Pengertian Strategi Pembelajarann Active Knowledge Sharing

Diposting pada

Pengertian Strategi Pembelajarann Active Knowledge Sharing – Menurut Silberman (2016: 100) mengatakan bahwa, “ini merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang anda ajarkan. Anda juga dapat menggunakan untuk menilai tingkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim. Cara ini cocok pada segala ukuran kelas dan dengan materi pelajaran apapun.

Active knowledge sharing juga dapat membentuk siswa dalam kerja sama tim dalam diskusi (bertukar pengetahuan) dan dapat membuat siswa siap materi terlebih dahulu karena sebelum materi diajarkan siswa diberikan pertanyaan terlebih dulu yang berkaitan dengan materi. Jadi Active Knowledge Sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya guru menyampaikan topik-topik yang penting dari hasil pengerjaan  siswa dalam berbagi pengetahuan pada mata pelajaran tersebut.

  1. Langkah–langkah Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing

Dr. Melvin L. Silberman (2016: 100-101) mengemukakan bahwa, langkah berikut pada strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing

  1. Sediakan daftar pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaraan yang anda akan ajarkan. Anda dapat menyertakan berberapa atau semua dari kategori-kategori berikut ini:
  1. Kata-kata untuk didefinisikan (misalnya, “Apa arti ‘ambivalen)
  2. Pertanyaan pilihan ganda mengenai fakta atau konsep (misalnya, “Tes psikologi baru absah jika ia (a) secara konsisten mengukur atribut dan (b) mengukur apa yang memang hendak ia ukur.”)
  3. Orang yang hendak diidentifikasi (misalnya,”Siapakah George Washington Carver?”)
  4. Pertanyaan-pertanyaan tentang tindakan yang bisa di ambil oleh seseorang dalam situasi tertentu (misalnya.,”Bagaimana anda mendaftarkan diri untuk mendapatkan hak pilih?”)
  5. Kalimat tidak lengkap (misalnya, mengidentifikasi kategori dasar dari tugas yang dapat kalian kerjakan menggunakan program komputer.”)
Baca Juga:   Pengertian dan Ciri-Ciri Pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP)

Sebagai contoh, seorang guru sejarah dapat memulai pengajarannya tentang abad ke-20 dengan membagikan kuis berikut ini:

  1. Apa yang terjadi dalam tahun-tahun berikut ini: 1928, 1945, 1965, 1998?
  2. Kenali nama-nama berikut ini:

Mccarthy (Joseph dan Eugene)

  1. Menurut pendapat kalian, peristiwa terpenting apakah yang terjadi dalam abad ke-20?
  1. Perintahkan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebaik yang mereka bisa.
  2. Kemudian perintahkan mereka untuk menyebar didalam ruangan, mecari siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang mereka sendiri tidak tahu cara menjawabnya. Doronglah siswa untuk saling membantu.
  3. Perintahkan mereka untuk kembali ke tempat semula dan bahaslah jawaban yang mereka dapatkan. Isilah jawaban yang tak satupun siswa menjawabnya. Gunakan informasi ini sebagai cara untuk memperkenalkan topik-topik penting dalam mata pelajaran anda.
  1. Kelebihan dan Kekurangan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing

Kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing

  1. Kelebihan strategi Active Knowledge Sharing

Strategi belajar  Active Knowledge Sharing juga memiliki kelebihan. Seperti yang dinyatakan oleh Silberman (2011: 101) menambahkan keunggulan strategi belajar ini adalah, “siswa dapat meminta bantuan siswa yang lain untuk membantu menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab dan bisa divariasikan dengan pemberian kartu indeks pada tiap siswa  untuk menuliskan informasi baru dari materi yang telah dipelajari”.

  1. Kekurangan strategi Active Knowledge Sharing

Sebagai salah satu dari berbagai banyaknya strategi belajar aktif. Active Knowledge Sharing juga terdapat kekurangan. Namun kekurangan strategi belajar  Active Knowledge Sharing semata-mata hanya suatu kekhawatiran. Kekhawatiran itu meliputi kondisi saat pembelajaran yang bisa berubah dari yang semestinya. Misalnya kegiatan belajarnya hanya merupakan kumpulan" kegembiraan dan permainan", berfokus pada aktivitas itu sendiri sampai-sampai siswa tidak memahami apa yang siswa pelajari, serta proses pembelajarannya menyita banyak waktu.

Baca Juga:   Pengertian Strategi Pembelajaran Reading Guide

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Strategi Pembelajarann Active Knowledge Sharing semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.