Scroll untuk baca artikel
Metode Pembelajaran

Karakteristik Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan

×

Karakteristik Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan

Sebarkan artikel ini

Karakteristik Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan saya sajikan dalam bentuk table seperti dibawah ini:

No

Scroll untuk melihat konten

Metode Kuantitatif

Metode Kualitatif

Metode Pengembangan

1

A.Desain

a. Spesifik, jelas, rinci

b. Ditemukan secara mantap sejak awal

c. Menjadi pegangan langkah demi langkah

A. Desain

a. Umum

b. Fleksibel

c. berkembang dan muncul dalam proses penelitian.

A. Desain

a.

2.

B. Tujuan

a. Menunjukkan hubungan antar variable

b. Menguji teori

c.Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif

B. Tujuan

a. Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif

b. menemukan teori.

c. menggambarkan realitas yang kompleks

d. Memperoleh pemahaman makna

B. Tujuan

a. Menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia

b. Menghasilkan produk penelitian yang dapat digunakan untuk mengembangkan mutu pendidikan dan pembelajaran

secara efektif.

 

3.

C. Teknik Pengumpulan Data

  1. Kuesioner
  2. Observasi wawancara terstruktur

C. Teknik Pengumpulan Data

a. Participant observation

b. In depth Interview

c. dokumentasi

d. Tringulasi

C. Teknik Pengumpulan Data

a. Interview (Wawancara)

b. Kuesioner (Angket)

c. Observasi

4

D. Instrumen Penelitian

a. Test, Angket, wawancara terstruktur

b. Instrumen yang telah terstandar.

D. Instrumen Penelitian

a. Peneliti sebagai instrument(human instrument)

b.Buku catatan, tape recorder, camera, handycam,dll

D. Instrumen Penelitian

a. Angket

b. Catatan, Alat rekam.

5.

E. Data

a. Kuantitatif

b. Hasil Pengukuran variable yang dioperasionalkandengan meggunakan instrumen

E. Data

a. Deskriptif Kualitatif

b. Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dan lain-lain.

E. Data

a. Statistik Deskriptif dan Inferensial.

b. Statistik Parametis dan Nonparametis

6

F. Sampel

a. Besar

b. Representatif

c. Sedapat mungkin random.

d.Ditemukan sejak awal

F. Sampel/sumber data

a. Kecil

b. Tidak representative

c. Purposive, snowball

d. Berkembang selama proses penelitian

F. Sampel

a.

 

7

 

G. Analisis

a. Setelah selesai pengumpulan data

b. Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis

 

G. Analisis

a. Terus menerus sejak awal hingga akhir penelitian

b. Induktif

c. Mencari pola, model tema, teori.

 

8

H. Hubungan Dengan Responden

a. Dibuat berjarak bahkan tanpa kontak agar objektif.

b. Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden

c. jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan.

H. Hubungan Dengan Responden

a. Empati, akrab supaya dapat pemahaman yang mendalam

b. Kedudukan sama bahkan sebagai guru konsultan

c. Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori

 

9

  1. Usulan Desain
  1. Luas dan rinci
  2. Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti
  3. Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya
  4. Masalah dirumuskan dengan spesifikdan jelas
  5. Hipotesis dirumuskan dengan jelas
  6. Ditulis secara rincisebelum terjun kelapangan
  1. Usulan Desain
  1. Singkat, umum bersifat sementara
  2. Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pengangan utama
  3. Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour/piknik
  4. Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan
  5. Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis
  6. Focus penelitian ditentukan setelah memperoleh data awal dari lapangan

 

10

J. kapan Penelitian Dianggap Selesai?

Setelah semua keinginan yang direncanakan dapat diselesaikan.

J. Kapan Penelitian Dianggap Selesai?

Setelah tidak ada data yang dianggap baru/jenuh.

J. Kapan Penelitian Dianggap Selesai?

Saat semua tahapan sudah dilakukan semua, sampai pada Revisi produk.

11.

K. Kepercayaan Thd. Hasil penelitian

Pengujian validitas dan realiabilitas instumen

K. kepercayaan Thd. Hasil penelitian

Pengujian Kredibilitas, Depenabilitas, proses dan hasil penelitian.

K. Kepercayaan Thd. Hasil penelitian

Pengujian Kredibilitas dan manfaat produk dari hasil penelitian

12

M. Manfaat Penelitian

a.

M. Manfaat Penelitian

a. Sebagai pengembangan teori

b. Untuk penyempurnaan praktik

c. Sumbangan dalam menentukan kebijakan

d. Mengklarifikasi isu-isu dan tindakan social

e. Sumbangan untuk studi-studi khusus.

M. Manfaat Penelitian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian pemaparan singkat tentang Karakteristik Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan, Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share artikel ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.