Pengertian Strategi Pembelajaran Reading Guide

Diposting pada

Pengertian Strategi Pembelajaran Reading Guide – Strategi reading guide adalah strategi yang memandu siswa untuk membaca panduan yang disiapkan oleh guru sesuai dengan materi yang akan diajarkan dengan waktu yang sudah ditentukan, disisi lain guru juga akan memberi pertanyaan yang membahas seputar materi yang telah dibaca siswa.

Menurut Darwanto (2000: 63)  “Membaca ialah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan dalam hati, mengeja atau melafalkan apa yang tertulis, mengucapkan, mengetahui, menduga, memperhitungkan dan memahami”. Dapat dikatakan menbaca merupakan suatu proses komunikasi diantara dua pihak yaitu pembaca dengan penulis.

Menurut Hisyam Zaini (2008: 8) “reading guide artinya adalah panduan membaca. Dalam beberapa kesempatan sering terdapat kejadian bahwa materi tidak dapat diselesaikan didalam kelas dan harus diselesaikan diluar kelas karena banyaknya materi yang harus diselesaikan”.

Karena membaca merupakan aktifitas melihat tulisan dan mengerti atau dapat melisankan apa yang tertulis, bukan sekedar mengetahui kata-kata, tetapi mengikuti jalan fikiran si pengarang. Setelah itu apa yang kita baca kita mampu memahami dan mengatakan kembali dengan kata-kata kita sendiri, merenungkan isinya secara kritis dan membandingkannya dengan apa yang telah kita ketahui. Menurut Nasution (2002: 57) “Membaca upaya untuk memperoleh ilmu, artinya orang pintar karena semakin banyak membaca semakin banyak pula pengetahuan sehingga tujuan pembelajaran tercapai baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik”.

  • Tujuan Metode Reading guide

Tujuan metode reading guide adalah membantu siswa fokus dalam memahami materi pencemaran lingkungan. Metode Reading Guide ini lebih mengutamakan aktivitas siswa dalam mencari, mengolah dan melaporkan informasi dari sumber belajar. Proses pembelajaran dalam suasana menyenangkan, yang paling utama adalah para siswa bisa lebih fokus pada materi pokok karena mereka secara langsung dibimbing dengan daftar pertanyaan yang telah diberikan oleh guru, sehingga proses pembelajaran jelas lebih efektif dan efesien.

Baca Juga:   Pengertian dan Ciri-Ciri Pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP)

  • Sistemtika Reading Guide

LangkahLangkah Metode Reading Guide

Menurut Hisyam (2008: 8). Langkah-langkah pembelajaran reading guide adalah mentukan bacaan yang akan dipelajari, menentukan pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi, membagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya kepada peserta didik, tugas peserta didik adalah mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada, batasi aktifitas ini sehingga tidak akan memakan waktu yang berlebihan kemudian bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan menanyakan jawabannya kepada peserta didik, akhir pelajaran beri ulasan secukupnya.

Kelebihan reading guide adalah membantu siswa memahami poin-poin penting dalam waktu yang singkat, mengulas materi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat, efektif untu melatih respon siswa, dapat diterapakan untuk semua mata pelajaran. Kelemahan reading guide adalah siswa merasa bosan membaca teks yang di berikan, setiap siswa baik individu mapun kelompok harus memperoleh teks atau bacaan, siswa hanya terpacu pada teks dan kurang mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Strategi Pembelajaran Reading Guide semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika berkenan silahkan share artikel ini. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.