Mengenal 3 Macam Channel Marketing untuk Bisnis Online

Diposting pada

Memanfaatkan Channel Marketing untuk Kesuksesan Bisnis – Mengembangkan bisnis online bisa dikatakan penuh dengan tantangan. Apalagi sekarang beragam jenis bisnis sudah menjamur di platform digital. Salah satunya adalah lewat media website. Semakin banyaknya penyedia layanan web hosting murah unlimited memberikan kemudahan para pelaku bisnis online untuk membangun website mereka sendiri.

3 Pilihan Channel Marketing 

Perlu diketahui bahwa pengelolaan bisnis online lewat website akan sulit berjalan jika tidak ada strategi marketing yang tepat. Sebagai pelaku bisnis online, Anda wajib tahu apa saja channel marketing yang tepat dan bisa memberikan dampak besar bagi bisnis yang Anda jalankan. Berikut adalah 3 pilihan channel marketing terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda.

Media Sosial

Pilihan channel marketing pertama yang bisa kamu ambil adalah media sosial. Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial sangat membantu pelaku usaha online untuk mengembangkan bisnis mereka. Apalagi jika konsumen yang kamu targetkan berasal dari kalangan anak muda pengguna media sosial. Berikut adalah beberapa pilihan media sosial yang efektif untuk menjalankan digital marketing.

Instagram

Popularitas Instagram di kalangan masyarakat sudah tak diragukan lagi. Instagram juga disebut sebagai platform media sosial terbaik untuk menjalankan sebuah bisnis. Dari segi penggunaanya saja, media sosial yang satu ini sangat populer. Bukan hal yang sulit untuk membuat akun bisnismu dikenal oleh banyak orang lewat Instagram. Mulai saja dari circle terdekat seperti keluarga dan teman-teman.

Selain populer dari segi pengguna, Instagram menjadi platform bisnis yang efektif karena fitur-fitur yang ditawarkan. Ada beragam jenis fitur bisnis yang bisa Anda manfaatkan mulai dari Instagram story, IGTV, Instagram Ads, dan bahkan saat ini ada fitur Instagram Shop. Fitur akun Instagram Business juga akan sangat mempermudah Anda memantau perkembangan akun bisnis yang Anda kembangkan.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Kunci Dalam Dalam Relation Database

Tak hanya itu, lewat Instagram Anda juga bisa meraih angka penjualan tinggi lewat strategi endorsement dan paid partnership. Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis online Anda masih menjadi cara yang efektif hingga saat ini. Tentu saja pilihan influencer harus disesuaikan dengan target pasar sekaligus jenis produk yang Anda jual agar hasilnya lebih optimal.

Facebook

Pilihan platform media sosial berikutnya yang juga tak kalah efektif untuk pengembangan bisnis adalah Facebook. Tak jauh berbeda dari Instagram, Facebook juga memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak. Popularitas Facebook masih tercatat tinggi dari dulu hingga sekarang. Jangkauan konsumen yang bisa diraih lewat media ini juga begitu luas.

Facebook juga punya fitur menarik yang akan membantu Anda untuk berbisnis yaitu Facebook Ads. Fitur laman Facebook juga saat ini didesain mempermudah para pelaku usaha online untuk mempromosikan bisnis mereka kepada pengguna Facebook yang lain. Media komunikasi yang disediakan oleh Facebook juga sangat memudahkan Anda untuk berhubungan dengan calon konsumen.

Fitur bisnis yang disediakan oleh Facebook memungkinkan Anda untuk melihat sejauh apa engagement yang sudah diraih. Lewat data tersebut, Anda bisa lebih mudah melakukan evaluasi dan mengembangkan bisnis agar mencapai angka penjualan yang lebih tinggi.

Youtube

Tak diragukan lagi kalau popularitas Youtube semakin meningkat saat ini. Video marketing lewat platform Youtube menjadi sebuah strategi yang dinilai efektif bagi para pelaku usaha online. Apalagi saat ini masyarakat cenderung gemar menerima informasi dari melihat sebuah video. Platform ini akan menjadi media marketing yang tak hanya efektif tetapi juga bisa meningkatkan brand image yang Anda miliki.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Virtual Private Server (VPS)

Anda bisa membuat channel Youtube sendiri khusus sebagai media promosi brand yang Anda miliki. Ada beragam jenis ide konten yang bisa diwujudkan dalam sebuah video promosi di Youtube. Tentu saja jenis konten harus sesuai dengan target pasar yang Anda harapkan. Untuk memperkenalkan channel Youtube tersebut kepada banyak orang, manfaatkan juga link dari media sosial yang Anda gunakan.

Selain menggunakan channel Youtube pribadi, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan influencer yang menggunakan platform Youtube. Jika ada dana yang mencukupi, manfaatkan juga fitur iklan yang disediakan oleh pihak Youtube. Anda bisa menggunakan iklan berbayar untuk membuat bisnis dan produk Anda semakin populer di kalangan masyarakat.

Email 

Pilihan channel marketing berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah email. Strategi email marketing dipercaya efektif untuk meningkatkan penjualan karena langsung tertuju pada target pasar yang Anda inginkan. Channel promosi yang satu ini juga sangat mudah untuk digunakan sekaligus biaya yang dibutuhkan tidaklah besar.

Sebenarnya jika dibandingkan channel marketing lain seperti Instagram, cara ini terbilang cukup konvensional. Strategi email marketing memang sudah lama diterapkan. Meskipun begitu, cara ini tetap terbukti efektif untuk menarik perhatian konsumen.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan di dunia email marketing:

Tentukan Target Pasar

Penting sekali untuk memahami siapa target pasar Anda sebelum menjalankan strategi email marketing. Jika sudah tahu siapa targetnya, maka strategi promosi ini bisa tepat sasaran dan berjalan efektif. Agar bisa menjalankan email marketing, maka Anda membutuhkan data email dari konsumen. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan kolom email di website bisnis Anda. Mintalah pengunjung untuk memasukkan email agar bisa mendapat promo menarik. 

Baca Juga:   Google lebih Suka Mengindeks HTTPS dari pada HTTP
Buat Materi yang Menarik

Susun materi email yang bisa menarik perhatian konsumen dalam sekali lihat. Misalnya dengan membuat promo menarik yang menguntungkan konsumen. Ajak konsumen untuk mengunjungi website dan melakukan pembelian lewat godaan promo yang menarik tersebut.

Tentukan Jadwal

Buatlah jadwal pengiriman email kepada target konsumen. Jangan mengirim email sembarang waktu karena hal ini bisa dianggap spam oleh konsumen. Buat jadwal yang teratur sesuai dengan strategi promosi yang Anda jalankan untuk bisnis tersebut. 

Itulah tadi 3 channel marketing yang efektif membantu mendongkrak angka penjualan bisnis Anda. Selain memperhatikan strategi marketing tersebut, jangan lupa kelola website bisnis Anda dengan sebaik mungkin. Beli hosting bonus SSL di layanan hosting murah dan berkualitas untuk menjaga stabilitas akses ke website bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.