Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ)

Diposting pada

Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) – “Metode Learning Starts With a Question adalah metode dimana siswa diarahkan untuk belajar mandiri dengan membuat pertanyaan berdasarkan bacaan yang diberikan oleh guru” (Susanto 2013 : 432).

Kemudian siswa berusaha menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut melalui diskusi dengan siswa lain dan guru ikut membantu apabila siswa kesulitan dalam menemukan jawaban.

Metode Learning Starts With a Question (LSQ) adalah suatu metode pembelajaran dimana proses belajar sesuatu yang baru akan lebih efektif jika siswa aktif dalam bertanya sebelum mereka mendapatkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari dari guru sebagai pengajar” (Hamruni, 2009: 276).

Salah satu cara untuk membuat siswa belajar secara aktif adalah dengan membuat mereka bertanya tentang materi pelajaran sebelum ada penjelasan dari pengajar. metode ini dapat memberikan stimulus siswa untuk mencapai kunci belajar, yaitu bertanya.

  • Langkah-langkah Metode Pembelajaran Learning Starts With aQuestion (LSQ)

(Suprijono 2009: 112) mengatakan, “Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ), adalah:

  1. Pilih bacaan yang sesuai kemudian bagikan kepada siswa Dengan cara memilih satu topik atau bab tertentu dari buku teks Usahakan bacaan itu bacaan yang memuat informasi umum atau bacaan yang memberi peluang untuk ditafsirkan berbeda-beda.
  2. Mintalah kepada siswa untuk mempelajari bacaan secara sendiri atau dengan teman.
  3. Mintalah kepada siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami. Anjurkan kepada mereka untuk memberi tanda sebanyak mungkin. Jika waktu memungkinkan, gabungkan pasangan belajar dengan pasangan yang lain, kemudian minta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak diketahui yang telah diberi tanda.
  4. Di dalam pasangan atau kelompok kecil, minta kepada siswa untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca.
  5. Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh siswa.
  6. Sampaikan materi pelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran Course Review Horay

Teknik bertanya merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan sejumlah pertanyaan kepada siswanya dengan memperhatikan karakteristik dan latar belakang siswa. Dengan mengajukan pertanyaan yang menantang, siswa akan terangsang untuk berimajinasi sehingga dapat mengembangkan gagasan-gagasan barunya yang berisi tentang informasi yang lengkap. Dalam proses belajar mengajar, bertanya memegang peranan penting, sebab bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah yang sedang dibicarakan, menuntun proses berpikir siswa, dan memusatkan perhatian siswa terhadap masalah yang sedang dibahas.

  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ)

Terdapat kelebihan dan kelemahan dalam Metode Pembelajaran Learning Starts With a Question(Sudrajat, 2010). Diantaranya adalah:

  1. Kelebihan Metode Pembelajaran Learning Starts With a Question
  1. Siswa lebih siap memulai pelajaran, karena siswa telah terlebih dahulu belajar sehingga mempunyai sedikit gambaran dan lebih paham setelah mendapat tambahan penjelasan dari guru.
  2. Siswa menjadi aktif bertanya.
  3. Materi dapat diingat lebih lama oleh siswa.
  4. Kecerdasan siswa lebih diasah pada saat siswa belajar untuk mengajukan pertanyaan.
  5. Mendorong tumbuhnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat secara terbuka dan memperluas wawasan siswa melalui bertukar pendapat.
  6. Siswa belajar memecahkan masalah sendiri dan bekerjasama antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.
  7. Dapat mengetahui mana siswa yang belajar dan mana siswa yang tidak belajar.
  1. Kekurangan Metode Pembelajaran Learning Starts With a  Question
  1. Membutuhkan waktu panjang jika banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa.
  2. Jika guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab, pertanyaan atau jawaban bisa melantur jika siswa tersebut tidak belajar atau tidak menguasai materi.
  3. Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum atau siswa yang pasif.
  4. Mensyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang diskusikan.
Baca Juga:   Pengertian Metode The Power Of Two

Sekian artikel tentang Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *