Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Picture And Picture

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Picture And Picture – Suprijono (dalam huda 2014: 236), mengemukakan: “Picture And Picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. strategi ini mirip dengan Example Non- Example, dimana gambar yang diberikan pada siswa harus dipasangkan atau diurutkan secara logis. Gambar-gambar ini menjadi perangkat utama dalam proses pembelajaran”.

Dalam pembelajaran seorang guru tidak cukup hanya menyampaikan pengetahuan saja. Akan tetapi juga harus mampu menciptakan suasana kelas yang penuh perhatian, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan tercapai tujuan yang optimal. Oleh karena itu guru harus mampu menentukan model yang terbaik yang akan digunakan.

Secara umum model mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, model bisa diartikan sebagai pola pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovarif, kreatif, dan menyenangkan. Model apapun yang diguunakan selalu menekankan aktif peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Inovatif setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat peserta didik. Dan kreatif, setiap pembelajarnya harus menimbulkan minat kepada peserta didik untuk menghasilkan sesuatu ata dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metode, teknik ataau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran.

Baca Juga:   Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelompok

Model pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam betuk ukuran besar.

  1. Langkah- langkah dalam model pembelajaran Picture And Picture

Dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture ini tidak hanya sekedar menerapkan akan tetapi ada langkah–langkah yang harus diperhatikan. Menurut Suprijono (dalam huda 2014: 236-238) adapun langkah – langkah pembelajarannya sebagai berikut:

  1. Penyampaian Kompetensi

Pada tahap ini, gurudiharapkan menyampaikan kompetensi dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Dengan demikian, siswa dapat mengukur sampai sejauh mana kompetensi yang harus mreka kuasai. Di samping itu, guru harus menyampaikan indikator-indikator ketercapaian kompetensi tersebut untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam mencapainya.

  1. Presentasi Materi

Pada tahap penyajian materi, guru telah menciptakan momen awal pembelajaran,. Keberhasilan pembelajaran dapat dimulai dari sini. Pada tahap inilah, guru harus berhasil memberikan motovasi pada beberapa siswa yang kemungkinan masih belum siap.

  1. Penyajian Gambar

Pada tahap ini, guru menyajikan gambar dan mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditujukkan. Dengan gambar, pengajar akan lebih hemat energi, dan siswa juga akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dalam pengemmbangan selanjutnya, guru dapat memodifikaasi gambar atau menggantinya dengan video atau demonstrasi kegiatan tertentu.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery

  1. Pemasangan Gambar

Pada tahap ini, guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian untuk memasangkan gambar secara berurutan dan logis. Guru juga bisa melakukan inovasi, karena penunjukan secara langsung kadang kurang efektif sebab siswa cenderung merasa tertekan. Salah satu caranya adalah dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus benar-benar siap untuk menjalankan tugas yang diberikan

  1. Penjajakan

Tahap ini mengharuskan guru untuk menanyakan kedapa siswa tentang alasan/dasar pemikiran dibalik urutan gambar yang disusunnya. Setelah itu, siswa bisa diajak ntuk menemukan rumus,tinggi, jalan cerita, atau tuntutan kompetensi dasar berdasarkan indikator-indikator yang ingin dicapai. Guru juga bisa mengajak sebanyakmungkin siswa untuk membantu sehingga proses diskusi menjadi semakin menarik.

  1. Penyajian Kompetensi

Berdasarkan komentar data penjelasan atas urutan gambar-gambar, guru bisa memulai menjelaskan lebih lanjut sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Selama proses ini, guru harus memberikan penekanan pada ketercapaian kompetensi tersebut. Di sini, guru bisa mengulangi, menuliskan atau menjelaskan gambar-gambar tersebut agar siswa mengetahui bahwa sarana tersebut penting dalam pencapaian kompetensi dasar dan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

  1. Penutup

Diakhir pembelajaran, guru dan siswa saling berefleksi mengenai apa yang telah dicapai dan dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat materi dan kompetensi dalam ingatan siswa.

  1. Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Picture And Picture

Menurut Suprijono (dalam Huda 2014:239) model pembelajaran picture and picture memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga:   Pengertian Model Cooperative Integrated Reading and Compositions (CIRC)

  1. Kelebihan model pembelajaran Picture And Picture
  1. Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
  2. Siswa dilatih berfikir logis dan sistematis
  3. Siswa dibantu belajar berfikir berdasarkan sudut pandang suat subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam praktek berfikir
  4. Motivasi siswa untuk belajar semakin dikembangkan
  5. Siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas
  1. Kekurangan model pembelajaran Picture And Picture
  1. Memakan banyak waktu
  2. Membuat sebagian siswa pasif
  3. Munculnya kekhawatiran akan terjadi kekacauan di kelas
  4. Kebutuhan akan dukungan fasilitas, alat, dan biaya yang cukup memadai

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Picture And Picture semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.