Pengertian Metode Student Created Case Studies – Metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Metode Student Created Case Studies merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang menggunakan tipe diskusi kasus atau permasalahan pelajaran yang akan dipelajari. Menurut Liu (Nopitasari, 2012: 104) “Studi kasus adalah cara yang sangat tepat untuk mengeksplorasi kemungkinan efek pada pengajaran dan pembelajaran”. Studi kasus berfokus pada persoalan yang ada dalam situasi atau contoh konkret, tindakan yang mesti diambil dan pelajaran yang bisa dipetik, serta cara-cara menangani atau menghindari situasi semacam itu di masa menatang (Silberman, 2016: 187). Jadi metode Student Created Case Studies adalah metode pmbelajaran aktif yang memfokuskan siswa mengenai situasi nyata kasus atau contoh yang mengharuskan siswa untuk mengambil tindakan dan menyimpulkan manfaat yang dapat dipelajari.
- Langkah-langkah Metode Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies
- intaks atau langkah-langkah model pembelajaran aktif (Active Learning) adalah sebagai berikut:
- Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
Dalam fase ini guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa.
Menyajikan informasi
- Dalam fase ini guru menyampaikan penjelasan umum tentang sistem pencernaan kepada siswa.
- Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok
Dalam fase ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung dari 1-5 sampai membentuk 7 kelompok.
- Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Dalam fase ini guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
- Evaluasi
Dalam fase ini guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi, guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari dengan memberikan soal dan penjelasan.
- Memberikan penghargaan
Dalam fase ini guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang terbaik sesuai dengan kriteria guru.
Silberman (Dewi, 2013: 92) menerangkan langkah dalam Student Created Case Studies adalah;
- Guru membagi kelas menjadi pasangan-pasangan atau kelompok
- Guru membagi permasalahan
- Kelompok melakukan diskusi
- Kelompok menyampaikan hasil diskusi kepada peserta lain
- Guru memberikan kesimpulan – refleksi – evaluasi
- Tujuan Metode Student Created Case Studies
Kegiatan pembelajaran melalui studi kasus atau pemecahan masalah merupakan suatu teknik yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa agar memahami dan menguasai materi pembelajaran. Selain itu, kegiatan pembelajaran melalui studi kasus dapat meningkatkan aktivitas dan kemandirian belajar siswa baik secara individu maupun kelompok. Menurut Surjadi (Dewi, 2013: 93) “Tujuan pembelajaran studi kasus adalah untuk menganalisa dan memecahkan masalah yang dihadapi untuk mencapai kompetisi yang telah ditetapkan”. Jadi, tujuan metode pembelajaran aktif Student Created Case Studies adalah sebagai berikut;
- Membantu siswa agar memahami dan menguasai materi pembelajaran
- Meningkatkan aktivitas dan kemandirian belajar siswa
- Menganalisa dan memecahkan masalah yang dihadapi untuk mencapai kompetisi yang ditetapkan
- Ciri Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies
Menurut Sanjaya (Dewi, 2013: 92), beberapa ciri dalam metode Student Created Case Studies adalah sebagai berikut;
- Siswa bekerja secara individual atau bekerja dalam kelompok kecil
- Pembelajaran ditekankan pada materi pelajaran yang mengandung persoalan untuk dipecahkan
- Siswa menggunakan banyak pendekatan dalam belajar
- Hasil dari pemecahan masalah adalah hasil tukar pendapat di antara semua siswa
- Kelebihan dan Kekurangan Metode Student Created Case Studies
Menurut Sudjana (Dewi, 2013: 92), kelebihan dan kekurangan dalam metode Student Created Case Studies adalah sebagai berikut;
- Kelebihan
- Siswa memperoleh pengalaman praktis
- Kegiatan belajar menarik
- Bahan pelajaran lebih dapat dipahami siswa
- Siswa dapat belajar dari berbagai sumber belajar
- Siswa lebih banyak berinteraksi baik dengan siswa lain maupun guru.
- Kekurangan
- Suasana kelas menjadi gaduh
- Banyak waktu yang terbuang dalam pembagian kelompok
- Siswa sering tidak mengerti aturan permainan walaupun guru sudah menginstruksikan
- Guru harus melunagkan waktu lebih
Demikian artikel singkat tentang Pengertian Metode Student Created Case Studies Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda, jika berkenan silahkan bagikan atau share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.