Pengertian Model Pembelajaran Index Card Match

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Index Card Match – Model Index Card Match ini berhubungan dengan cara-cara untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dan menguji pengetahuan serta kemampuan mereka saat ini dengan teknik mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan.

Biasanya guru dalam kegiatan belajar mengajar memberikan banyak informasi kepada siswa agar materi atau pun topik dalam program pembelajaran dapat terselesaikan tepat waktu, namun guru terkadang lupa bahwa tujuan pembelajaran bukan hanya materi yang selesai tepat waktu tetapi sejauh mana materi telah disampaikan dapat diingat oleh siswa. Karena itu dalam kegiatan pembelajaran perlu diadakan peninjauan ulang atau review untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa.

Strategi Index Card Match merupakan pola umum yang berisi tentang rentetan kegiatan yang dijadikan pedoman agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal menggunakan kartu berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang dapat disesuaikan (pada penelitian digunakan ukuran kartu yaitu 8 cm x 4 cm), berisi kata-kata berupa soal atau jawaban pada kartu yang lain yang diberi tanda untuk kartu soal dengan menggunakan angka, sedangkan untuk kartu jawaban menggunakan huruf.

Adapun keunggulan strategi pembelajaran Index Card Match antara lain:

1. Siswa dapat mengembangkan ide dan kemampuan intelektualnya

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Circuit Learning

Siswa yang kurang motivasi akan termotivasi untuk belajar terlebih dahulu sebelum materi pelajaran dipelajari dengan cara membuat ringkasan tentang materi yang akan  dipelajari, dengan begitu siswa akan lebih siap dan lebih cepat paham dalam menerima pelajaran karena telah memiliki pengetahuan awal.

2. Mempercepat pemecahan soal-soal

Siswa tidak hanya mendengar,melihat dan menulis soal dari materi pelajaran, akan tetapi siswa terlibat langsung dalam penyelesaian soal-soal tersebut. Dengan siswa akan lebih cepat paham dan akan lebih lama ingat.

3. Suasana kelas yang menyenangkan

Ketika siswa mencari pasangannya, maka situasi ini lebih menyenangkan dibandingkan ketika siswa hanya mendengar informasi yang diberikan guru.

4. Membangkitkan semangat siswa untuk mengeluarkan pendapat

Siswa menjadi lebih semangat mengeluarkan pendapat karena setelah mereka menemukan pasangannya maka mereka akan mempresentasikan jawaban dan pembahasan dari kartu yang mereka peroleh ke depan kelas, dahulu sebelum materi pelajaran dipelajari dengan cara membuat

Model Index card Match adalah cara menyenangkan lagi aktif untuk meninjau ulang materi pembelajaran, strategi ini member kesempatan pada peserta didik untuk berpasangan dan memainkan kuis kepada kawan sekelas.

Adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam model pembelajaran ini adalah:

a). Pada kartu indeks terpisah, tulislah pertanyaan tentang apa pun yang diajarkan dalam kelas. Buatlah kartu pertanyaan yang sesuai dengan jumlah siswa.

Baca Juga:   Pengertian Dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing

b). Pada kartu terpisah, tulislah jawaban dari setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

c). Gabungkan dua lembar kartu dan kocok beberapa kali sampai benar-benar acak

d). Berikan satu kartu pada setiap peserta didik. Jelaskan bahwa ini adalah latihan permainan, sebagian memegang pertanyaan dan sebagian lain memegang jawaban.

e). Perintahkan peserta didik menemukan kartu permainanya. Ketika permainan di bentuk perintahkan pesertadidik yang bermain untuk mencari tempat duduk bersama.

Metode cukup menarik untuk diterapkan, selain ada unsur permaianan kebersamaan dan membangun keakraban antar siswa. Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui sejauhmana tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan guru. Siswa yang belum begitu menguasai materi yang telah diajarkan tentunya akan mengalami kesulitan dalam mencari pasangannya.

Penggunaan metode ini tentunya juga perlu manajemen waktu yang tepat khsususnya saat digunakan pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak. Guru juga harus siap dengan soal yang bervariatif. Pembacaan soal dan jawaban yang dilakukan oleh tiap-tiap pasangan jika jumlah siswa banyak akan  memakan waktu tidak sedikit, disamping itu berpotensi mengakibatkan kebosanan pada siswa. Metode ini terkendala dilakuakan jika jumlah siap tidak genap (Agus Suprijono, 2014: 139).

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Model Pembelajaran Index Card Match semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda, jika berkenan silahkan share artikel ini. Terima Kasih

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Discovery Strategy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.