Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran

Diposting pada

Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran – Media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara. Dalam bahasa Arab, media adalah atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Gerlach & Ely (Arsyad 2014: 3) mengatakan bahwa, “Media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan, atau sikap. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa”.

Menurut Daryanto (2009: 419) mengatakan bahwa, “media merupakan sarana atau alat terjadinya proses belajar mengajar. Media instruksional yaitu segala sesuatu yang dapat dipakai untuk memberikan rangsangan sehingga terjadi interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan instruksional tertentu. Media merupakan transfer informasi yang dapat digunakan untuk menyajikan dan menyampaikan informasi kepada pihak lain (peserta atau penerima informasi).

Sedangkan menurut Sutikno (2009: 106) menyatakan bahwa,” Media sebagai alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan. Dalam aktivitas pembelajaran, media dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan siswa”.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, maka dalam penelitian ini yang dimaksud dengan media pengajaran adalah alat yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, suatu perantara yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa. Dengan penggunaan media tersebut maka diharapkan pembelajaran menjadi lancar, jelas, terarah dan sampai pada tujuan yang ditetapkan.

  1. Ciri-ciri Media
Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran ICT

Media memiliki ciri-ciri yang dapat dideteksi khususnya dalam penggunaan proses pembelajaran. Gerlach dan Ely (Arsyad 2014: 15) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu atau kurang efisien melakukannya. Ciri-ciri media yakni fiksatif, manifulatif, dan distributif.

  1. Ciri Fiksatif (Fixative Property)

 Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam,   menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek dapat diurai dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, vidio tape, audio tape, disket komputer, dan film.

  1. Ciri Manipulatif (Manipulative Property)

Transformasi suatu kejadian atau objek memungkinkan karena media memiliki cara menipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar.

  1. Ciri Distributif (Distributive Property)

Ciri distributif dari media ini memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruangan dan secara bersama kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama dengan kejadian itu. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat diproduksi seberapa kalipun dan siap digunakan secara bersamaan diberbagai tempat atau digunakan sebagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang diberbagai tempat.

  1. Fungsi Media

Menurut Sutikno (2009: 106-107) dalam proses pembelajaran, hadirnya media sangat diperlukan, sebab mempunyai peranan besar yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini, dikarenakan belajar tidak selamanya hanya bersentuhan dengan hal-hal yang bersifat kompleks, dan berada di balik realitas. Karena itu, media memiliki andil untuk menjelaskan hal-hal yang abstrak dan menunjukkan hal-hal yang tersembunyi. Ketidakjelasan atau kerumitan materi pelajaran dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Bahkan dalam hal-hal tertentu media dapat mewakili kekurangan guru dalam mengkomunikasikan materi pelajaran.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint

Adanya beberapa fungsi penggunaan media dalam proses pembelajaran yakni, 1) Menarik perhatian siswa 2) Membantu untuk mempercepat pemahaman dalam proses pembelajaran 3) Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan 4) Mengatasi keterbatasan ruang 5) Pembelajaran lebih komunikatif dan produktif 6) Waktu pembelajaran bisa dikondisikan 7) Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar 8) Meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari sesuatu atau menimbulkan gairah belajar 9) Melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam, serta 10) Meningkatkan kadar keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.