Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Information Search

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Information SearchInformation Search adalah suatu strategi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kelas, keluar dari kungkungan tembok dan dinding kelas, yang terkadang terasa sumpek dan penuh aturan. Mereka bisa belajar di perpustakaan, warnet, mencari jurnal, dan sumber-sumber belajar yang lain (Hamruni, 2011: 161).

Strategi information search adalah suatu strategi pembelajaran mencari informasi. Informasi dapat diperoleh melalui koran, buku paket, majalah, atau internet. Hal tersebut digunakan agar siswa dapat memiliki informasi lebih tentang materi tersebut. Dan agar siswa aktif mencari informasi, maka guru membuat suatu permasalahan yang dituangkan di dalam LDS (Lembar Diskusi Siswa).

Pencarian informasi ini dilakukan secara kelompok yang bertujuan agar permasalahan tersebut terselesaikan dengan cepat dan apabila siswa malu bertanya kepada guru sehingga siswa dapat bertanya dengan teman sekelompoknya, sehingga terjadi tukar pendapat antar kelompok.

Dasar penggunaan strategi information search yaitu suatu cara yang digunakan oleh guru dengan maksud meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan baik oleh pendidik maupun dari siswa sendiri. Kemudian mencari informasi jawabannya lewat membaca untuk menemukan informasi yang akurat.

Strategi information search dalam bahasa Indonesianya adalah strategi mencari informasi yang mana tujuan dari strategi ini adalah dapat mengoperasikan otak dan memacunya untuk berpikir dalam mencari jawaban. Strategi ini bisa disamakan dengan ujian buka buku (open book). Secara berkelompok siswa mencari informasi (biasanya tercakup dalam pelajaran) yang menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan kepada mereka. Strategi ini membantu menghidupkan materi yang membosankan menjadi lebih menarik.

Guru hanya menjadi fasilitator atau motivator siswa mencari jawaban sendiri ini merupakan strategi yang bagus untuk mengoperasikan otak dan memacunya untuk berpikir dengan mencari jawaban. Indikasi strategi ini memiliki peran positif yaitu bahwa strategi ini dapat mengasah otak dan indera sehingga menjadikan siswa aktif mencari dengan giat jawaban yang diinginkan. Jelasnya guru member sebuah permasalahan tertentu dan memberikan pendekatan makna pada mereka (siswa) kemudian meninggalkan jawaban dan putusan terakhir kepada mereka.

Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran information search ini siswa dilatih untuk mengungkapkan sesuatu berupa apa saja (karangan sendiri) kemudian menuliskannya dalam beberapa kata dan kalimat yang dilakukan dengan mencari informasi dari berbagai sumber yang ada.

Baca Juga:   Pengertian Metode Percobaan (Eksperimen)

Pembelajaran dengan menerapkan strategi mencari informasi menekankan pada aspek kerjasama antar individu dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri. Inti pada pembelajaran dengan menggunakan strategi mencari informasi ini yaitu adanya saling kerjasama antar anggota kelompok, dimana setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab secara individu sekaligus kelompok, sehingga dari perbedaan masing-masing individu dapat saling bertukar pikiran dan berinteraksi secara terbuka untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Pencarian informasi ini dilakukan secara berkelompok kecil, yang bertujuan agar permasalahan pada materi tersebut terselesaikan dengan cepat, dan apabila ada siswa yang malu bertanya kepada guru, siswa dapat bertanya dengan teman sekelompoknya, sehingga terjadi tukar pendapat antar anggota kelompok. Karena berkelompok, maka dalam menuliskan karangannya harus disesuaikan dengan karangan teman sebelumnya sehingga hasil akhir karangan atau tulisan padu, serasi dan saling berhubungan.

Apabila ada satu siswa yang menulis tidak sejalan atau sealur dengan karangan siswa sebelumnya maka bisa menyebabkan hasil akhir karangan menjadi acak, rumpang, atau menyimpang. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran information search diharapkan dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu indikator kualitas pembelajaran.

Karakteristik Strategi         Pembelajaran         Active        Learning Metode Information search

Strategi mengajar adalah tindakan guru melaksanakan rencana mengajar. Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, bahan, metode, dan alat, serta evaluasi) agar siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Oleh karena itu, guru dituntut harus dapat menetapkan strategi pembelajaran apa yang paling tepat dan sesuai untuk tujuan pembelajaran tertentu.

Strategi pembelajaran yang berkembang saat ini sangat banyak, contohnya strategi Information Search (mencari informasi) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, pendekatan belajar berdasarkan sumber dipilih untuk menunjang kelancaran strategi information search. Karena tidak semuamateri dapat menerapkan strategi information search. Jadi harus dipilih juga sumber apa yang cocok untuk materi tersebut.

