Pengertian Media Pembelajaran Lingkungan

Diposting pada

Pengertian Media Pembelajaran Lingkungan – Manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efesien. Belajar tidak selamanya berhubungan dengan hal-hal yang konkrit, baik dalam konsep maupun faktanya. Bahkan dalam realitanya, belajar seringkali bersentuhan dengan hal-hal yang bersifat kompleks, maya dan berada dibalik realitas. Ketidakjelasan atau kerumitan bahan ajar dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Bahkan dalam hal-hal tertentu media dapat mewakili kekurangan guru dalam mengkomunikasikan materi pelajaran.

Dalam proses mengajar, fungsi atau manfaat media menurut Sudjana (2012: 66) sebagai berikut:

  • Penggunaan media dalam pembelajaran bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif;
  • Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. Ini artinya, media pengajaran merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan guru;
  • Media dalam pengajaran, penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pelajaran;
  • Penggunaan media pengajaran bukan hanya sebagai alat hiburan yang hanya digunakan hanya sekedar melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa;
  • Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan oleh guru; dan
  • Penggunaan media dalam pengajaran diutamakan untuk meningkatkan atau mempertinggi mutu belajar mengajar.
Baca Juga:   Pengertian Media Internet

 

  •  Media Lingkungan

Media lingkungan merupakan media yang digunakan guru dan siswa untuk mempelajari keadaan nyata di luar kelas dengan cara menghadapkan siswa kepada lingkungan yang aktual untuk dipelajari dan diamati dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar Sudjana dan Rivai (Nugraha, 2014: 36). Penggunaan media lingkungan jauh lebih bermakna karena siswa secara langsung dihadapkan pada keadaan yang sebenarnya. 

  • Kelebihan dan Kekurangan Media Lingkungan

Menurut Sudjana dan Rivai (Nugraha, 2014: 38), kelebihan- kelebihan media lingkungan  antara lain, (1) hakikat belajar akan lebih bermakna karena siswa dihadapkan pada keadaan yang sebenarnya; (2) bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih banyak dan lebih faktual; (3) kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dengan kegiatan mengamati, membuktikan, dan mendemonstrasikan; (4) sumber belajar menjadi lebih banyak karena lingkungan yang dapat dipelajari beraneka ragam; (5) siswa semakin menghayati dan memahami lingkungannya sehingga dapat memupuk cinta lingkungan.

Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan di atas, media lingkungan juga memiliki beberapa kelemahan. Menurut Sudjana dan Rivai (Nugraha, 2014: 39), kelemahan tersebut adalah kegiatan belajar yang kurang dipersiapkan akan memberi kesan main-main dan ada kesan bahwa kegiatan belajar di lingkungan memerlukan waktu yang cukup lama.

  • Media Lingkungan dalam Pembelajaran Menulis Puisi

Proses penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi pada  dasarnya dilakukan dengan menghadapkan siswa pada lingkungan yang aktual untuk dipelajari dan diamati dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar. Sudjana dan Rivai (Nugraha, 2014: 39) menyatakan bahwa dalam teknik penggunaan media lingkungan, siswa dituntut untuk menghayati objek tertentu dengan merekam apa yang dialami, lihat, dengar, dan rasakan selama kegiatan berlangsung. Media lingkungan juga berperan dalam menemukan ide penulisan puisi.

Baca Juga:   Pengertian Dan Definisi Media Pembelajaran

Har (2011: 60) menyatakan bahwa banyak ide di lingkungan sekitar manusia. Salah satu cara menemukan ide tersebut adalah menggunakan kepekaan indera, kemudian yang terpenting adalah memikirkan dan merenung hasil kepekaan indera tersebut. Berdasarkan hal-hal di atas, media lingkungan mempunyai peranan dalam menemukan bahan penulisan puisi melalui pengalaman siswa. Pengalaman-pengalaman tersebut selanjutnya direnungkan, dipikirkan, dan dituangkan dalam rangkaian kata yang puitis. 

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Media Pembelajaran Lingkungan semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.