Perbedaan Proxy Server dan Firewall

Diposting pada
Firewall serta proxy server yaitu dua teknologi yang amat kerap nampak saat bicara perihal internet. keduanya memiliki fungsi yang amat serupa, yaitu sebagai gateway yang membolehkan paket data untuk hingga ke tujuan. meski demikianlah, ada satu perbedaan mendasar pada firewall serta proxy server. tujuan utama dari firewall yaitu untuk menghindar orang yang berwenang untuk membangun koneksi serta memperoleh akses ke jaringan anda. sebaliknya, tujuan utama proxy server yaitu untuk melakukan tindakan sebagai relay untuk memfasilitasi jalinan pada dua titik.
 
Sesungguhnya, proxy server juga dapat berperan sebagai firewall bila diatur sedemikian rupa. proxy server bisa memeriksa paket yang dikirim serta di terima, lantas memblokir atau membolehkan paket bergantung pada aturan yang sudah ditetapkan.

Berkenaan fungsinya, kerap kita tengok firewall sebagai teliti poin pada jaringan lokal serta jaringan publik. jalan raya keluar diperbolehkan sesaat jalan raya masuk yang tidak di idamkan umumnya diblokir. anda juga bisa mendapatkan proxy server di konfigurasi ini. namun, juga sering lihat proxy server yang mempunyai internet di ke-2 segi. ini dimaksud proxy terbuka ( open proxy ). 
 
Layaknya sudah dinyatakan diatas, firewall berperan sebagai filter
Untuk menyaring keinginan sambungan yang barangkali beresiko membuat perlindungan jaringan internal dari jaringan publik atau internet. walau proxy server mempunyai banyak manfaat, yang sangat umum sekarang ini yaitu untuk berikan anonimitas untuk pengguna internet. dikarenakan proxy server yang lakukan kontak dengan website yang pengguna kunjungi, alamat ip serta informasi kredensial yang lain tidak terungkap. hingga proxy server, kerap digunakan orang untuk terhubung website situs yang diblokir didalam jaringan mereka. bila administrator jaringan anda memblokir website layaknya facebook, gunakan proxy server dapat mengakali blokir tersebut dikarenakan anda memakai rute tidak segera melalui proxy server.
Ringkasan Penting :
1. Firewall dapat memblok koneksi sesaat proxy server memfasilitasi koneksi
2. Proxy server juga bisa melakukan tindakan sebagai firewall
3. Firewall kerap didapati sebagai antarmuka pada jaringan publik serta privat sesaat proxy juga dapat didapati di antara dua jaringan publik
4. Firewall dipakai membuat perlindungan jaringan internal pada serangan, tengah proxy server dipakai untuk anonimitas serta untuk bypass pembatasan
Baca Juga:   Cara Browsing Secara Anonymous

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.