Pengertian Media

Diposting pada

Pengertian media – menurut Heinich (Rudi dan Cepiriana, 2009: 6 ), media merupakan alat saluran komunikasi. Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah “ perantara “ yaitu perantara sumber pesan ( a source ) dengan penerima ( a receiver ).

Media merupakan hal yang mempengaruhi proses belajar menurut Asyad (2013: 3), kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar dari kata lain media apabila di pahami secara garis besar adalah manusia, materi,atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Di dalam pengrtian tersebut guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Menurut Kustandi (2011: 10), Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang di sampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna.

Pendapat para ahli di atas bahwa media merupakan suatu alat penyampaian komunikasi antara guru dan siswa, dari alat tersebut proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.Pemilihan media harus disesuaikan dengan materi yang akan di sampaikan tidak keliru dan menyimpang dari materi yang hendak di sampaikan hal tersebut sangat dihindari karena tujuan pembelajaran yang menjadi patokan di dalam proses pembelajaran. Jika tujuan tidak tercapai maka proses belajar mengajar dapat di katakan tidak berhasil.

Baca Juga:   Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran

  1. Ciri- Ciri Media

Media memiliki ciri-ciri yang dapat dideteksi khususnya dalam penggunaan poroses pembelajaran . Gerlach dan Ely (Cecep dan Sutjipto Bambang, 2011: 12) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (kurang efesien malakukan)

  1. Ciri Fiksati

Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek yang dapat diurutkan dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video, audio tape, disket komputer, dan flim.

  1. Ciri Manipulatif

Ciri manipulatif Tranformasi suatu kejadian atau objek memungkinkan karena media memiliki cara manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar.

  1. Ciri Distributif

Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruangan dan secara bersamaan dengan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kalipun dan siap digunakan secara bersamaan diberbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat.

  1. Fungsi Media

Fungsi media adalah salah satu alat perantara yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu yang sedang dipelajari. Dengan kata lain media salah satu alat yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Kemp dan Dayton (Kustandi dan Bambang, 2011: 17), mengemukakan tiga fungsi media, yaitu (1) memotivasi minat belajar siswa atau tindakan, (2) menyajikan informasi, dan (3) memberikan intruksi.

Baca Juga:   Pengertian Media Gambar Seri

Untuk memotivasi, media pembelajaran dapat direlasasikan dengan teknik drama atau hiburan. Hasil yang diharapkan adalah melahirkan minat dan meransang para siswa atau pendengar untuk tindak (bertanggung jawab, melayani, secara suka rela, atau memberikan sumbangan meterial). Pencapaian tujuan ini akan mempengaruhi sikap, nilai, dan emosi. Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan laporan, atau pengetahuan latar belakang, penyajian dapat pula berbentuk hiburan, drama atau teknik motivasi.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Media  semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan artikel ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.