Pengertian Media Gambar

Diposting pada

Pengertian Media Gambar  – Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, motivasi, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan belajar.

Association For Education and Communication Technology (AET) mengartikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk proses penyalur informasi, sedangkan National Education Association (NEA) mengartikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut (Arsyad, 2015: 3).

Gerlach dan Elly (Arsyad, 2015: 3) mengatakan bahwa;

Media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks, dan lingkungan sekolah adalah media. Secara khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal”.

Gambar pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran. Membantu mereka dalam kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dalam bercerita, dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis dan menggambar serta membantu mereka menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi bacaan dari buku teks.

Gambar fotografi merupakan salah satu media pengajaran yang amat dikenal di dalam setiap kegiatan pengajaran hal ini disebabkan kesederhanaannya, tanpa memerlukan perlengkapan dan tidak diproyeksikan untuk mengamatinya. Media gambar termasuk kepada gambar tetap (still picture) yang terdiri dari dua kelompok, yaitu: pertama gambar datar tidak tembus pandang (flat opaque picture), misalnya gambar fotografi, gambar dan lukisan cetak. Kedua adalah gambar tembus pandang (transparent picture), misalnya film slides, film strips dan transparancies.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint

Media gambar yang penulis maksudkan dalam penelitian ini adalah media gambar yang terdapat pada kelompok pertama yakni Flat Opeque Picture, karena gambar datar tidak tembus pandang ini mudah pengadaannya serta biasanya relatif murah. Jadi media gambar adalah media yang dipergunakan untuk memvisualisasikan atau menyalurkan pesan dari sumber ke penerima (siswa). Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam komunikasi visual, di samping itu media gambar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.

Media gambar merupakan salah satu media yang dikelompokkan dalam media tradisional yaitu media berbasis visual. Media gambar adalah media yang sering digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Jadi media gambar adalah media yang dipergunakan untuk memvisualisasikan atau menyalurkan pesan dari sumber ke penerima (siswa).

  1. Fungsi Media Gambar

  1. Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik.
  2. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
  3. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
  4. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
  5. Prinsip-prinsip Pemakaian Media Gambar

Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut;

  1. Gunakan gambar untuk tujuan-tujuan pengajaran yang spesifik.
  2. Padukan gambar-gambar kepada pelajaran, sebab keefektivan pemakaian gambar-gambar di dalam proses belajar mengajar memerlukan keterpaduan.
  3. Kurangi penambahan kata-kata pada gambar oleh karena gambar-gambar itu sangat penting dalam mengembangkan kata-kata atau cerita, atau dalam menyajikan gagasan baru.

     

    1. Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar
  1. Kelebihan

     

    1. Sifatnya konkrit. Gambar/ foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata
    2. Gambar dapat mengatasai masalah batasan ruang dan waktu
    3. Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
    4. Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia beberapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalah pahaman.
    5. Murah harganya, mudah didapat, mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan yang khusus.
  2. Kekurangan
  1. Gambar atau foto hanya menekankan presepsi indra mata.
  2. Gambar atau foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  3. Ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar.
Baca Juga:   Pengertian Media Poster Pendidikan

Demikian pembahasan singkat tengang  Pengertian Media Gambar semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, jika pembahasan ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share pembahasan singkat ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.