Pengertian Media Benda Konkret

Diposting pada

Pengertian Media Benda Konkret – Media benda konkret adalah media pembelajaran yang berasal dari benda-benda nyata yang banyak dikenal oleh peserta didik dan mudah didapatkan.Media ini mudah digunakan oleh guru dan peserta didik karena media ini sering dijumpai di lingkungan sekitarnya.

Menurut Gerlach & Ely (Arsyad, 2014) mengatakan bahwa,  “Media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap”.  Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan herbal.

Selanjut Menurut Syaodih (2010) menyatakan bahwa,  “Konkret atau objek yang sesungguh nya akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajarai berbagai hal , terutama yang menyakut pengembangan keterampilan tertentu”. Melalui penggunaan objek nyata ini, kegiatan pembelajaran yang melibatkan semua indra siswa.

Berdasarkan paparan di atas, dapat di simpulkan bahwa media benda konkret sama dengan benda asli, yaitu benda nyata yang bisa dibuktikan. Media yang membantu pengalaman nyata peserta didik dalam proses pembelajaran.

Jenis-jenis Media Benda Konkret

 Media konkret dibagi menjadi dua jenis yaitu media objek (konkret) sebenarnya dan media objek (konkret)  pengganti. Media objek sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu media objek alami dan media objek buatan. Media objek alami dibagi menjadi dua yaitu objek alami yang hidup dan objek alami yang tidak hidup (Mulyati, 2016).

Baca Juga:   Pengertian Media dan Jenis-Jenis Media
Keuntungan dan Kelemahan Media Benda Konkret

Menurut Syaodih (2014), ada beberapa keuntungan dan kelemahan media benda konkret, adalah sebagi berikut :

  1. Keuntungan Media Benda Konkret/Objek Nyata
  2. Dapat memberikan kesempatan semaksimal mungkin pada siswa untuk mempelajari sesuatu atau melaksanakan tugas-tugas dalam situasi nyata.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri situasi yang sesungguhnya dan melatih keterampilan mereka dengan menggunakan sebanyak mungkin alat indra.
  4. Kelemahan Media Benda Konkret/Objek Nyata
  5. Membawa murid-murid ke berbagai tempat di luar sekolah kadang-kadang mengandung resiko dalam bentuk kecelakaan dan sejenisnya.
  6. Biaya yang diperlukan untuk mengadakan berbagai objek nyata kadang-kadang tidak sedikit, apabila ditambah dengan kemungkinan kerusakan dalam menggunakannya.
  7. Tidak selalu dapat memberikan semua gambaran dari objek yang sebenarnya, seperti pembesaran, pemotongan, dan gambaran bagian demi bagian, sehingga pengajaran harus didukung dengan media lain.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Media Benda Konkret semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika pembahasan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkab share/bagikan postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.