Pengertian Media Pembelajaran Flash Card

Diposting pada

Pengertian Media Pembelajaran Flash Card  – Media flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25X30 cm. Gambar-gambar yang dibuat menggunakan tangan atau foto atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembar-lembar flash card. gambar-gambar yang ada pada flash card merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang di cantumkan pada bagian belakang kartu (Susilana, dan Riyana, 2009: 94)

  1. Kelebihan dan kekurangan dari media Flash Card
  • Media flash card memiliki kelebihan menurut Susilana, dan Riyana (2009: 95), menyatakan kelebihan dari media flash card terbagi menjadi, empat yaitu:
  • Mudah di bawa Dengan ukuran yang kecil Flash Card dapat disimpan di atas bahkan di saku, sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas, dapat digunakan di mana saja, di kelas atau pun di luar kelas.
  • Praktis Di lihat dari cara pembuatannya dan penggunaannya, media flash card sangat praktis, dalam mengunakan media ini guru tidak perlu memiliki keahlian khusus, media ini tidak perlu juga membutuhkan listrik. Jikanakan menggunakan kita tinggal menyusun urutan gambar sesuai dengan keinginan kita, pasti posisi gambarnya tepat tidak terbalik, dan jika sudah digunakan tinggal disimpan kembali dengan cara diikat atau menggunakan kotak khusussupaya tidak tercecer.
  • Gampang Diingat Karakteristik media flash card adalah menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan. Misalnya mengenal huruf, mengenal angka, mengenal nama binatang dan sebagainya. Sajian pesan-pesan pendek ini akan memudahkan siswa untuk mengingat pesan tersebut. Kombinasi antara gambar dan teks cukup memudahkan siswa untuk mengenali konsep tersebut, untuk mengetahui nama sebuah benda dapat dibantu dengan gambarnya, begitu juga sebaliknya untuk mengetahui apa wujud sebuah benda atau konsep dengan melihat huruf atau teksnya.
  • Menyenangkan Media flash card dalam penggunaannya bisa melalui permainan. Misalnya siswa secara berlomba-lomba mencari satu benda atau nama-nama tertentu dari flash card yang di simpan secara acak, dengan cara berlari siswa berlomba untuk mencari sesuai perintah, selain mengasah kemampuan kognitif juga melatih ketangkasan (fisik)
  • Kekurangan media flash card  Beberapa kelebihan yang bisa kita temukan pada media flash card, namun flash card juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
  • Gambar hanya menekankan persepsi indera mata.
  • Gambar benda yang terlalu komplek kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  • Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
  1. Cara Pembuatan
Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran Wall Chart

Dalam pembuatan media flash card ada beberapa cara yang harus dipersiapkan secara lengkap. Menurut Susilana, dan Riyana (2009: 95), ada beberapa cara dalam pembuatan media flash Card, agar medianya layak di pakai di dalam proses pembelajaran.

  1. Siapkan kertas yang agak tebal seperti kertas duplek dari bahan kardus. Kertas ini berfungsi untuk menyimpan atau menempelkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Kertas tersebut diberikan tanda dengan pensil atau spidol dan menggunakan penggaris, untuk menentukan ukuran 25X30 cm.
  3. Potong-potong kertas duplek tersebut dapat menggunakan gunting atau pisau kater hingga tepat berukuran 25X30 cm. Buatlah kartu-kartu tersebut sejumlah gambar yang akan di tempelkan atau sejumlah materi yang akan di sampaikan.
  4. Selanjutnya, jika objek gambar akan langsung di buat dengan tangan, maka kertas alas tadi perlu dilapisi dengan kertas halus untuk menggambarkan, misalnya kertas HVS, kertas concort atau kertas karton.
  5. Mulailah menggambar dengan menggunakan alat gambar seperti kuas, cat air, spidol, pensil warna, atau membuat desain menmggunakan komputer dengan ukuran yang sesuai lalu setelah selesai ditempelkan pada alas tersebut.
  6. Jika gambar yang akan tempel memanfaatkan yang sudah ada, misalnya gambar-gambar yang terjual di toko, di pasar, maka selanjutnya gambar-gambar tersebut tinggal dipotong sesuai dengan ukuran, lalu ditempelkan menggunakan perekat atau lem kertas.
  7. Pada bagian akhir adalah memberikan tulisan pada bagian kartu-kartu tersebut sesuai dengan nama objek yang ada di depannya. Nama-nama tersebut biasa di tulis dengan menggunakan beberapa bahasa misalnya bahasa indonesia, dan bahasa inggris.
  1. Persiapan Penggunaan

Dalam mempersiapkan penggunaan media flash card ada beberapa yang harus dipersiapkan menurut Susilana, dan Riyana (2009: 96), ada beberapa langkah yang harus di persiapkan dalam penggunaan media Flash Card, di antaranya:

  1. Mempersiapkan diri

Guru perlu menguasai bahan pembelajaran dengan baik, memiliki keterampilan untuk menggunakan media tersebut. Kalau perlu untuk memperlancar lakukanlah dengan latihan berulang-ulang meski tidak langsung dihadapan siswa. Siapkan pula bahan dan alat-alat yang mungkin diperlukan. Periksa juga urutan gambarnya kalau-kalau ada yang terlewatkan atau sususnannya tidak tepat.

