Pengertian Model Pembelajaran Questions Students Have

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Questions Students HaveQuestions Students Have adalah suatu variasi dari pembelajaran aktif yang berarti pertanyaan siswa Questions Students Have yang tidak menakutkan, yang dapat dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan harapan peserta didik, teknik ini menggunakan elisitasi dalam memperoleh partisipasi peserta didik secara tertulis (Zaini, dkk, 2008 : 17).

Salah satu model yang saat ini populer dalam pembelajaran adalah Model Pembelajaran Questions Students Have ini merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling asah. Model pembelajaran Questions Students Have adalah suatu metode belajar yang menggunakan cara berpikir kreatif dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis.

Model Pembelajaran ini mengandalkan pikiran sebagai media dalam proses pembelajaran. Cara berpikir kreatif ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan jawaban atas pertanyaan dari siswa yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu tulisan atau dalam bentuk lainnya.

  • Langkah-Langkah Model Pembelajaran  Questions Students Have

Langkah-langkah pembelajaran dengan model  Questions Students Have adalah sebagai berikut :

(Hisyam Zaini 2008 : 17)

  1. bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada peserta didik.
  2. Minta setiap peserta didik untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan materi pelajaran, atau yang berhubungan dengan kelas. (tidak perlu menuliskan nama).
  3. Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing-masing diminta untuk memberikan kepada teman di samping kirinya. Jika posisi duduk peserta didik adalah lingkaran, nantinya akan terjadi gerakan perputaran kertas searah jarum jam. Jika posisi duduk berderet, sesuaikan dengan posisi mereka asalkan semua peserta didik dapat giliran untuk membaca semua pertanyaan dari teman-temannya.
  4. Pada saat menerima kertas dari teman disampingnya, mereka diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin dia ketahui jawabannya, maka dia harus memberi tanda centang(√), jika tidak berikan langsung kepada teman di samping kanannya.
  5. Ketika kertas pertanyaan tadi kembali kepada pemiliknya, peserta didik diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada saat ini carilah pertanyaan yang mendapat tanda centang paling banyak.
  6. Beri respon kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan ; a) jawaban langsung secara singkat, b) menunda jawaban sampai pada waktu yang tepat atau waktu membahas topic tersebut, c) menjelaskan bahwa pelajaran ini tidak akan sampai membahas pertanyaan peserta didik tersebut. Jawaban secara pribadi dapat diberikan di luar kelas.
  7. Jika waktu cukup, minta beberapa orang peserta didik untuk membacakan pertanyaan yang dia tulis meskipun tidak mendapatkan tanda centang yang banyak kemudian beri jawaban.
  8. Kumpulkan semua kertas. Besar kemungkinan ada pertanyaan-pertanyaan yang akan peserta didik jawab pada pertemuan berikutnya.
  • Keunggulan Model Pembelajaran  Koopertif tipe Questions Students Have.

Menurut Hartono (seregar, 2010 : 8 )

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajran Think Talk Write

  1. Pelaksanaan proses pembelajaran ditekankan pada keaktifan belajar siswa dan keaktifan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang serasi dan menantang pola interaksi siswa.
  2. Siswa termotivasi dalam belajar dan siswa akan mendapat kemudahan dalam menerima dan memahami materi yang diajarkan karena terjadi timbale balik antara guru dan siswa.
  3. Mendapat partisipasi siswa melalui tulisan, sehingga sangat baik bagi siswa yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapan melalui percakapan.
  4. Siswa tidak hanya mendengarkan tetapi perlu membaca, menulis berdiskusi dan mendorong siswa untuk berpikir dalam memecahkan suatu soal.
  5. Dapat menjaga perhatian siswa agar tetap tertuju pada proses pembelajaran, memperkuat dan memperlancar stimulus respon siswa.
  6. Guru lebih mengetahui dimna letak ketidak pahaman siswa, karena semua siswa sudah mengajukan pertanyaan dan akan didiskusikan.
  • Kelemahan Model pembelajaran koopertif tipe Questions Students Have.

Menurut Hartono (seregar, 2010 : 8 )

  1. Memakan waktu yang banyak.
  2. Tidak semua materi bisa digunakan model pembelajaran questions student have, misalnya: pada materi pelajaran singkat karena tidak terlalu banyak pertanyaan yang akan diajukan siswa.

Demikian artikel singkat tentang  Pengertian Model Pembelajaran Questions Students Have semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika anda berkenan mohon share/bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

2 thoughts on “Pengertian Model Pembelajaran Questions Students Have

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.