Tips Perawatan Jok Mobil agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

Diposting pada

Tips Perawatan Jok Mobil agar Nyaman Sepanjang Perjalanan – Jok mobil telah menjadi bagian kabin yang penting dan harus diperhatikan perawatannya. Jok yang berlubang apalagi ketumpahan noda bisa memperburuk udara dan tampilan kabin.

Apalagi Anda baru saja membeli Suzuki Ertiga mobil idaman keluarga yang memiliki jok berbahan kulit sintetis.

Jok pada mobil keluarga biasanya kerap kali rusak, karena ketumpahan bahan makanan atau minuman. Oleh karena itu perlu perawatan ekstra agar kulit jok tetap bersih dan awet. Apa saja perawatan yang bisa Anda lakukan? Cek langsung.

7 Tips Merawat Jok Mobil yang Wajib Diketahui Pemilik Kendaraan

Setiap jenis kulit jok mobil membutuhkan perawatan yang berbeda berdasarkan jenis kulit yang melapisinya. Paling sulit adalah perawatan kulit asli dari hewan yang sangat sulit dihilangkan dari noda dan perawatannya tergolong lebih rutin.

Sedangkan Anda yang menggunakan mobil dengan jok kulit sintetis bisa lebih santai karena tipe perawatannya tidak sulit dilakukan. Khusus jok dengan kulit sintetis, berikut ini beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan.

Membersihkan dengan Pembersih Berbahan Air

Mudah dan hemat, inilah yang bisa menjadi kiasan perawatan jok mobil kulit sintetis. Ketika jok terkena noda yang lengket, cukup membersihkannya dengan bahan pembersih yang berbahan air.

Anda bisa juga membersihkan noda tersebut dengan air hangat. Siapkan lap dan celupkan sedikit ke dalam air hangat. Bisa juga menyemprotkan larutan pembersih kemudian hapus noda dengan kain kering.

Baca Juga:   Tutorial langkah-Langkah Instalasi SmartPLS 3 Full Version
Tidak Menggunakan Pembersih Berbahan Alkohol

Salah satu pantangan yang harus diingat adalah tidak pernah menggunakan pembersih yang berbahan alkohol. Bahan pembersih ini bisa merusak kulit sintetis pada jok dan warna jok pun akan semakin pudar.

Alih-alih noda menghilang, yang ada hanyalah kerusakan pada jok mobil Anda. Jadi lebih aman jika Anda mengecek terlebih dahulu jenis bahan pembersih sebelum membelinya. Bahan dari air biasanya jauh lebih murah dibandingkan alkohol.

 Jangan Menggunakan Sikat untuk Membersihkan Noda

Noda yang membandel, apalagi bekas coretan pulpen membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Namun perlu diingat bahwa Anda sama sekali tidak boleh menggunakan sikat untuk membersihkannya.

Sikat akan membuat permukaan jok berubah jadi kasar dan kain pun bisa robek. Biasakan untuk menggunakan kain katun yang bersih dan juga kering untuk membersihkan noda apapun.

Semua jenis noda akan bisa dihilangkan dengan bahan pembersih yang Anda beli. Memang tidak bisa langsung, namun jika Anda menggosoknya perlahan maka noda pasti akan hilang.

Memoles Jok Setiap Satu Bulan Sekali

Bukan hanya jok dengan kulit asli saja yang perlu dipoles, jok dengan bahan sintetis pun juga arus digosok dengan rutin. Anda bisa memolesnya dengan bahan poles khusus yang kini banyak dijual di pasaran.

Pemolesan bisa dilakukan sampai permukaan kulit jok memiliki warna yang mengkilap. Bahan poles ini akan memberikan lapisan pelindung pada kulit jok sehingga jok jadi tahan lama.

Baca Juga:   Apa Itu Blog Dan Google Adsense?

Apabila terdapat noda yang menempel, bahan poles ini jugalah yang akan membuatnya mudah dihilangkan.

Memanfaatkan Baking Soda dan Air

Anda memang dilarang untuk menggunakan pembersih berbahan alkohol, tapi tidak baking soda. Apabila noda tidak bisa dihilangkan juga dengan air hangat, maka Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan juga air.

Campuran keduanya akan membentuk sebuah pasta yang bisa langsung dioleskan pada bagian noda. Tunggu sebentar agar noda lunak kemudian gosok dengan kain kering. Biasanya noda akan langsung terangkat.

Hindari Terlalu Sering Parkir di Area Panas

Panas terik matahari bisa membuat jok mobil Anda berubah warna dan lebih cepat mengeras. Padahal kulit jok harus tetap lentur sehingga tidak mudah robek. Selain itu warna yang belang akan membuat tampilan kabin jadi semakin buruk.

Oleh karena itu sebaiknya Anda selalu memperhatikan tempat parkir. Mobil perlu di parkir di tempat yang teduh.

Jangan Menggunakan Kain Kasar

Tips selanjutnya adalah selalu gunakan kain yang halus ketika sedang membersihkan noda pada jok. Anda bisa memanfaatkan kain katun baru atau bekas kaos untuk membersihkan noda.

Kain yang halus ini menjaga kulit jok dari goresan dan membuatnya tetap tampil indah. Sudah tahu apa saja cara merawat jok dengan benar, kini Anda tinggal menerapkannya pada mobil kesayangan.


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.