Semantik HTML

Diposting pada

Sebuah dokumen HTML tidak lain adalah kumpulan dari tag-tag HTML dan seperti yang telah anda ketahui bahwa HTML adalah bahasa untuk me-markup atau mem-format suatu dokumen. HTML BUKAN untuk membuat bagaimana dokumen tersebut ditampilkan. Sama halnya dengan aplikasi pengolah kata, formating yang dilakukan pada suatu dokumen ditujukan untuk memberikan makna-makna tersendiri pada setiap kata-kata yang di olahnya.
Misalnya, ketika suatu teks ditampilkan miring, biasanya ada makna tertentu pada teks tersebut, seperti pada pertanyaan berikut :

“Berikut ini adalah tag-tag HTML, kecuali :”

Kata “kecuali” di sana diberi format miring karena penulis ingin menegaskan bahwa jawaban yang benar adalah yang bukan tag HTML. Jika kalimat pertanyaan tersebut dibaca, biasanya akan ada perbedaan intonasi pada kata “kecuali”.
Dalam HTML, terdapat dua tag yang dapat membuat suatu teks miring yakni tag <em> dan <i>. Lalu apa perbedaan kedua tag tersebut?

Jika kita sangkutpautkan pertanyaan ini dengan contoh kasus di atas, penggunaan tag <em> untuk memiringkan kata “kecuali” adalah cara yang benar. Mengingat tag <em> ini memang berfungsi untuk memberikan tekanan pada suatu teks (emphasis). Berbeda dengan tag <i> yang hanya berfungsi untuk menampilkan teks menjadi miring tanpa ada makna sama sekali.

  • Maksud Semantik dalam HTML

Semantik berarti makna yang terkandung dari suatu kata. Dalam HTML, semantik berarti makna yang terkandung dari suatu tag HTML. Seperti pada contoh kasus sebelumnya, penggunaan tag <em> lebih memiliki nilai semantik dari pada tag <i>. Pada dasarnya, Gunakanlah tag-tag HTML sesuai dengan maksud/fungsi dari tag HTML tersebut, Jangan menggunakan suatu tag HTML karena tag tersebut memiliki penampilan berbeda. Misalnya, penggunaan tag <table>. Tag ini berfungsi untuk membuat suatu tabel atau data tabular, penggunaan diluar itu adalah salah, seperti penggunaan tag table untuk pembuatan layout web.

Baca Juga:   Pengenalan Javascript

Untuk mengetahui fungsi dari setiap tag HTML anda dapat membacanya di http://www.w3schools.com/tags/default.asp.

  • Pentingkah Semantik?

Penulisan dokumen HTML yang semantik ditujukan agar dokumen HTML dapat dipahami oleh komputer, karena pada dasarnya cara berfikir komputer berbeda dengan cara berfikir manusia.

Manusia bisa memahami suatu dokumen dengan adanya tanda baca, atau formatting (seperti teks miring tebal). Berbeda dengan komputer, dan pada kasus ini tag-tag HTML lah yang menjadi tanda baca yang akan membantu komputer untuk memahami dokumen HTML.

Kembali kepada penting tidaknya semantik, boleh jadi dokumen yang semantik dapat mempermudah sistem komputer untuk mengolah informasi dalam dokumen untuk keperluan tertentu, misalnya untuk keperluan Mesin Pencarian (Search Engine) agar hasil pencarian lebih akurat dan sesuai dengan yang diinginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.