Pengertian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons

Diposting pada

Pengertian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons – Pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik dalam mengakses informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan kompetensinya. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apayang baru mereka pelajari kedalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Zaini dkk (2008: 62) menyatakan“Strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons berarti belajar dari teman. Strategi ini digunakan untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada temannya”.

  1. Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons

Menurut Zaini dkk (2008: 62-63) langkah-langkah  strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons adalah sebagai berikut :

  1. Bagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil sebanyak segmen materi yang akan anda sampaikan.
  2. Masing-masing kelompok kecil diberi tugasuntuk mempelajari satu topik materi, kemudian mengajarkannya kepada kelompok lain. Topik-topik yang diberikan harus yang saling berhubungan.
  3. Minta setiap kelompok menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas. Sarankan kepada mereka untuk tidak menggunakan metode ceramah atau seperti membaca laporan.
  4. Buat beberapa saran seperti ;
  1. Menggunakan alat bantu visual,
  2. Menyiapkan media pengajaran yang diperlukan,
  3. Menggunakan contoh-contoh yang relevan,
  4. Melibatkan sesama peserta didik dalam proses pembelajaran melalui diskusi, permainan kuis, studi kasus dan lain-lain,
  5. Memberikan kesempatan kepada yang lain untuk bertanya.
  1. Beri mereka waktu yang cukup untuk persiapan, baik didalam maupun diluar kelas.
  2. Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan.
  3. Setelah semua kelompok melaksanakan tugas, beri kesimpulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman peserta didik.
  • Kelebihan dan Kelemahan Stragtegi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons

banyaknya faktor yang   mempengaruhi  proses pembelajaran seperti faktor eksternal dan faktor internal. Ada beberapa  kelebihan  dan  kekurangan dari strategi peer lessons  menurut Mansur dan Estidarsini (2015: 116),   antara lain sebagai berikut. Kelebihan dari strategi peer lessons :

Baca Juga:   Pengertian dan Ciri-Ciri Pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP)

  • Otak bkerja ecara aktif
  • Hasil belajar yang maksimal
  • Tidakuah euaknatei peljarn
  • Proses pembelajaran yang menyenangkan

Kekurangan dari strategi peer lessons :

  • Setap aggota dalam kelook tidak semuaya aktif.
  • Waktu yang disediakan dalam satu kali pertemuan tidak mencukupi.
  • Abila tidak diawasi oleh guru ada kemungkinan siswa ribut dalam mempresentasikan.
  • Ada kecenderungan siswa dituntut mempersiapkan media diluar jam kelas.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Peer Lesson adalah salah satu cara yang dapat dipilih untuk mengajarkan siswa memahami materi yang telah mereka pahami kepada temannya, dengan menerapkan strategi Peer lesson, maka selain meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbicara sekaligus. Sehingga cocoklah jika Peer Lesson dikatakan sebagai pembelajaran dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa karena dilakukan oleh siswa demi kepentingan siswa.

Sekian ulasan singkat tentang Pengertian Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan artikel ini. Terima kasih Telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.