Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu

Diposting pada

Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu – Menurut Juniadi (2010) menyatakan bahwa konsep dasar ekonomi menyebutkan ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia daam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut pada akhirnya menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Kata ekonomi berasal dari dari kata Yunani Oikos yang berarti keluarga, rumah tangga dan nomos atau peraturan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga, sedangkan yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonomi adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Secara umum, subjek dalam ekonomi dapat dibagi beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi dan makroekonomi.

Ekonomi merupakan ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Pada umumnya ekonomi yang kita pelajari berkaitan dengan perkembangan ekonomi sehari-hari. Pembelajaran yang mengaplikasikan dalam kehidupan nyata bagi semua lapisan masyarakat. Akan memberikan kemudahan bagi semua manusia.

Ada sebuah peningkatan trend untuk mengaplikasikan ide dan metode ekonomi dalam konteks yang lebih luas. Fokus analisa ekonomi adalah ”pembuatan keputusan” dalam berbagai bidang dimana orang dihadapi pada pilihan-pilihan misalnya bidang pendidikan, pernikahan, kesehatan, hukum, kriminal, perang dan agama.

Secara umum pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk menciptakan kondisi-kondisi atau mengatur sedemikian rupa, sehingga terjadi interaksi antara murid dengan lingkungan, termasuk guru, alat pelajaran dan sebagainya yang disebut proses belajar, sehingga tercapai tujuan pelajaran yang ditentukan. Untuk mencapai tujuan pelajaran yang diinginkan maka perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak sehingga tujuan tersebut dapai dicapai dengan baik.

Baca Juga:   Pengertian Teks atau Naskah Drama

Pengertian pembelajaran sebagaimana tercantum dalam undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional adalah:

”suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran adalah usaha sadar guru untuk membantu siswa atau anak didik, agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya”.

Ciri-ciri pembelajaran adalah sifat atau keadaan yang khas dimiliki oleh kegiatan pembelajaran, dengan demikian ciri-ciri pembelajaran akan membedakan pembelajaran dengan kegiatan lain yang bukan pembelajaran. Ciri-ciri pembelajaran adalah sebagai berikut :

  1.   Pembelajaran dilaksanakan secara sadar dan direncanakan secara sistematis.
  2. Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar.
  3.    Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa.
  4. Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik.
  5.    Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa.
  6.    Pembelajaran dapat membuat siswa siap menerima pelajaran, baik secara fisik maupun psikologis.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia daam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut padaakhirnya menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Demikian ulasan singkat tentang Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga:   Analisis Kebutuhan Proses Pembelajaran Di Laboratorium Atau Bengkel Diklat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.