Pengertian Memecahkan Masalah

Diposting pada

Pengertian Memecahkan Masalah – pemecahan masalah (Problem Solving)  adalah sebuah teknik pembelajaran yang berupaya membahas permasalahan untuk mencari pemecahan  atau jawabannya. Sebagaimana metode mengajar, teknik pemecahan masalah sangat baik bagi pembinaan sikap ilmiah pada para siswa. Dengan metode ini, siswa belajar memecahkan suatu masalah menurut prosedur kerja metode ilmiah.

Hamalik (dalam Lulus, 2015 : 28) berpendapat bahwa memecahkan masalah adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat.

Berpikir memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru adalah kegiatan yang kompleks dan berhubungan erat satu dengan yang lain. Suatu masalah umumnya tidak dapat dipecahkan tanpa berpikir, dan banyak masalah memerlukan pemecahan yang baru bagi orang-orang atau kelompok. Sebaliknya, menghasilkan sesuatu (benda-benda, gagasan-gagasan) yang baru bagi seseorang, menciptakan sesuatu, itu mencakup problem solving. Ini berarti informasi fakta dan konsep-konsep itu tidak penting. Seperti telah kita ketahui, penguasaan informasi itu perlu untuk memperoleh konsep keduanya itu harus diingat dan dipertimbangkan dalam problem solving dan perbuatan kreatif. Begitu pula perkembangan intelektual sangat penting dalam

(Qrustian Blogs Friendster.com)

  1. Langkah-langkah Memecahkan Masalah

Hamalik (dalam Lulus, 2015 : 28) berpendapat bahwa Langkah-langkah memecahkan masalah adalah sebagai berikut :

Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.

Baca Juga:   Analisis Kebutuhan Proses Pembelajaran Di Laboratorium Atau Bengkel Diklat

  1. Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Misalnya dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanya, berdiskusi dan lain-lain.
  2. Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Dugaan jawaban ini tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh, pada langkah kedua diatas.
  3. Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut. Dalam langkah ini siswa harus berusaha memecahkan masalah sehingga betul-betul cocok. Apakah sesuai dengan jawaban sementara atau sama sekali tidak sesuai. Untuk menguji kebenaran tentu saja diperlukan metode-metode lainnya seperti penggunaan metode Learning Start With a Question (LSQ).
  4. Menarik kesimpulan, artinya siswa harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang jawaban dari masalah inti.
  • Kelebihan dan Kekurangan Memecahkan Masalah

Hamalik (dalam Lulus, 2015 : 29) berpendapat bahwa terdapat kelebihan dan kelemahan dalam kemampuan memecahkan masalah (problem solving), yaitu:

  1. Kelebihan Memecahkan Masalah

Kemampuan memecahkan masalah ini dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dengan dunia kerja. Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil, apabila menghadapi permasalahan di dalam kehidupan, dalam keluarga, bermasyarakat, dan bekerja kelak suatu kemampuan yang sangat bermakna bagi kehidupan manusia.

Belajar memecahkan masalah dapat merangsang kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan mental dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencari pemecahannya.

Baca Juga:   Pengertian Puisi

  1.  Kekurangan Memecahkan Masalah

Menentukan suatu masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berpikir siswa, tingkat sekolah dan kelasnya serta pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa, sangat memerlukan kemampuan dan keterampilan guru. Sering orang beranggapan keliru bahwa teknik memecahkan masalah hanya cocok untuk SLTP, SLTA, dan PT saja. Padahal untuk siswa sederajat juga bisa dilakukan dengan tingkat kesulitan permasalahan yang sesuai dengan taraf kemampuan berpikir anak.

Proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik memecahkan masalah seperti ini sering memerlukan waktu yang begitu banyak dan sering terpaksa mengambil waktu mata pelajaran lain. Mengubah kebiasaan belajar siswa dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berpikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok, yang kadang-kadang memerlukan kesulitan tersendiri bagi siswa.

  1. Manfaat Kemampuan Pemecahan Masalah

Hamalik (dalam Lulus, 2015 : 30) berpendapat bahwa beberapa manfaat yang diperoleh siswa melalui pemecahan masalah yaitu:

  1. Siswa akan belajar bahwa ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah suatu soal dan ada lebih dari satu solusi yang mungkin dari suatu soal.
  2. Mengajak siswa memiliki prosedur pemecahan masalah, maupun membuat analisa dan sistematis, dan dituntut membuat evaluasi terhadap hasil pemecahannya.
  3. Dapat menimbulkan jawaban yang asli, baru, khas dan beraneka ragam, serta dapat menambah pengetahuan yang baru.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Memecahkan Masalah semoga dapat dijadikan referensi dan jika dianggap bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan artikel ini. Terima Kasih

Baca Juga:   Metode Pemecahan Masalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.