Pengertian Media Pembelajaran

Diposting pada

Pengertian media secara bahasa berarti tengah, perantara atau pengantar.
Sedagkan dalam bahasa arab media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi media adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, baik interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung.

Dari pengertian media dan pegertian pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran adalah segala sesuatu seperti ;
alat,benda,lingkungan, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan khususnya bahan pelajaran. Sehingga dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar megajar dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik.

Selain itu megunakan media dalam proses belajar mengajar juga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk memperhatikan dan memahami materi pelajaran yang di sampaikan oleh pendidik sehingga dapat tercapainya tujuan belajra. Tujuan penggunaan media belajar dalam proses belajar mengajar bukan sekedar untuk melengkapi proses belajar mengajar dan untuk menarik perhatian peserta didik saja, akan tetapi penggunaan media dalam proses belajar mengajar itu bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah proses belajar mengajar sehingga dapat menigkatkan kwalitas belajar mengajar dan tercapainya tujuan belajar.

Peran media dalam proses belajar megajar itu sangat penting karena media dapat mempermudah pendidik maupun peserta didik dalam mencapai tujuanya. Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan di tetapkan terlebih dahulu sebelum menyampaikan materi pelajaran oleh pendidik dalam pemilihan media pembelajaran adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Pengertian Media Poster Pendidikan
  1. Menentukan tujuan. Maksudnya adalah media yang akan di gunakan
    sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan atau di rumuskan dari
    materi yang akan di sampaikan degan menggunakan media tersebut.
  2. Menetukan keefektifan. Maksudnya adalah dalam pemilian media
    pendidik harus mampu menili media mana yang akan digunakan dan apakah media tersebut efektif atau tidak untuk digunakan untuk
    menyampaikan materi pelajaran dan sesuai dengan tujuan
    pembelajaran yang sudah di rumuskan.
  3. Megukur faktor kemampuan pendidik dan peserta didik. Maksudnya
    adalah dalam memilih dan menggunakan media pendidik harus
    mempertimbagkan apakah pendidik mampu menyampaikan materi
    degan menggunakan media tersebut dan materi yang akan disampaikanjuga harus sesuai dengan kemampuan peserta didik sesuai degan pola berfikir mereka.
  4. Mempertimbangkan faktor fleksibilitas (kelenturan) tahan lama dengan kenyataan. Maksudnya adalah pendidik dalam memilih media harus mempertimbangkan kelenturan dalam arti media dapat digunakan dalam segala situasi, dan juga tahan lama tidak mudah rusak dan tidak berbahaya saat digunakaan, bisa juga memanfaatkan media yang ada di sekitar.
  5. Memperhatikan faktor kesediaan media. Karena setiap sekolah tidak
    sama dalam menyediakan berbagai media belajar yang dibutuhkan
    dalam kegiatan belajar megajar. Maka dari itu pendidik dapat
    memanfaatkan media yang ada di sekitar, selain itu pendidik juga bisa membuat media itu sendiri (jika media mudah di jangkau atau dapat di buatnya sendiri), membeli (jika memag dananya memenuhi) dan lain lain.
  6. Menentukan faktor kesesuaian atau keseimbangan antara manfaat dan biaya. Maksudnya adalah dalam memilih media harus diperhitungkan apakah manfaat yang di peroleh dari pembelajaran degan menggunakan media trsebut dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk media tersebut itu harus seimbang atau sesuai dengan manfaat yang di dapatkan.
  7. Menentukan faktor objektifitas. Maksudnya adalah dalam pemilihan
    metode itu bukan hanya kehendak, kesenangan dan kebutuhan guru
    saja. Melainkan berdasarkan keperluan sistem belajar. Oleh karena itu penidik bisa menayakan atau meminta masukan kepada peserta didik. Karena jika media yang digunakan tersebut disukai oleh peserta didik maka peserta ddik akan mudah memahai dan menerima materi yang di sampaikan oleh pendidik.
  8. Sesuai dengan program pengajaran. Maksudnya media yang akan di gunakan dalam menyampaikan pembelajaran harus sesuai dengan
    program pengajaran dan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  9. Menentukan sasaran program. Maksudnya adalah media yang akan di
    gunakan harus diliht kesesuainya dengan kemampun berfikir peserta
    didik baik dari segi. bahasa, simbol-simbol yang digunakan, cara dan
    kecepatan dan waktu penggunaanya.
Baca Juga:   Dasar Penerapan Media Pembelajaran

Beberapa hal-hal diatas itu sangat penting dalam memilih media belajar,
karena jika dalam pengunaan atau pemilihan media itu tidak memperhatikan hal hal di atas maka akan sukar untuk mencapi tujuan belajar megajar, karena sebaik atau selengkap apapun materi pelajaran yang akan di sampaikan tetapi pendidik salah dalam pemilian dan pengunaan media yang akan di gunakan untuk menyampaikan materi pelajaran tersebut maka akan berakibat yang fatal. (tidak dapat tercapainya tujuan belajar megajar dikarenakan peserta didik tidak dapat
memahami materi yang di sampaikan).

Demikian postingan singkat tentang Pengertian Media Pembelajaran semoga dapat bermanfaat bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.