Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-langkah Metode Survey,Question,Read,Recite, Review (SQ3R) – Metode SQ3R merupakan suatu prosedur belajar yang sistematik dan bersifat praktik. Metode SQ3R merupakan suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional.

Menurut Huda (2014: 244) yaitu : “SQ3R menurut strategi pemahaman yang membantu siswa berpikir tentangteks yang sedang mereka baca. Seringkali dikategorikan sebagai strategi belajar,SQ3R membantu siswa ‘mendapatkan sesuatu’ ketika pertama kali mereka membaca teks.bagi guru SQ3R membantu mereka dalam membimbing siswa bagaimana membaca dan berpikir layaknya para pembaca efektif”.

Islamudin (2012:179) menjelaskan bahwa pada prinsipnya metode SQ3R digunakan untuk mempelajari teks, artikel ilmiah dan laporan penelitian yang meliputi :

  1. Survey, maksudnya memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasikan seluruh teks.
  2. Question, maksudnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks.
  3. Read, maksudnya membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
  4. Recite, maksudnya menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan.
  5. Review, maksudnya meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersu sun pada langkah kedua dan ketiga.

Syah (2010 :128) menjelaskan bahwa metode SQ3R digunakan untuk mempelajari teks, artikel ilmiah dan laporan penelitian sebagainya yaitu:

  1. Survey, maksudnya memeriksa atau mengidentifikasi seluruh teks.
  2. Question, maksudnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks.
  3. Read, maksudnya membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
  4. Recite, maksudnya menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan.
  5. Review, maksudnya meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah kedua dan ketiga.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa Metode Pembelajaran SQ3R adalah metode yang membantu siswa berfikir tentang teks yang mereka baca sehingga siswa mendapatkan pemahaman ketika pertama kali mereka membaca teks tersebut. Metode SQ3R juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca serta keterampilan dalam meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan.

  1. Manfaat Metode SQ3R

Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan metode SQ3R. Dengan metode ini siswa akan menjadi pembaca aktif dan terarah langsung pada pokok bacaan. (Mintowati, 2006) Manfaat dari metode SQ3R yaitu sebagai berikut:

  1. Survey terhadap bacaan akan memberi kemungkinan pada pembaca untuk menentukan apakah bacaan tersebut sesuai dengan keperluannya atau tidak. Jika memang bacaan itu diperlukan, tentu pembaca akan meneruskan kegiatan bacanya. Jika tidak, pembaca akan mencari bahan lain yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.
  2. Metode SQ3R memberi kesempatan kepada para pembaca untuk berlaku fleksibel. Artinya pengaturan kecepatan membaca untuk setiap bagian bahan bacaan tidaklah harus sama. Pembaca akan memperlambat tempo bacaannya jika menemukan hal-hal yang reletif baru baginya, hal-hal yang memerlukan pemikiran untuk memahaminya, atau mungkin bagian-bagian bacaan yang berisi informasi yang diperlukann pembacan. Sebaliknya, pembaca akan menaikkan tempo kecepatan bacanya, jika bagian-bagian bacaan itu dipandang kurang relevan dengan kebutuhannya atau mungkin bagian tersebut sudah dikenalinya.
  3. Metode SQ3R membekali pembaca untuk belajar secara sistematis.
  4. Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran akan menghasilkan pemahaman yang komprehensif, bukan ingatan. Pemahaman yang komprehensif akan bertahan lebih lama tersimpan di dalam otak, daripada sekedar mengingat fakta.
  5. Metode SQ3R dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar dengan efektif dan efisien apabila dibandingkan dengan belajar tanpa metode.
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Karyawisata

Dari uraian di atas menunjukkan bahwa metode SQ3R cocok digunakan untuk menjembatani siswa meningkatkan keterampilan dalam membaca. Metode ini memungkinkan para siswa untuk belajar membaca pemahaman secara sistematis dari awal sampai akhir kegiatan membaca.

  1. Kelebihan dan Kelemahan Metode SQ3R

Setiap metode pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, begitu juga dengan metode SQ3R. Sehingga ketepatan guru dalam memilih strategi pembelajaran sangat diperlukan agar tidak menjadi kendala yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran guna mencapai tujuan yang ingin dicapai. Adapun kelebihan dan kelemahan metode SQ3R adalah sebagai berikut.

  1. Kelebihan metode SQ3R

Metode SQ3R merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca. Metode SQ3R memiliki kelebihan dalam meningkatkan daya ingat dari pemahaman suatu bacaan. Kelebihan metode pembelajaran SQ3R Menurut Fitria (2011) yaitu sebagai berikut:

  1. Siswa diarahkan untuk terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan.
  2. Siswa berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mendalami isi bacaan atau teks tersebut.
  3. Siswa dapat bekerjasama dalam kelompoknya untuk saling bertukar pendapat dalam memahami konsep materi yang disajikan dalam uraian teks.
  1. Kelemahan metode SQ3R

Dalam penerapan suatu metode pembelajaran pasti tidak akan lepas dari kelemahan. Kelemahan metode pembelajaran SQ3R  yaitu sebagai berikut:

  1. Siswa sulit dikondisikan (ramai) saat berdiskusi denga teman sebangkunya dalam mempelajari teks materi pelajaran.
  2. Tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah siswa yang terlalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal terutama dalam merumuskan pertanyaan.
  1. Langkah – Langkah Metode Pembelajarn SQ3R

Kegiatan membaca melalui metode SQ3R terdiri atas lima langkah yakni survey, question, read, recite dan review.

Menurut Islamuddin (2010: 179-181) langkah-langkah metode SQ3R secara lengkap dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Survey : Dalam melakukan aktivitas survei, membantu dan mendorong siswa untuk memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur teks. Judul bagian (heading) dan judul subbagian (sub-heading), Istilah dan kata kunci, dan sebagainya. Dalam melakukan survei, siswa dianjurkan menyiapkan pensil, kertas, dan alat pebuat ciri (berwarna kuning, hijau dan sebagainya) seperti stabilo untuk menandai bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian penting dan akan dijadikan bahan pertanyaan, perlu ditandai untuk memudahkan proses penyusunan daftar pertanyaan pada langkah selanjutnya.
  2. Question : Memberi petunjuk atau contoh kepada para siswa untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian teks yang telah ditandai pada langkah pertama.jumlah pertanyaan tergantung pada panjang pendeknya teks, dan kemampuan siswa dalam memahami teks yang sedang dipelajari. Jika teks yang sedang dipelajari siswa berisi hal-hal yang sebelumnya sudah diketahui, mungkin mereka hanya perlu membuat beberapa pertanyaan. Sebaliknya, apabila latar belakang pengetahuan siswa tidak berhubungan dengan ini teks, maka ia perlu menyusun pertanyaan sebanyak-banyanya.
  3. Read : Siswa membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Dalam hal ini, membaca secara aktif juga berarti membaca yang difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban-jawan yang diperkirakan relevan dengan pertanyaan tadi.
  4. Recite : Menyebut lagi jawaban-jawaban atas pertanyan-pertanyan yang telah tersusun. Latihlah siswa untuk tidak membuka catatan jawaban. Jika jika sebuah pertanyan tidaksiswa tetap disuruh menjawab pertanyaan berikutnya. Dengan seterusnya, hingga seluruh pertanyaan, termasuk yangbelum terjawab, dapat diselsaikan dengan baik.
  5. Review : Pada langkah teakhir (review) siswa untuk meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.
Baca Juga:   Pengertian Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test

Sedangkan menurut Robinson (Huda,2014: 244) Strategi SQ3R mencakup lima langkah yaitu :

  1. Survey : siswa mereview teks atau bacaan untuk memperoleh makna awal dari judul,tulisan-tulisan yang di blod,dan bagan-bagan.
  2. Question : siswa mulai membuat pertanyaan-pertanyaan tentang bacaan mereka dari hasil survei pertama.
  3. Read : ketika siswa membaca, mereka harus mencari jawan-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka formulasikan saat mereview teks itu sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini,yang didasarkan pada struktur teks, akan membantu konsentrasi dan fokus siswa pada bacaan.
  4. Recite : ketika siswa tengah melewati teks itu, mereka seharusnya membacakan dan mengulangi jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka dan membuat catatan mengenai jawaban mereka untuk pembelajaran selanjutnya
  5. Review : selesai membaca,siswa seharusnya mereview teks itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dengan menginat kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka jawab sebelumnya.

Dari uraian di atas dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa langkah – langkah pembelajaran SQ3R dapat membantu dan mendorong siswa untuk memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh teks sehingga teks tersebut dapat dibaca secara aktif oleh siswa dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan yang telah disusun kemudian meninjau kembali seluruh jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun pada langkah kedua dan ketiga (Review).

  1. Penerapan Metode SQ3R

Proses penerapan metode SQ3R dalam kegiatan pembelajaran membaca menurut Syah (2010: 128-129) adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan teknik SQ3R dilakukan dengan langkah-langkah :
  1. Menyiapkan sebuah wacana yang utuh, logis dan bermakna.
  2. Menyiapkan lembar kerja kepada siswa.
  1. Kegiatan inti dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Survey, guru membantu dan mendorong siswa untuk memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur teks. Tujuannya, agar siswa mengetahui judul, panjangnya teks, istilah, kata kunci, dan sebagainya. Siswa dianjurkan menyiapkan pensil, kertas, dan alat pembuat ciri (berwarna merah,kuning dan sebagainya) warna untuk menandai bagian-bagian penting yang akan dijadikan pertanyaan.
  2. Question, guru memberi petunjuk atau contoh kepada siswa untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian teks. Jumlah pertanyaan bergantung pada panjang-pendeknya teks, dan kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca.
  3. Read, guru menyuruh siswa membaca teks secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Dalam hal ini, membaca secara aktif berarti membaca yang difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban-jawaban yang relevan dengan pertanyaan.
  4. Recite, guru menyuruh siswa untuk menyebutkan lagi jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun. Guru melatih siswa untuk tidak melihat atau membuka catatan jawaban.
  5. Review, guru menyuruh siswa untuk meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.
  1. Tindak lanjut: setelah langkah awal dan kegiatan inti dilaksanakan, dilakukan tindak lanjut yaitu: memberikan pengayaan berupa pemberian tugas yang sama (dengan bahan yang berbeda) yaitu mengerjakan langkah-langkah SQ3R.
Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ)

Berdasarkan uraian di atas, yang dimaksud dengan metode SQ3R pada penelitian ini adalah suatu metode pembelajaran yang sistematik dan bersifat praktik, untuk pembentukan keterampilan membaca secara intensif dan rasional. Implementasi metode ini dengan lima tahapan kegiatan yaitu (1) memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur teks, (2) menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian teks, (3) membaca teks secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun, (4) menyebutkan lagi jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun tanpa melihat atau membuka catatan, dan (5) meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian dan Langkah-langkah Metode Survey,Question,Read,Recite, Review (SQ3R) semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share artikel ini. Untuk mendukung blog ini agar selalu menampilkan artikel seputar pembelajaran dan pendidikan silahkan berdonasi dengan mengklik iklan yang ada pada blog ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.