Pentingnya Backlink Untuk Meningkatkan PageRank

Diposting pada

Backlink adalah link dari suatu website ke situs web lain, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dari titik tertentu di internet ke halaman yang anda cari di dalam browser Anda. Backlink merupakan salah satu kata yang paling banyak digunakan dalam optimasi mesin pencari, karena backlink membuat dampak besar pada keunggulan sebuah website dalam hasil pencarian di mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa backlink dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO sebuah website. Search engine menghitung peringkat menggunakan beberapa faktor untuk menampilkan hasil pencarian. Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak bobot backlink memberikan hasil di mesin pencari, namun yang pasti adalah bahwa backlink sangatlah penting untuk SEO dan kesuksesan bisnis online Anda.

Berikut dibawah ini adalah daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink yang perlu Anda ketahui :

Link Juice: Ketika sebuah halaman web nge-link ke artikel atau beranda situs web Anda atau link masuk ini sering disebut sebagai inbound link. Link juice ini dapat membantu peringkat artikel, dan juga meningkatkan otoritas domain.

Nofollow Link: Ketika sebuah situs web link ke website lain, tetapi link memiliki tag nofollow, link ini tidak dianggap sebagai link juice. link nofollow tidak berguna mengenai peringkat halaman, karena mereka tidak memberikan kontribusi apa-apa. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan. Contoh: Link dari komentar di blog lain.

Baca Juga:   Pengertian Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Dofollow link: Secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow atau link mengikuti, dan ini lulus link juice.

Linking Root Domain: Link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Bahkan jika sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali, itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.

Low-QualityLink: link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs dipanen, situs otomatis, situs spam atau bahkan situs-situs porno. link tersebut melakukan jauh lebih berbahaya daripada baik. Ini adalah salah satu alasan Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.

Internal Link: Link yang pergi dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut link internal, dan proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Seperti Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya.

Anchor Text: Teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan Anchor text bekerja besar ketika Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

Diatas adalah beberapa istilah mengenai link yang sering disebut dalam backlink. Perlu Anda ketahui bahwa backlink harus didapat secara alami, ini berarti bahwa sebuah situs web tidak harus menggunakan cara-cara buatan untuk membuat backlink untuk website anda. Kualitas link adalah jauh lebih penting daripada kuantitas. Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda dari menulis artikel yang bermanfaat yang menjadikan blogger lain memasukkan blog Anda sebagai sumber tulisan Anda, atau bisa dengan cara berkomentar di blog yang relevan dan men-submit url anda ke direktori web.

Baca Juga:   Koneksi Ajax dengan Server MySQL

Contoh: Situs Web A adalah sebuah restoran dan mendapat backlink dari website B yang terkemuka yang membahas tentang ulasan makanan. Ini adalah backlink yang berharga, alami, dan relevan yang diperoleh Website A.

Karena pentingnya backlink, ada banyak praktek-praktek buruk diikuti oleh pemilik website untuk mendapatkan backlink. Beberapa praktek-praktek buruk adalah: Membeli backlink yang tidak berkualitas, jaringan pertukaran link, menjual backlink tapi tidak memperdulikan relevansi, dll Sebagian besar praktik-praktik ini tidak dianjurkan oleh mesin pencari. Website atau blog yang melakukan hal ini biasanya mendapatkan hukuman dari mesin pencari yaitu de-index dan menghukum situs yang diduga terlibat dalam praktek-praktek penanaman backlink tersebut.

Beberapa alasan mengapa backlink penting:

  • Backlink memiliki dua dampak yaitu dampak buruk dan baik untuk situs anda, tergantung pada sentimen dan relevansi link. Jadi, jika link mengarahkan ke halaman yang memiliki kualitas rendah, ini berdampak negatif pada halaman anda sendiri.
  • Pengguna dapat melakukan kunjungan kesitus anda melalui link, begitu juga web crawler yang membantu indeks web untuk mesin pencari. karena itu Links pada dasarnya terkait untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda.
  • Backlink menjadi penguat halaman anda untuk hasil lebih baik di mesin pencari.

World Wide Web, atau “web” untuk jangka pendek adalah jaringan dari halaman web yang terhubung satu sama lain melalui hyperlink. Setiap hyperlink yang menghubungkan ke dokumen baru menambah pertumbuhan keseluruhan web. Search engine membuatnya mudah bagi anda untuk menemukan halaman web tersebut. Sebuah halaman web dihubungkan oleh banyak halaman web lain di topik yang sama dianggap lebih baik dan berharga. Jadi backlink tidak hanya penting untuk situs Web untuk mendapatkan rasa hormat, Backlink juga penting untuk mesin pencari dan keseluruhan dari seluruh world wide web.

Baca Juga:   Pengenalan Javascript

Pada admin dashboard WordPress juga memiliki widget berjudul Incoming Links. Widget ini menampilkan link ke website dari situs-situs lain, terutama blog. Menggunakan hasil pencarian Google blog untuk menampilkan link. Ada alat checker backlink gratis lainnya tersedia secara online yang dapat digunakan untuk melihat berapa banyak halaman yang menghubungkan ke halaman tertentu.

Demikian Artikel tentang Pentingnya Backlink Untuk Meningkatkan PageRank semoga dapat dijadikan referensi dan jika berkenan silahkan share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.