Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata – Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas (Trianto, 2013: 51).  Menurut Joyce (Trianto, 2013: 52), bahwa setiap model pembelajaran mengarahkan kita dalam merancangkan pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Suprijono (2015: 65), model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan suatu cara maupun pola yang kita gunakan untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Dalam memilih suatu model pembelajaran harus memiliki pertimbangan-pertimbangan, seperti materi pelajaran, jam pelajaran, tingkat perkembangan kemampuan siswa, lingkungan belajar dan fasilitas penunjang yang tersedia, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

  1. Pengertian Model Pembelajaran Tebak Kata

Menurut Said (2015: 68), model pembelajaran tebak kata adalah menebak kata yang dimaksud dengan cara menyebutkan kata-kata tertentu sampai kata yang disebutkan tersebut benar. Menurut Aqib (Ashari, 2014: 24), model pembelajaran tebak kata adalah model pembelajaran penyampaian materi ajar dengan menggunakan kata-kata singkat dalam bentuk permainan sehingga peserta didik dapat menerima pesan pembelajaran melalui kartu.

Berdasarkan pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tebak kata adalah model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Permainan tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menjodohkan kartu soal teka-teki dengan kartu jawaban yang tepat. Melalui model pembelajaran tebak kata, selain anak menjadi tertarik dan menjadi berminat untuk belajar juga memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran IPS dalam ingatan siswa.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Bengkel Sastra

  1. Langkah – langkah Model Pembelajaran Tebak Kata

Langkah-langkah Model pembelajaran tebak kata menurut  Suprijono (2015: 150) sebagai berikut:

  1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
  2. Guru meminta siswa berdiri berpasangan di depan kelas.
  3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga, di saku baju atau dikalungkan.
  4. Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. Jawaban yang tepat apabila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
  5. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu), maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain (memancing) asal jangan langsung memberi tahu jawabannya.
  6. Dilanjutkan sampai semua siswa mendapat bagian
  1. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Tebak Kata

Menurut Dalyono (Ashari, 2014: 21) kelebihan dan kelemahan model pembelajaran tebak kata sebagai berikut:

  1. Kelebihan model pembelajaran tebak kata
  1. Peserta didik akan mempunyai kekayaan bahasa.
  2. Sangat menarik sehingga setiap peserta didik ingin mencobanya.
  3. Peserta didik menjadi tertarik untuk belajar
  4. Memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran dalam ingatan peserta didik.
  1. Kekurangan model pembelajaran tebak kata
  1. Memerlukan waktu yang lama sehingga materi sulit tersampaikan
  2. Bila siswa tidak menjawab dengan benar maka tidak semua siswa dapat maju karena waktu terbatas.
Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Berdasarkan pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tebak sangat menarik dan memudahkan peserta didik dalam menanamkan konsep pebelajaran, namun memerlukan waktu yang cukup lama sehingga materi sulit untuk tersampaikan.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda, jika berkenan silahkan bagikan dan share artikel ini terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.