Pengertian dan Langkah-langkah Metode Synergetic Teaching

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-langkah Metode Synergetic Teaching – Metode sinergetik (Synergetic Teaching) merupakan salah satu metode yang terdapat di dalam Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning Strategy). Sebagaimana yang dikemukakan oleh (Zaini, 2008: 33) “Pembelajaran Aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif”

Metode Synergetic Teaching adalah pembelajaran yang bersinergi yang menghubungkan dua cara belajar yang berbeda. Strategi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara berbeda dengan memebandingkan catatan. Dalam pelaksanaannya peserta didik dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok.

Prinsip Pokok Pembelajaran Aktif

Istiyah (2012: 23) mengemukakan prinsip pokok pembelajran aktif strategi pada metode Syenergetic Teaching, yaitu  Siswa adalah subjek pembelajaran, belajar dengan melakukan sesuatu, pembelajaran berorientasi kelompok, pembelajaran dengan variasi model belajar, guru bukan satu-satunya sumber pengetahuan dan pengalaman, penciptaan interaksi multi arah, pembelajaran dengan melibatkan seluruh pikiran, emosi dan tubuh, pembelajaran harus menyenangkan, santai dan menarik hati, ancangan fisik kelas yang bebas, leluasa, variatif dan pembelajaran dengan model berinteraksi bukan model mengkonsumsi.

Langkah-langkah Metode Pembelajarn Synergetic Teaching

Menurut Zaini (2008: 35) langkah-langkah Pembelajaran Syenergetic Teaching yaitu, Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, guru membagi kelas menjadi dua kelompok, kemudian setiap kelompok dibagi ke tempat yang telah ditentukan, misalnya ada yang di kelas, lapangan atau tempat lainnya, setiap kelompok diberikan masalah mengenai materi pelajaran, guru memeberikan waktu 10-15 menit untuk setiap kelompok berdiskusi, setiap kelompok diminta kembali ke kelas, kemudian semua kelompok dipertemukan (disinergikan) masing-masing kelompok dipasangkan dengan kelompok lain dan selanjutnya, siswa diminta kembali kepada kelompok masing-masing, berikan waktu untuk setiap kelompok mendiskusikannya kembali setelah itu setiap kelompok diminta untuk memepersentasikan hasil kerja kelompok, kemudian guru membalikkan pengalaman belajar siswa dan guru membantu siswa dalam memecahkan permasalahan dalam materi pelajaran, guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan penutup.

Baca Juga:   Pengertian Strategi Pembelajaran Reading Guide

Kelebihan Starategi Synergetic Teaching

Zaini (2008:36) mengatakan bahwa kelebihan strategi Syenergetic Teaching adalah sebagai berikut:

  1. Strategi ini relatif dapat digunakan untuk semua mata pelajaran.
  2. Cocok dikombinasikan dengan strategi lainnya yang relevan.
  3. Strategi ini baik digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman membaca dan mendengarkan siswa.
  4. Dapat diterapkan untuk kelas besar
Kelemahan Starategi Synergetic Teaching

Zaini (2008:36) mengatakan bahwa kelebihan strategi Syenergetic Teaching adalah sebagai berikut:

  1. Guru perlu mengetahui peta tipe belajar siswa agar pengelompokan tepat
  2. Cenderung tidak ada diskusi saat penggabungan kelompok
  3. Kelompok yang diluar tidak menutup kemungkinan hanya bermain-main saja
  4. Guru harus fokus untuk mengawas peserta didik baik yang diluar maupun yang didalam kelas.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian dan Langkah-langkah Metode Synergetic Teaching semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.