Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Diposting pada

Menurut de decce dan grawford (1974) ada empat funsi guru sebagai pengajar yang berhubungan dengan cara pemiliharaan dan peningkatan motivasi belajar anak didik, yaitu guru harus dapat menggairahkan anak didik, memberikan harapan yang realitas, memberikan isentif, dan mengarahkan perilaku anak didik ke arah yang menunjang tercapainya tujuan pengajar Syaiful Hahri Djamarah (2002:135).

  1. Menggairahkan Anak Didik

Dalam kegiatan rutin sehari-hari guru harus berusaha menghindari hal-hal yang monoton dan membosankan. Ia harus selalu memberikan kepada anak didik cukup banyak hal-hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan. Guru harus selalu memilihara minat anak didik dalam belajar, yaitu dengan memberikan kebebasan tertentu untuk berpindah dari suatu aspek ke lain aspek pelajaran dalam situasi belajar. Discovery learning dan metode sumbang saran (brain storming) memberikan kebebasan semacam ini. Untuk dapat miningkatkan kegairahan anak didik, guru harus mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai disposisi awal setiap anak didiknya.

  1. Memberikan Harapan Realitas

Guru harus memelihara harapan-harapan anak didik yang realitas dan memodifikasi harapan-harapan yang kurang atau tidak realistis. Untuk itu guru perlu memeliki pengetahuan yang cukup mengenei keberhasilan atau kegagalan akademis setiap anak didik di masa lalu. Dengan demikian, guru dapat membedakan antara harapan-harapan realistis, pesimistis, atau terlalu optimis. Bila anak didik telah banyak mengalami kegagalan, maka guru harus memberikan sebanyak mungkin keberhasilan kepada anak didik. Harapan yang diberikan tentu saja terjangkau dan dengan pertimbangan yang matang. Harapan yang tidak realistis adalah kebohongan dan itu yang tidak disenangi anak didik. Jadi, jangan coba-coba menjual harapan munafik bila tidak ingin dirugikan oleh anak didik.

Baca Juga:   Pengertian dan Tata Cara Penelitian Kuantitatif

  1. Memberikan Insentif

Bila anak didik mengalami keberhasilan, guru diharapkan memberikan hadiah kepada anak didik (dapat berupa pujian, angka yang baik, dan sebagainya) atas keberhasilannya, sehingga anak didik terdorong untuk memberikan usaha lebih lanjut guna mencapai tujuan-tujuan pengajaran. Bentuk-bentuk motivasi belajar sebagaimana diuraikan di depan merupakan motivasi ekstrinsik.

  1. Mengarahkan Perilaku Anak Didik

Mengarahkan perilaku anak didik adalah tugas guru. Di sini kepada guru dituntut untuk memberikan respons terhadap anak didik yang tak terlibat langsung dalam kegiatan belajar di kelas. Cara mengarahkan perilaku anak didik adalah dengan memberikan penugasan, bergerak mendekati, memberikan hukuman yang mendidik, menegur dengan sikap lemah lembut dan dengan dengan perkataan yang ramah dan baik.

Seperti dikutip oleh Gage dan Barliner (1979), French dan Raven (1959) menyarankan sejumlah cara meningkatkan motivasi anak didik tanpa harus melakukan reorganisasi kelas secara besar-besaran yaitu dengan cara:

  1. Pergunakan pujian verbal
  2. Pergunakan tes dan nilai secara bijaksana
  3. Membangkitkan rasa ingin tahu dan hasrat eksplorasi
  4. Melakukan hal yang luar biasa
  5. Merangsang hasrat anak didik
  6. Memanfaatkan apersepsi anak didik
  7. Terapkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam konteks yang unik dan luar biasa agar anak didik lebih terlibat dalam belajar
  8. Pergunakan simulasi dan permainan
  9. Perkecil daya tarik sistem motivasi yang bertentangan serta perkecil konsekuensi-konsekuensi yang tidak menyenangkan terhadap anak didik dari keterlibatannya dalam belajar.
Baca Juga:   Jenis-Jenis Instrumen Penelitian

Berdasarkan uraian-uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar merupakan tujuan dalam mencapai perubahan untuk pencapaian prestasi belajar yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip cara pencapaiannya.

Demikian artikel singkat ini semoga dapat bermanfaat bagi anda dan jika berkenan silahkan bagikan/share artikel ini. Untuk mendukung blog ini agar tetap online dan selalu memberikan artikel seputar pembelajaran dan pendidikan silahkan berdonasi dengan mengklik iklan yang ada pada blog ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.