Metode ini merupakan metode dimana pendidik membagi peserta didiknya menjadi beberapa kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan mengenai topik yang dibahas, agar siswa tidak langsung menemukan jawaban dari sumber informasi yang dberikan, melainkan menyimpulkan suatu jawaban dari sumber tersebut.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah Metode Pembelajaran Mind Mapping

Menurut Bonwell, pembelajaran aktif memiliki karakteristik- karakteristik sebagai berikut:

  1. Pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa berperan lebih aktif dalam mengembangkan cara-cara belajar mandiri. Siswa berperan serta pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses belajar. Pengalaman siswa lebih
  2. Guru membimbing dalam terjadinya pengalaman belajar. Guru bukan satu-satunya sumber belajar. Guru merupakan salah satunya sumber belajar, yang memberikan peluang bagi siswa agar dapat memperoleh pengetahuan atau ketrampilan sendiri melalui usaha sendiri, dapat mengembangkan motivasi dari dalam dirinya, dan dapat mengembangkan pengalaman untuk membuat suatu
  3. Tujuan kegiatan pembelajaran tidak hanya untuk sekedar mengejar standar akademis. Selain pencapaian standar akademis, kegiatan ditekankan untuk mengembangkan siswa secara utuh dan
  4. Pengelolaan kegiatan pembelajaran ditekankan pada kreativitas siswa, dan memperhatikan kemajuan siswa untuk menguasai konsep-konsep dengan
  5. Penilaian dilakukan untuk mengukur dan mengamati kegiatan dan kemajuan siswa, serta mengukur keterampilan dan hasil belajar

Dalam metode Information Search itu sendiri, siswa diarahkan untuk mampu mengumpulkan dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar. Dengan demikian potensi siswa dapat diberdayakan, dan dapat belajar mandiri. Siswa tidak lagi sebagai penerima pengetahuan, dan guru dapat berperan sebagai motivator, pengarah, dan pemberi stimulus.

Langkah-Langkah Strategi Information Search

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan belajar aktif adalah dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam kelompok kecil siswa. Dukungan sesama siswa dan keragaman pendapat, pengetahuan, serta ketrampilan mereka akan membantu menjadikan belajar bersama sebagai bagian berharga dari iklim belajar di kelas.

Namun demikian, belajar bersama tidaklah selalu berlangsung efektif. Boleh jadi terdapat partisipasi yang tidak seimbang, komunikasi yang buruk, dan kebingungan bukannya belajar yang sesungguhnya. Strategi-strategi berikut ini dirancang untuk memaksimalkan manfaat dari belajar bersama meminimalkan kesenjangan.

Metode ini bisa disamakan dengan ujian open book. Tim-tim di kelas mencari informasi (biasanya yang diungkap dalam pengajaran ala ceramah) yang menjawab pertanyaan yang diajukan kepada mereka. Metode ini sangat membantu menjadikan materi yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik.22 Prosedurnya meliputi :

Buatlah sekumpulan pertanyaan yang dapat dijawab dengan mencari informasi yang bisa ditemukan dalam buku sumber yang telah anda bagikan kepada siswa. Materi sumbernya bisa mencakup :

  • Buku pegangan
  • Dokumen
  • Buku teks
  • Panduan referensi
  • Informasi yang diakses melalui komputer
  • Artifak
  • Peralatan berat misalnya mesin.
  • Bagikan pertanyaan-pertanyaan tentang
  • Perintahkan siswa untuk mencari informasi dalam tim-tim kecil. Kompetisi yang bersahabat bisa diwujudkan untuk mendorong partisipasi.
  • Bahaslah jawabannya di depan kelas. Perluaslah jawabannya guna memperluas cakupan
Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran OK5R
Kelebihan dan Kekurangan Strategi Information Search

Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran Information search, diambil dari pengertian strategi pembelajaran Information search dan langkah – langkahnya, maka penulis menguraikan kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran Information search, sebagai berikut:23

Kelebihan strategi pembelajaran Information search
  • Meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar
  • Meminimalkan rasa bosan atau jenuh siswa terhadap
  • Siswa diberi kesempatan dan kebebasan untuk mencari informasi sebagai sumber
  • Hasil pembelajaran lebih bermakna bagi
  • Proses belajar lebih dipentingkan daripada
Kekurangan strategi pembelajaran Information search

Hanya ditujukan pada mata pelajaran yang mempunyai cakupan materi yang luas sehingga dalam mencari informasi atau jawaban bias terus

Informasi yang didapat akan terbatas jika sumber untuk memperoleh informasi juga terbatas.

Prosedur Information Search

Menurut Hamruni (2011: 161), prosedur Information Search pada prinsipnya terdiri dari enam tahapan, yaitu:

  1. Bagilah siswa dalam kelompok-kelompok kecil, sekitar 2 atau 3 orang.
  2. Berilah masing-masing kelompok pertanyaan atau tugas yang bisa dicari jawabannya di tempat-tempat yang sudah ditunjukkan guru.
  3. Pertanyaan atau tugas yang diberikan sebaiknya disandarkan pada beberapa buku (literatur).
  4. Kelompok mengerjakan tugas yaitu membuat surat kepada temannya tentang pengalaman dan cita-cita atau,  sekitar 30 menit sebelum habis jam pelajaran mereka harus kembali masuk ke dalam kelas.
  5. Di kelas, masing-masing kelompok melaporkan hasil belajarnya dalam mencari informasi di berbagai sumber belajar tersebut. Atau guru menunjuk salah satu siswa membacakan suratnya didepan kelas untuk didengar bersaama.
  6. Diskusikan temuan-temuan kelompok tersebut.

Demikian postingan singkat tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Information Search semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung