Introduction to Path Analysis

Menurut Hernacki dikutip oleh M. Asrori Ardiansyah disebutkan bahwa “cara belajar merupakan gabungan modalitas dan dominasi otak. Modalitas artinya cara termudah bagi seorang untuk menyerap informasi, sedangkan dominasi otak cara seorang dalam mengatur dan mengelolah informasi.”

Berdasarkan beberapa penjelasan tentang cara belajar atau learning stlye tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa cara belajar merupakan cara yang relatif tetap dan konsisten yang dilakukan dalam menangkap informasi, cara mengingat, cara berfikir, dan cara memecahkan masalahnya untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya.

Cara belajar yang efektif

Pengefektifan cara belajar sebagaimana yang diuraikan oleh Slameto diperlukan adanya bimbingan, kondisi dan strategi belajar, dan metode belajar. Penjelasan dari masing-masing aspek tersebut adalah sebagai berikut:

Perlunya Bimbingan

Miunsterberg dan Taylor mengadakan penyelidikan ilmiah tentang cara-cara bekerja efisien. Efisien dalam industri telah banyak menjadi kenyataan, sehingga pemborosan bahan dan waktu diperkecil sampai minimal. Demikian pula dalam hal belajar ada cara-cara yang efisien dan tak efisien. Banyak siswa dan atau mahasiswa gagal atau tidak mendapat hasil yang baik dalam pelajarannya karena mereka tidak mengetahui cara-cara belajar yang efektif. Mereka kebanyakan hanya mencoba menghafal pelajaran.

Kondisi dan Strategi Belajar

Kondisi dalam hal ini terbagi menjadi kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal adalah situasi yang ada dalam diri siswa itu sendiri misalnya kesehatan, keamanannya, dan sebagainya. Siswa dapat belajar dengan baik apabila kebutuhan-kebutuhan internalnya dapat dipenuhi. Terdapat kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi, yakni: kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan akan kebersamaan dan cinta, kebutuhan akan status

Baca Juga:   Regressi Linier Berganda

(misalnya keinginan akan keberhasilan), Kebutuhan self actualization, kebutuhan untuk mengetahui dan mengerti, dan kebutuhan estetik. Kondisi eksternal adalah kondisi yang. ada diluar diri pribadi manusia, umpamannya kebersihan rumah, penerangan, serta keadaan linkungan fisik yang lain. Untuk dapat belajar yang efektif diperlukan lingkungan fisik yang baik dan teratur.

Belajar yang efisien dapat tercapai apabila dapat menggunakan strategi belajar yang tepat. Strategi pembelajaran merupakan suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Strategi belajar diperlukan untuk dapat mencapai hasil yang semaksimal mungkin. Slameto mengemukakan bahwa seorang yang menyelidik berbagai buku tentang cara-cara belajar yang baik akan mengumpulkan berbagai macam petunjuk yang penting seperti keadaan jasmani, keadaan emosional, keadaan lingkungan, memulai belajar, adakan kontrol, belajar keras tidak merusak, cara mempelajari buku, mempertinggi kecepatan membaca, jangan membaca belaka dan lain-lain.

Cara belajar yang sangat berperan dalam proses pembelajaran

Cara belajar atau learning style yang dimiliki oleh siswa merupakan kombinasi dari bagaimana menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Cara menyerap informasi tersebut dikenal nama modalitas.

M. Asrori Ardiansyah mengemukakan bahwa cara belajar yang mempengaruhi proses pembelajaran yaitu, pertama cara belajar visual yaitu cara belajar yang memiliki ciri-ciri yaitu teratur, memperhatikan segala sesuatu, menjaga penampilan, mengingat dengan gambar, lebih suka membaca daripada dibacakan dan membutuhkan gambaran dan tujuan menyeluruh, menangkap secara detail, dan mengingat apa yang dilihat. Kedua, cara belajar auditorial cara belajar yang memiliki ciri-ciri seperti Perhatiannya mudah terpecah, berbicara dengan pola berirama, belajar dengan cara mendengar, menggerakkan bibir atau bersuara saat membaca, berdialog secara internal dan eksternal.

Baca Juga:   Pengertian Motivasi

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Cara Belajar semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.