Baca Juga:   Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran

  1. Mempersiapkan Flash Card

Sebelum dimulai pembelajaran pastikan bahwa jumlah flash Cardnya cukup, cekjuga urutannya apakah sudah benar, dan perlu atau tidak media lain untuk membantu.

  1. Mempersiapkan Tempat

Hal ini berkaitan dengan posisi guru sebagai penyajian pesan pembelajaran apakah sudah tepat berada di tengah-tengah siswa, apakah ruangannya sudah tertata dengan baik. Perhatikan juga penerangannya lampu atau intersitas cahaya di ruangan tersebut apakah sudah baik, yang terpenting adalah semua siswa bisa dapat melihat isi flas card dengan jelas dari semua arah.

  1. Mempersiapkan Siswa

Sebaiknya siswa ditata dengan baik, diantaranya dengan cara duduk melingkari dihadapan guru, perhatikan siswa untuk memperoleh pandangan secara memadai. Cara duduk secara melingkari di pastikan semua siswa dapat melihat sajian dengan baik, tidak dapat melihat ke depan karena terhalang teman yang lainnya atau terlalu jauh sehingga tidak jelas.

  1. Cara Penggunaan Flash Card

Hal-hal yang harus di perhatikan di dalam penggunaan media Flash card,menurut Susilana, dan Riyana (2009: 96), berpendapat ada empat cara dalam penggunaan media Flash card, di antaranya yaitu:

  1. Kartu-kartu yang sudah disusun di pegang setinggi dada dan menghadap ke depan siswa.
  2. Cabutlah satu persatu kartu tersebut setelah guru selesai menerangkan.
  3. Berikan kartu-kartu yang telah diterangkan tesebut kepada siswa yang duduk di dekat guru. Mintalah siswa untuk mengamati kartu tersebut satu persatu, lalu teruskan kepada siswa yang lain sampai semua siswa kebagian untuk melihat kartu tesebut.
  4. Jika sajian dengan cara permainan, letakkan kartu-kartu tersebut di dalam sebuah kotak secara acak dan tidak perlu disusun, siapkan siswa yang akan berlomba misalnya carilah gambar traktor, maka siswa berlari menghampiri kotak tersebut untuk mengambil kartu yang bergambar traktor dan bertuliskan traktor.
  1. Materi Pokok  Permasalahan Sosial

Berdasarkan tim bina karya (2007: 163) masalah sosial adalah hal yang terjadi sebagai akibat dari hubungan antar sesama manusia. Beberapa masalah sosial yang dihadapi manusia sebagai berikut:

Baca Juga:   Pengertian Alat Peraga dan Penggunaan Alat Peraga Dekak-Dekak

  1. Kemiskinan

Miskin berarti tidak memiliki cukup sandang, pangan dan papan untuk hidup sehat. Mereka mungkin memiliki rumah tetapi rumah tersebut kumuh. Banyak hal yang menyebabkan kemiskinan yaitu karena faktor malas bekerja dan ada juga yang karena tidak memiliki pekerjaan. Cara mengatasi kemiskinan yaitu kita dapat membantu kaum miskin dengan cara menyumbang.

  1. Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, pengangguran akan membawa masalah sosial.orang yang menganggur tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Bila sudah terdesak, maka dapat melakukan kejahatan. jika banyak orang yang menganggur, negara kita tidak akan dapat maju. Orang yang terlalu lama menganggur juga merasa rendah diri.

  1. Kejahatan

Kejahatan adalah perbuatan yang melanggar aturan hukum. Kejahatan dapat merugikan orang lain. Orang yang dirugikan dalam kejahatan disebut korban. Orang yang melakukan kejahatan disebut kriminal atau penjahat. Kejahatan juga memiliki tingkatan. Ada yang berat dan ada yang ringan. Kejahatan ringan adalah kalau kerugian korban tidak besar contoh mencuri sandal jepit. Kejahatan besar adalah kalau kerugian korban besar contoh merenggut nyawa atau membunuh orang lain. Penyebab kejahatan dilakukan kerena situasi yang terpaksa karena tidak memiliki pilihan lain, contoh mencuri, merampok, membunuh. Dan kejahatan dilakukan karena pergaulan yang salah. Cara mengatasinya adalah harus mulai dari diri kita sendiri.

  1. Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan kejahatan yang dilakukan oleh remaja salah satu contoh tawuran antar remaja, mereka sering melakukan hanya untuk bersenang senang. Anak yang suka melakukan kenakalan remaja kerena ingin mencari perhatian, mereka merasa orang tua mereka terlalu sibuk, maka mereka melakukan kenakalan remaja dengan alasan supaya orang tua mereka peduli.

Demikian Ulasan Tentang Pengertian Media Flash Card Semoga menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini berguna silahkan bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *