Pengenalan jQuery

Diposting pada

jQuery, adalah library atau sekumpulan kode javascript siap pakai untuk memanipulasi elemen HTML dengan mudah dan cepat. Anda dapat mendownload jQuery di situs resminya http://www.jquery.com. Untuk menggunakan jQuery, Anda diharuskan menyertakan jQuery dengan menggunakan tag Script.

<script type=‚text/javascript‛ src=‚jquery.js‛></script>

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan jQuery untuk memanipulasi HTML, tambahkan kode berikut pada kode HTML anda

<script type=‚text/javascript‛ src=‚jquery.js‛></script>
<script>
$(document).ready(function(){
$(‚body‛).CSS(‘background-color’,’red’);
});
</script>

Penjelasan Script :

$(document).ready(function(){

});

Block kode ini memastikan script dijalankan setelah file HTML selesai dimuat.

$(body).CSS(‘background-color’,’red’);

Script tersebut akan merubah warna body dengan menambahkan atribut style yang memiliki nilai “background-color:red”.

jQuery Plugin

jQuery Plugin adalah plugin/suplemen untuk menambah fungsionalitas dari jQuery. Plugin ini biasanya dibuat untuk memudahkan pengguna dalam membuat suatu aplikasi. Salah satunya adalah membuat Slider, Slideshow dan lain sebagainya.

Anda tinggal memanggil library plugin jquery tersebut seperti anda memanggil file javascript, selanjutnya tinggal memanggil fungsi yang disediakan oleh library tersebut.
Sebagai contoh, ada sebuah plugin jQuery Slider dan kita akan menerapkannya pada elemen HTML yang memiliki id slider, Plugin tersebut menyediakan fungsi “slider()” untuk membuat markup HTML kita menjadi sebuah slider. jadi anda tinggal mengetikkan script berikut :

$(‚#slider‛).slider();

Anda dapat mencari plugin-plugin jQuery yang anda butuhkan di internet atau anda dapat mencari sebagian plugin jquery di http://www.jquery4u.com/plugins/.

Baca Juga:   Membuat Web Chat Menggunakan Ajax

Sekian dulu postingan tentang pengenalan jQuery pada postingan selanjutnya dan jika ada waktu saya akan bahas tentang kasus penambahan jQuery Slider. Terima kasih semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.