Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Prediction Guide

Diposting pada



Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Prediction Guide – Menurut Hisyam Zaini (2009: 4) mengartikan prediction guide, sebagai tebak pelajaran. model pembelajaran aktif tipe Prediction Guide ini digunakan untuk melibatkan peserta didik/siswa di dalam pembelajaran secara aktif, mulai dari awal hingga akhir pembelajaran. Dalam model ini, siswa diminta untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran. Model Prediction Guideadalah satu proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Model pembelajaranPrediction Guide adalah model yang digunakan untuk melibatkan peserta didik didalam proses pembelajaran secara aktif dari awal sampai akhir. Dengan model ini peserta didik diharapkan dapat terlibat dalam pembelajaran semenjak awal pertemuan dan tetap mempunyai perhatian ketika guru menyampaikan materi. Di awal pertemuan,peserta didik diminta untuk menebak apa yang akan muncul dalam topik tersebut. Selama penyampaian materi peserta didik dituntut untuk mencocokkan hasil tebakan mereka dengan materi yang disampaikan oleh guru. Di dalam pengertian model Prediction guide terdiri dari dua kata yaitu Prediction dan Guide. Dalam kamus inggris-indonesia, Echol mengartikan bahwa Prediction berarti ramalan, perkiraan atau prediksi, sedangkan guide berarti buku pedoman, pandu, memandu, menuntun, atau mempedomani. Jadi, Prediction Guide berarti panduan atau penuntun prediksi.

Model Prediction Guideadalah satu proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Model pembelajaranPrediction Guide adalah model yang digunakan untuk melibatkan peserta didik didalam proses pembelajaran secara aktif dari awal sampai akhir. Dengan model ini peserta didik diharapkan dapat terlibat dalam pembelajaran semenjak awal pertemuan dan tetap mempunyai perhatian ketika guru menyampaikan materi. Di awal pertemuan,peserta didik diminta untuk menebak apa yang akan muncul dalam topik tersebut. Selama penyampaian materi peserta didik dituntut untuk mencocokkan hasil tebakan mereka dengan materi yang disampaikan oleh guru. Di dalam pengertian model Prediction guide terdiri dari dua kata yaitu Prediction dan Guide. Dalam kamus inggris-indonesia, Echol mengartikan bahwa Prediction berarti ramalan, perkiraan atau prediksi, sedangkan guide berarti buku pedoman, pandu, memandu, menuntun, atau mempedomani. Jadi, Prediction Guide berarti panduan atau penuntun prediksi.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Circuit Learning

Menurut Hisyam Zaini (2009: 4) mengartikan prediction guide, sebagai tebak pelajaran. Strategi pembelajaran aktif tipe Prediction Guide ini digunakan untuk melibatkan peserta didik/siswa di dalam pembelajaran secara aktif, mulai dari awal hingga akhir pembelajaran. Dalam strategi ini, siswa diminta untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran. Melalui strategi ini, siswa di tuntut untuk aktif dan diharapkan dapat mempertahankan perhatiannya selama proses pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran ini mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif merancang pengajaran menyampaikan isi dan memudahkan proses pembelajaran.

  1. Langkah – langkah model pembelajaran Prediction Guide

Banyak ahli yang menjelaskan bentuk penerapan Prediction Guide. Maka secara umum Prediction Guide  bisa dilakukan dengan langkah-langkah (Warti , 2014: 4):

  1. Tentukan topik yang akan anda sampaikan.
  2. Bagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  3. Guru meminta peserta didik untuk menebak apa saja yang kira – kira akan mereka dapatkan dalam pelajaran ini.
  4. Peserta didik diminta untuk membuat perkiraan-perkiraan itu didalam kelompok kecil.
  5. Sampaikan materi pelajaran secara interaktif.
  6. Selama proses pembelajaran, peserta didik di minta untuk mengidentifisikasi tebakan mereka yang sesuai dengan materi yang anda sampaikan
  7. Di akhir pembelajaran,tanyakan beberapa jumlah tebakan mereka yang benar.
  • Prinsip-prinsip Model Prediction Guide

Model prediction guide adalah bagian dari salah satu model pembelajaran aktif yang berakar dimodel pembelajaran kontrukstivisme. Untuk itu pada dasarnya, prinsip dari model pembelajaran prediction guide mengikuti prinsip dari konstruktivisme, yaitu:

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Experiental Learning

  1. Peserta didik harus selalu aktif selama pembelajaran. Proses aktif ini adalah proses membuat segala sesuatu masuk akal. Pembelajaran tidak terjadi melalui proses transmisi tetapi melalui interpretasi.
    1. Interpretasi selalu dipengaruhi oleh pengetahuan sebelumnya.
    1. Interpretasi dibantu oleh metode instruksi yang memungkinkan negosiasi pemikiran (bertukar pikiran) melalui diskusi, Tanya jawab, dan lain sebagainya.
    1. Tanya jawab didorong oleh kegiatan inquiry (ingin tahu) para peserta didik. Jadi kalau peserta didik tidak bertanya, tidak bicara, berarti peserta didik tidak belajar secara optimal.
    1. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya merupakan suatu proses pengalihan pengetahuan, tapi juga pengalihan keterampilan dan kemampuan.
  • Ciri-ciri model Prediction Guide

Adapun ciri-ciri dari model prediction guide antara lain:

  1. Guru mengaktifkan siswa dalam belajar.
  2. Guru memberi pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
  3. Guru memberi kesempatan siswa untuk berdiskusi dalam kelompok kecil.
  4. Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan jawabannya dan mendemonstrasikan sesuai dengan kemampuan mereka.
  5. Guru dalam ceramah menyampaikan isi poin-poinnya yang sesuai dengan materi dan isi kurikulum.
  6. Guru memberi kesempatan siswa untuk membandingkan jawabannya dengan poin-poin tersebut.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Prediction Guide Semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini dianggap bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.