Pengertian Media Internet

Diposting pada

Pengertian Media Internet – Media Internet adalah rangkaian komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah tak terbatas, (Jarot & Sudarma, 2012: 2). Sedangkan menurut Soetedjo (2012: 1), internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet Protocol Suite (TCP/ IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.

Pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media internet adalah suatu media yang dapat memudahkan kita memperoleh berbagai sumber informasi dari berbagai belahan dunia.

Media Internet Sebagai Sumber Belajar

Peranan internet dalam organisasi sangat menguntungkan karena kemampuannya dalam mengolah data dengan jumlah yang sangat besar. Teknologi informasi sudah menjadi jaringan komputer terbesar di dunia, yang dapat berfungsi dengan baik jika didukung oleh perangkat lunak yang baik, dan dengan guru yang terlatih. Menggunakan internet dengan segala fasilitasnya akan memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi untuk pendidikan yang secara langsung dapat meningkatkan pengetahuan siswa bagi keberhasilannya dalam belajar.

Menurut Rusman dkk (2011: 281) melalui media internet ini kita dapat melakukan banyak hal, di antaranya untuk:

Baca Juga:   Pengertian Media Benda Konkret
  1. Penelusuran dan pencarian bahan pustaka.
  2. Membangun Program Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) untuk memodelkan sebuah rencana pembelajaran.
  3. Memberi kemudahan untuk mengakses apa yang disebut dengan virtual classroom dan virtual university.
  4. Pemasaran dan promosi hasil karya penelitian.

Kegunaan-kegunaan di atas dapat diperluas bergantung kepada peralatan komputer yang dimiliki jaringan dan fasilitas telpon yang tersedia dan provider yang bertanggung jawab untuk tetap terpeliharanya penggunaan jaringan komunikasi dan informasi tersebut.

Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri. Menurut Gordin, para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik (Rusman dkk, 2011: 278).

Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang, analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Mereka menganalis informasi yang relevan dengan pembelajaran IPS dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya.

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, intuisi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan/ pembelajaran. Berbagai percobaan untuk mengembangkan perangkat lunak (program aplikasi) yang dapat menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan/ pembelajaran terus dilakukan.

Demikian pembahasan singkat tentang Pengertian Media Internet semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.