Pengertian Media Pembelajaran ICT

Diposting pada

Pengertian Media Pembelajaran ICT – Secara harafiah, media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata yang medium yang artinya perantara atau pengantar. Media merupakan wadah dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran penerima pesan tersebut Prastowo (Septiani 2016). Dalam proses pembelajaran, media memiliki kedudukan yang sangat penting. Arsyad (2013:2) Menyatakan bahwa media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya.  Sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi, media pembelajaran aktif pun mulai dikembangkan dengan mengintegrasikan teknologi ICT kedalam proses pembelajaran. Sejalan dengan hal tersebut, media-media untuk mengeksplorasi kecerdasan semangkin mudah diwujudkan. Media pembelajaran yang dikembangkan bukan lagi media konvensional, melainkan sudah mulai beralih ke media pembelajaran ICT atau media yang menggunakan sistem informasi dan komunikasi, serta menggunkan komputer sebagai sarana/alatnya.

          Information and communication technologies (ICT) atau Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemprosesan informasi serta penggunaannya, hubungan komputer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan, seperti pemanfaatan komputer dan jaringan komputer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam  bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Kegiatan belajar mengajar menggunakan media ICT adalah proses belajar mengajar dengan memanfaatkan TIK sebagai sarana untuk berinteraksi dengan para siswa. Dalam proses pembelajaran seperti ini, guru menggunakan seperti laptop, LCD, Projector, internet, serta program aplikasi yang mendukung untuk interaksi pembelajaran.

Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga

Berdasarkan pemaparan tentang  pengertian media pembelajaran dan pengertian ICT di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ICT merupakan segala alat teknologi (prangkat lunak dan perangkat keras) yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, guna menyampaikan informasi/materi kepada peserta didik serta berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.

Fungsi Media Pembelajaran

Fungsi media dalam proses pembelajaran tidak hanya sekedar sebagai alat bantu guru, melainkan sebagai pembawa informasi atau pesan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, dapat dikatakna bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dn lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru (Arsyad 2013:19).

Dampak Positif dan Negatif Media Pembelajaran ICT

Seiring perkembangan zaman, ICT semakin digunakan di dunia pendidikan/pembelajaran, hal ini bisa terjadi karena ICT dirasa membawa keuntungan baik bagi pengajar (guru) maupun pelajar (siswa), keuntungan atau dampak positif dari pembelajaran yang menggunakan media ICT tersebut antara lain adalah:

  1. Positif
  2. Pelajar jadi lebih mudah dalam belajar, karena kebanyakan pelajar lebih suka praktek dibandingkan teori.
  3. Pengajar akan lebih mudah mengajar dan mudah menyampaikan materi dengan membuat presentasi-presentasi.
  4. Bagi pengajar maupun pelajar, pemberian dan penerimaan materi atau tugas tidak harus bertatap muka, jadi jika guru berhalagan tetap dapat memberi tugas melalui e-mail.
  5. Dalam membuat laporan baik bagi pengajar maupun pelajar jadi lebih mudah karena jika memakai kemputer akan mudah dikoreksi jika ada kesalahan.
  6. Dalam belajar akan lebih mudah mencari sumber.
  7. Pembelajaran dengan media ICT bisa dibuat lebih menarik, misalnya dengan memunculkan gambar atau suara sehingga pelajar lebih antusias untuk belajar.
  8. Negatif
  9. Pembelajaran yang menggunakan ICT hanya bisa dilakukan oleh sekolah yang mampu, bagi sekolah-sekolah yang kurang mampu akan ketinggalan, dan siswanya akan kesulitan jika mereka masuk ke sekolah lanjutan di kota besar yang telah sering menggunakan media pembelajaran ICT.
  10. Dalam pembelajaran, siswa-siswa yang tidak antusias dalam menerima materi sering kali lebih sika main game selama pembelajaran, sehinnga mereka tidak konsentrasi dan tidak menerima materi yang diajarkan.
Baca Juga:   Pengertian Media
Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran ICT
Kelebihan dari pembelajaran ICT
  1. Para pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang rumit dan memastikan pemahaman dari para murid.
  2. Para pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan, yang dapat memperbaiki tingkat kehadiran dan juga konsentrasi dari para peserta didik.
Kekurangan dari pembelajaran ICT
  • Permasalah dalam pengaturan dan pengoprasian dari alat tersebut.
  • Terlalu mahal untuk dimiliki.
  • Kesulitan untuk para pengajar dengan pengenalan yang sangat minim dengan penggunaan alat ICT.
  • Sering terjadi penyalahgunaan teknolog.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Media Pembelajaran ICT Semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika ulasan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.