Pengertian Metode Gallery Walk

Diposting pada

Pengertian Metode Gallery Walk – Menurut Silberman (2016: 274) mengemukakan “gallery walk atau galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini”. Sedangkan menurut Suparti (2016:100) mengemukakan bahwa “pada pembelajaran gallery walk siswa diminta untuk belajar mandiri bersama teman sekelompoknya dalam membahas materi tertentu”.

Pembelajaran yang menerapkan metode gallery walk, dengan cara siswa mendiskusikan hal-hal yang mencakup pengetahuan baru dalam pembelajaran. Hal-hal yang ditemukan pada saat diskusi kelompok ditulis dalam kertas plano, kemudian ditempel di dinding kelas untuk dilihat kelompok lain. Setiap kelompok mengamati hasil diskusi kelompok lain yang digalerikan, kemudian bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gallery walk merupakan metode untuk memberikan ransangan kepada siswa dalam mengingat kembali materi pembelajaran yang telah dilalui dengan cara berdiskusi dengan teman sekelompoknya dan hasil diskusi dapat ditempelkan atau digalerikan dengan tujuan siswa dengan kelompok lain dapat melihat hasil diskusi dan dapat memberikan pertanyaan kepada kelompok lainnya.

Tujuan Metode Gallery Walk

Menurut Sari (2017:15) menyimpulkan “bahwa tujuan penerapan dari metode ini adalah membangun kerjasama kelompok (cooperative Learning) dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar”. Metode pembelajaran gallery walk ini disebut dengan istilah metode keliling kelompok. Metode ini memiliki tujuan agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan pendapat mereka.

Baca Juga:   Pengertian Teknik Jarimatika

Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan gallery walk adalah dalam proses pembelajaran siswa bukan hanya mendapatkan ilmu pengetahuan tentang materi tetapi dilatih untuk memberbagi informasi dan saling berinteraksi dengan siswa lainnya. Metode gallery walk bertujuan melatih siswa untuk memberikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.

Langkah-langkah Metode Gallery Walk

Menurut Silberman (2014:274) prosedur dalam Gallery Walk adalah sebagai berikut:

  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok beranggotakan dua hingga empat orang.
  2. Perintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang didapat oleh pada anggotanya dari pelajaran yang mereka ikuti. Kemudian perintahkan mereka untuk membuat sebuah daftar pada kertas lembar berisi hasil “pembelajaran” ini. Perintahkan mereka memberi judul atau manamai daftar ini “hal-hal yang kita dapat”.
  3. Tempelkan daftar tersebut pada dinding.
  4. Siswa diminta untuk berjalan melewati tiap daftar. Perintahkan agar setiap siswa memberikan tanda centang di dekat hasil belajar yang juga didapatkan pada daftar selain dari daftar sendiri.
  5. Surveilah hasilnya, cermati hasil pembelajaran yang paling umum didapatkan. Jelaskan sebagai hasil pembelajaran yang tidak biasa atau tidak diduga-duga.

Jadi dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah dalam metode gallery walk adalah siswa dibagi dalam beberapa kelompok, siswa berdiskusi tentang materi yang telah dibahas terdahulu, setiap kelompok menempelkan hasil diskusi di mading kelas atau didepan kelas, kelompok diberikan kesempatan untuk mengelilingi hasil diskusi setiap kelompok dan diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada kelompok lainya.

Baca Juga:   Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test

Kelebihan dan Kelemahan Metode Gallery Walk
Kelebihan Metode Gallery Walk

Menurut Sari (2017:15-16) kelebihan metode gallery walk, antara lain:

  1. Peserta didik terbiasa membangun budaya kerjasama memecahkan masalah dalam belajar
  2. Terjadi sinergi saling menguatkan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran
  3. Membiasakan peserta didik bersikap menghargai dan mengapresiasi hasil belajar teman lain
  4. Mengaktifkan fisik dan mental peserta didik selama proses belajar
  5. Membiasakan peserta didik memberi dan menerima kritik
  6. Siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi dapat membantu menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi dari berbagai sumber, dan belajar dari siwa yang lain.
Kelemahan Metode Gallery Walk

Menurut Sari (2017:16) Kelemahan yang terdapat pada metode gallery walk adalah sebagai berikut:

  1. Terlalu banyaknya anggota kelompok akan membuat sebagian siswa menggantungkan kerja kelompok pada temannya
  2. Guru perlu ekstra cermat dalam memantau dan menilai keaktifan individu
  3. Pengaturan setting kelas yang lebih rumit
  4. Upaya dalam mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang
  5. Jika tanpa peer teaching yang efektif dari guru, maka bisa terjadi apa yang seharusnya dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.

Sekian pembahasan singkat tentang Pengertian Metode Gallery Walk semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan share/bagikan postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.