Pengertian Metode Pembelajaran Course Review Horay

Diposting pada

Pengertian Metode Pembelajaran Course Review Horay – Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan dengan materi yang diajarkan oleh guru.Salah satu metode pembelajaran tersebut adalahCourse Review Horay.

Menurut Huda (2015: 229) Metode Course Review Horay merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan  karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak ‘horee!!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Metode ini berusaha menguji pemahaman siswa dalam menjawab soal, dimana jawaban soal-soal tersebut dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor. Siswa atau kelompok yang memberikan jawaban benar harus langsung berteriak ‘horee!!’ atau menyayikan yel-yel kelompoknya.Metode ini juga membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik melalui diskusi kelompok.

Sedangkan menurut Sohimin ( 2016: 54) Metode Course Review Horay merupakan salah satu pembelajaran kooperatif, yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokan siswa dalam kelompok-kelompok kecil. Pembelajaran ini merupakan suatu pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui metode pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa daalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok kecil.

Berdasarkan pendapat dari beberapa teori metode Course Review Horay tersebut, maka peneliti dapat menghubungkan dan menyimpulkan bahwa, metode Course Review Horey merupakan suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa mengunakan soal, dimana jawaban soal ditulis pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang mendapatkan  jawaban atau tanda dari jawaban yang benar terlebih dahulu harus langsung berteriak ‘horey!!’ atau menyayikan  yel-yel keompoknya.

Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran OK5R

  • Kelebihan Dan Kekurangan

  1. Kelebihan metode Course Review Horay

Menurut Huda (2015: 231), kelebihan metodeCourse Review Horay adalah sebagai berikut:

  1. Strukturnya yang menarik dan dapat mendorong siswa untuk dapat terjun kedalamnya.
  2. Metode yang tidak menonton karena diselingi dengan hiburan, sehinga suasana tidak menegangkan.
  3. Semangat belajar yang meningkat karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan.
  4. Skill kerja sama antar siswa yang semakin terlatih
  1. Kekurangan metode Course Review Horay

Selain memiliki kelebihan, metode Course Review Horay juga memiliki beberapa kekurangan. Menurut Huda (2015: 231), kekurangan metode Course Review Horaya dalah sebagai berikut:

  1. Penyamarataan nilai antara siswa yang pasif dan aktif.
  2. Adanya peluang untuk curang.
  3. Beresiko mengangu suasana belajar kelas yang lain.
  • Langkah-langkah metode Course Review Horay

sebagaimana metode lainnya, tentu metode Course Review Horay juga memiliki langkah-langkah pembelajaran. menurut Huda (2015: 230), langkah-langkah metode Course Review Horay adalah sebagai berikut :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang inggin dicapai.
  2. Guru menyajikan atau mendemontrasikan materi sesuai topic dengan tanya jawab.
  3. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
  4. Untuk menguji pemahaman, siswa diminta membuat kartu atau kotak sesuai dengan kebutuhan. Kartu atau kotak tersebut kemudian diisi dengan nomor yang ditentukan guru.
  5. Guru membacakan soal secara acak dan siswa menuliskan jawabannya didalam kartu atau kotak yang nomornya disebutkan guru.
  6. Guru dan siswa mendiskusikan soal yang telah diberikan tadi.
  7. Bagi pertanyaan yang dijawab dengan benar, siswa memberikan check list (√) dan langsung berteriak ‘horee!!’ atau menyayikan yel-yelnya.
  8. Nilai siswa dihitung dari jawaban yang benar dan banyak berteriak ‘horee!!’.
  9. Guru memberikan reward pada kelompok yang memperoleh nilai tertinggi atau yang paling sering berteriak ‘horee!!’.
Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ)

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Metode Pembelajaran Course Review Horay semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda, jika berkenan silahkan share/bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.