Pengertian, Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Sekolah

Diposting pada

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Sekolah – Apabila kita mendengar kata ”perpustakaan” maka gambaran spontan yang muncul dalam pikiran kita adalah sebuah ruangan atau gedung yang dipakai untuk menyimpan buku. Gambaran seperti itu tidaklah salah, karena kata “pustaka” memang berarti “buku”. Tetapi bila dikaji lebih mendalam gambaran itu masih jauh dari pemahaman yang tepat mengenai perpustakaan.

Perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, pengguna dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya. Maka perpustakaan dapat kita artikan sebagai kesatuan unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pengembangan koleksi, pengolahan koleksi, bagian layanan pengguna dan bagian pemeliharaan sarana prasarana.

Menurut Wijayanti (www//http.co.id.tentang perpustakaan  online: tanggal 30-03-2010) Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu. Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah. searah itu pula, menurut Sutarno (2003: 7), "Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan digunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk membaca". Sedangkan menurut Larasati (1991: 11), "Perpustakaan adalah satu unit kerja yang berupa tempat penyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi".

Menurut Depag RI (dalam Sukardi, 2005: 11), "Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah sebagai penunjang proses belajar mengajar di sekolah". Menurut Syahrial R. Pamoentjak (1986: 4), "Perpustakaan sekolah adalah Perpustakaan yang ada dalam lingkungan sekolah, baik sekolah dasar, lanjutan, baik yang berupa sekolah bersifat umum maupun kejuruan". Sedangkan menurut Sumarji (dalam Sukardi, 2005: 11), "Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan milik sekolah baik SLTA, SLTP, maupun SD dan TK yang digunakan sebagai sarana melaksanakan tugas­-tugas pendidikan mengajar di sekolah".

Baca Juga:   Pengertian Kecerdasan Intelektual

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang ada di lingkungan sekolah berisi buku-buku pelajaran atau bacaan guna kepentingan pendidikan/pengajaran dan disusun menurut sistem tertentu serta merupakan bagian dari sekolah. Selain itu bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat pengumpulan, penyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku­-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisir dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberikan kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.

  • Fungsi Perpustakaan

Menurut Rohanda (2000: 2) fungsi perpustakaan yaitu sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, dan pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).

Menurut SK Mendikbud no. 0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981 (dalam Rohanda, 2000:1), perpustakaan sekolah mempunyai fungsi sebagai:

Pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah.

Pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.

Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).

Hal ini juga dijelaskan oleh Wijayanti (www//http.co.id.tentang perpustakaan  online: tanggal 30-03-2010) fungsi perpustakaan sekolah adalah:

a.Sebagai sumber kegiatan belajar mengajar, yaitu membantu program pendidikan dan pengajaran sesuai dengan tujuan yang terdapat dalam kurikulum. Mengembangkan kemampuan anak menggunakan sumber informasi. Bagi guru, perpustakaan merupakan tempat untuk membantu guru dalam mengajar dan memperluas pengetahuan.

b. Membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dijadikan sebagai semacam laboratorium yang sesuai dengan tujuan didalam kurikulum.

c. Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan belajar mandiri.

d. Membantu siswa dalam mengembangkan bakat , minat, dan kegemarannya.

Baca Juga:   Pengertian dan Aspek-Aspek Membaca

e. Membiasakan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan. Kemahiran siswa untuk mencari informasi di perpustakaan akan menolongnya untuk mampu belajar secara mandiri dan memperlancar dalam mengikuti pelajaran selanjutnya.

f. Merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat melalui bukubuku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa

g. Memperluas kesempatan belajar bagi siswa.

  • Tujuan Perpustakaan Sekolah

Menurut Saleh (dalam Sukardi, 2005:11), tujuan perpustakaan sekolah adalah:

Untuk menimbulkan, menanamkan, serta membina minat anak membaca, sehingga membaca merupakan suatu kebiasaan bagi siswa agar membaca menjadikan kegemarannya.

Untuk memperluas pengetahuan siswa dengan menyediakan berbagai buku-buku pengetahuan.

Ikut membantu perkembangan bahasa dan daya pikir siswa, dan tujuan memberikan dorongan kepada peserta didik ke arah self studi.

Selain tujuan tersebut di atas, apabila mengikuti perkembangan jaman adalah penggunaan perpustakaan komputerisasi. Dengan tingkat teknolagi yang canggih ini senantiasa mendukung  informasi pendidikan yang lebih modern, diantaranya adalah perpustakaan dengan komputerisasi. Tujuan penerapan teknologi informasi di perpustakaan adalah memungkinkan ketersediaan informasi yang lebih banyak, lebih berkualitas, lebih cepat, dan akurat disamping mempermudah sistem pelayanan.

Kemajuan pesat dibidang teknologi informasi dalam tahun-tahun terakhir ini telah mendorong perpustakaan, sebagai salah satu komponen pengelola informasi, untuk memanfaatkan kemajuan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna/pengunjung dalam menelusuri dan meminjam koleksi, perpustakaan mulai menerapkan teknologi komputer yang sederhana dan terjangkau. Pemanfaatan teknologi modern itu diharapkan dapat memperbaiki kinerja perpustakaan dan meningkatkan kepuasan pengguna/pengunjung. Komputerisasi perpustakaan dalam arti yang sebenarnya adalah dipakainya komputer dalam setiap tahap pekerjaan perpustakaan secara terintegrasi dengan menggunakan system tertentu. Ini berarti bahwa mulai dari tahap pengembangan, pengolahan, penelusuran sampai dengan peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan dikerjakan dengan sistem komputer yang sama.

Pada umumnya pertimbangan dalam melaksanakan komputerisasi di perpustakaan adalah:

a. Mempercepat penyelesaian semua proses pekerjaan.

b. Mempermudah pelaksanaan pekerjaan.

c. Meningkatkan mutu hasil pekerjaan.

Baca Juga:   Unsur-unsur Struktural Cerpen

d. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan.

e. Mempertinggi ketepatan hasil yang dicapai.

f. Menghasilkan beragam keluaran dari sekali masukan data.

Dengan kemudahan proses peminjaman akan membuat siswa senang berkunjung ke perpustakaan. Apalagi bila proses cepat dan mudah dalam pencarian dan peminjaman koleksi maka siswa akan semakin senang untuk mengunjungi perpustakaan. Dengan adanya perkembangan teknologi semuanya akan terasa lebih mudah termasuk dalam penelusuran buku yang dapat menggunakan komputer. Dengan adanya fasilitas komputer maka akan bisa dikembangkan dengan jaringan internet, sehingga semua kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dibantu penyelesaiannya dengan menggunakan internet. Perpustakaan pada masa kini seyogyanya menyediakan fasilitas internet untuk pengguna/pengunjung. Manfaat dari jaringan internet sangat banyak sekali, hampir semua bidang dapat menikmati manfaat internet.

Dengan adanya internet di perpustakaan akan mempermudah penyelesaian pekerjaan dan penyelesaian tugas siswa, sehingga fungsi perpustakaan memang banyak mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Dengan segala keterbatasan, perpustakaan sekolah sangat diperlukan terutama oleh siswa, untuk itu perpustakaan sekolah harus tetap exist, karena paling tidak ada 4 hal yang diemban perpustakaan sekolah untuk membekali siswa yaitu:

1. Menjadikan siswa gemar membaca.

2. Dapat memilih bacaan yang baik.

3. Dapat membaca dengan baik.

4. Terampil menemukan informasi yang diperlukan baik selama ia jadi siswa maupun ketika mereka sudah lulus.

Meskipun hal tersebut sangat tidak mudah tetapi harus kita upayakan demi tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan proses belajar mengajar di sekolah.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian, Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Sekolah semoga bermanfaat dan berguna bagi anda, jika berkenan silahkan share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.