Pengertian Media Poster Pendidikan

Diposting pada

Pengertian Media Poster Pendidikan – Pengertian poster menurut Daryanto (2012: 35) poster adalah jenis reklame yang ada di luar rumah, kalimat yang digunakan harus singkat, padat, jelas sehingga inti masalah dapat dibaca orang sambil lalu.Musfiqon (2012: 111) mengatakan bahwa pesan dalam poster disampaikan dengan bahasa yang menarik, lugas, enak dibaca/didengar, dan dilengkapi dengan gambar yang menarik.

Berdasarkan pendapat ahli yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa poster adalah jenis reklame yang ada diluar rumah, biasanya poster dilengkapi dengan gambar yang menarik, kalimat yang digunakan harus singkat, padat, jelas dan bahasa yang digunakan harus menarik, lugas, enak dibaca/didengar orang sambil lalu.

  1. Jenis-Jenis Media Poster

Musfiqon (2012: 114)mengatakan bahwa jenis-jenis poster sesuai dengan isinya, poster terbagi menjadi empat macam dimana kalimat-kalimat berikut akan menjelaskan jenis-jenisnya secara lebih rinci:

  1. Poster Niaga

Poster yang berisi penawaran sebuah produk atau jasa yang dibuat oleh perorangan, perseron terbatas (PT), serta lembaga atau instasi. Misalnya: poster rokok, poster sabun, poster sepatu, dan sebagainya.

  • Contoh kalimat poster:
  1. Gudang Garam Merah, Pria Punya Selera!
  2. Lux, sabunnya para bintang!
  3. Orang pintar minum tolak angin.
  • Poster Kegiatan

Sebagai upaya publikasi kegiatan, sebuah penyelenggara acara biasanya membuat poster yang berisi informasi acara.Informasi tersebut meliputi hal-hal umum seperti waktu dan tempat acara berlangsung, tema acara, beserta gambar-gambar yang dibuat untuk menarik minat pengunjung.

  • Poster Pendidikan

Poster ini berisi berbagai informasi pendidikan seperti sosialisasi program pendidikan dari pemerintah.Salah satu contohnya adalah ketika pemerintah mensosialisasikan program wajib belajar 9 tahun.Maka selama periode sosialisasi tersebut, ada banyak poster yang disebar di berbagai tempat.

Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran Flash Card

  • Poster Layanan Masyarakat

Sebagaimana namanya, poster layanan masyarakat merupakan poster dengan tujuan mensosialisasikan program layanan masyarakat yang digagas oleh pemerintah.Salah satu contohnya adalah layanan posyandu.

  • Cara Membuat Poster
  1. Tentukan Topik & Tujuan

Pertama, Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi. Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut.Anda membuatnya untuk promosi?atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.

  1. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti

Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung.Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster. Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja.Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik.Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan.Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).

  1. Gunakan Gambar

Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik.Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.

Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual

  1. Gunakan Media yang Tepat

Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

Contoh-Contoh Kalimat Poster

  1. "Beri Bukti, Bukan Sekedar Janji" – Poster Kampanye Politik
  2. "Semakin banyak pohon kau tanam, semakin banyak nyawa kau selamatkan" – Poster Sosialisasi Lingkungan Hidup
  3. "Satu juta perhari hanya dari bisnis rumahan" – Poster Seminar Bisnis
  4. "Jatuhkan rokokmu, tinggikan prestasimu!" – Poster Anti Rokok & Pendidikan
  5. "Konser yang muda, yang bersuara!" – Poster Konser Band
  6. Kegunaan Media Poster

Menurut Sudajana (2010: 32) poster digunakan untuk berbagai macam keperluan, tapi biasanya hanya menyangkut satu dari empat tujuan berikut ini:

  1. Mengumumkan / memperkenalkan suatu acara
  2. Mempromosikan layanan / jasa
  3. Menjual suatu produk
  4. Membentuk sikap atau pandangan (propaganda)      
  5. Ciri-Ciri Poster

Menurut Musfiqon (2012: 116)poster yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bahasa poster singkat, padat, dan komunikatif
  2. Bahasa poster bersifat persuasif
  3. Biasanya poster dilengkapi gambar, warna, foto, atau ilustrasi.
  4. Diksi atau pilihan kata tepat atau sesuai, sehingga tidak membinggungkan pembaca
  5. Susunan kalimat padu, runtut (terstruktur).
  • Kelebihan dan Kelemahan Media Poster

Menurut Musfiqon (2012: 114)Kelebihan Media Poster adalah sebagai berikut:

  1. Kelebihan Media Poster

     

    1. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
    2. Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
    3. Bentuknya sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah penempatannya, sedikit memerlukan informasi tambahan.
    4. Pembuatannya mudah dan harganya murah.
  • Kelemahan media Poster adalah sebagai berikut:

  1. Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya.
  2. Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.
  • Poster Pendidikan

  1. Pengertian Poster Pendidikan
Baca Juga:   Pengertian Media dan Jenis-Jenis Media

Poster pendidikan adalah poster yang isinya bertemakan pendidikan, poster ini dibuat dengan maksud dan tujuan menginformasikan atau memberitahukan hal-hal seputar pendidikan misalnya poster untuk memotivasi siswa, poster untuk mendukung gerakan wajib belajar, poster untuk kegiatan pendidikan dan lainnya.Poster dengan tema pendidikan atau sejenisnya bisa kita lihat ditempat-tempat yang berhubungan dengan sektor pendidikan seperti sekolah, kampus, dll.

Poster pendidikan merupakan hal yang kadang kita jumpai, poster dengan tema seperti ini banyak kita lihat ditempat-tempat yang berhubungan langsung dengan pendidikan seperti sekolah, kampus, lembaga bimbel, instansi pendidikan, dinas pendidikan, dan tempat-tempat yang semacam ini. Poster pendidikan ada banyak macamnya, ada yang bertujuan untuk mendukung program pendidikan, atau yang bertujuan untuk memotivasi siswa, atau yang bertujuan mempromosikan sekolah, dan lainnya.

  1. Contoh media poster pendidikan

Sebenarnya gambar diatas merupakan sebuah pepatah yang populer dinegeri China sana, yang berbunyi "guru membuka pintu, tapi anda harus masuk sendiri.". Jika gambar ini dijadikan poster yang dipasang dilingkungan sekolah akan sangat menarik, kata-katanya powerful dan desain gambar dalam poster tersebut juga menarik.

Sekian artikel tentang Pengertian Media Poster Pendidikan semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, jika artikel ini dianggap bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.