Pengertian Statistik

Diposting pada

Pengertian Statistik – Pada hakekatnya statistik merupakan alat bantu untuk menggambarkan suatu kejadian atau keadaan dalam bentuk yang simpel atau sederhana dan efisien, baik melalui angka-angka (secara kuantitatif), maupun melalui garifik atau diagram. Dalam peranannya sebagai alat bantu, keterandalan statistik masih sangat bergantung dari pemakainya. bila pemakainya dapat memilih teknik statistik yang tepat serta memiliki kemampuan yang baik, maka hasil penggambarannya juga akan baik dan bermanfaat secara optimal.

Tetapi sebaliknya bila pemakainya kurang memiliki kemampuan memilih teknik yang tepat serta memiliki memampuan yang kurang, maka hasil penggambarannya juga kurang baik, kurang tepat, dan kurang fungsional, Dalam kaitan dengan penelitian, kata statistik diartikan sebagai cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas dan menyajikan data penelitian. Lebih dari itu statistik juga merupakan cara untuk mengolah data tersebut dan menarik kesimpulan yang diteliti dan keputusan-keputusan yang logis berdasarkani data tersebut.

Di samping itu, kata statistik juga dapat digunakan untuk menunjuk angka-angka pencatatan dari suatu kasus atau kejadian tertentu, misalnya:

  • Statistik kelahiran dan kematian peduduk
  • Statistik angka kelulusan dan drop-out siswa pada sekolah tertentu
  • Statistik kecelakaan lalu lintas pada tahun tertentu
  • Statistik Nikah-Talak-Rujuk (NTR) pada periode tertentu
  • Statistik kemajuan perusahaan, dan sebagainya..

Berdasarkan uraian tentang pengertian statistik di atas dapat disimpulkan, bahwa statistik merupakan sekumpulan cara yang simpel dan efesien untuk mengumpulkan, menyusun, mengolah, menganalisis, dan menarik kesimpulan serta membuat keputusan berdasarkan data yang ada secara kuantitatif

Baca Juga:   Pengertian Analysis of Variance (ANOVA)

Karakteristik Statistik

  • Selalu bekerja dengan angka-angka atau bilangan. Untuk dapat menjalankan fungsinya, statistik memerlukan bahan keterangan (data) dalam bentuk angka.
  • Statistik bersifat obyektif, artinya statistik selalu bekerja menurut obyeknya. Kesimpulan-kesimpulan yang dihasilkan, dan juga ramalan (prediksi) yang dikemukakan oleh statistik semata-mata didasarkan atas data yang dihadapi dan diolah, bukan didasarkan atas subyektivitas penggunanya.
  • Statistik menggunakan logika induktif, artinya dalam menjalankan fungsinya sebagai alat bantu dalam mendeskripsikan suatu kejadian atau keadaan, kesimpulan yang dihasilkan statistik selalu didasarkan atas kasus-kasus khusus kemudian digeneralisasikan menjadi kesimpulan uang bersifat umum.
  • Statistik bersifat universal, artinya ruang lingkup bidang garapan statistik tidak hanya terbatas pada satu bidang tertentu saja, melainkan dapat digunakan dalam hampir semua semua kegiatan atau segi kehidupan manusia.

Jenis Statistik

Apabila dikaitkan dengan fungsi statistik sebagai teknik analisis data, maka jenis statistik dapat dibedakan menurut :

  • banyaknya variabel yang dianalisis,
  • dan menurut tujuan penggunaan statistik tersebut dalam penelitian

DILIHAT DARI BANYAK VARIABEL YANG DIANALISIS

1.Analisis data statistik untuk satu variabel, dinamakan analisis univariat;
2.Analisis data statistik untuk dua variabel, dinamakan analisis bivariat;
3.analisis data statistik untuk lebih  dari  dua variabel,   dinamakan analisis    multi variat.

 DILIHAT DARI TUJUAN PENGGUNAAN STATISTIK

1.STATISTIK DESKRIPTIF; yaitu statistik yang digunakan unutk menyusun, merangkum, dan menggambarkan (mendeskripsikan) data penelitian yang diolah; dan
Baca Juga:   Pengambilan Sampel dalam Penelitian
2.STATISTIK INFERENSIAL;  yaitu statistik yang digunakan dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam membuat induksi, konklusi atau kesimpulan guna melakukan generalisasi terhadap hasil analisis data penelitian yang dilakukan.

FUNGSI STATISTIK DALAM PENELITAN 

1.Statistik memungkinkan pencatatan secara paling eksak data penelitian.
2.Statistik memaksa peneliti menganut tata-fikir dan tata kerja yang definitif dan eksak.

3.Statistik menyediakan cara-cara meringkas data ke dalam bentuk yang lebih banyak artinya dan lebih gampang mengerjakannya.

4.Statistik memberi dasar-dasar untuk menarik kongklusi-kongklusi melalui proses-proses yang mengikuti cara yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan.

5.Statistik memberi landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang bagaimana sesuatu gejala akan terjadi dalam kondisi-kondisi yang telah diketahui, dan

6.Statistik memungkinkan peneliti menganalisis, menguraikan sebab-akibat yang kompleks dan rumit, yang tanpa statistik akan merupakan peristiwa yang membingungkan, kejadian yang tak teruraikan.

 FUNGSI STATISTIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

1.Memperoleh gambaran secara umum dan khusus tentang sesuatu gejala, keadaan atau peristiwa kependidikan;

2.Mengikuti perkembangan tentang gejala, gejala keadaan atau peristiwa kependidikan dari waktu ke waktu;

3.Membaca data kependidikan yang telah terkumpul, sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat;

Melihat ada tidaknya perbedaan antara gejala kependidikan yang satu dengan lainnya dan apakah perbedaan itu berarti; Melihat ada tidaknya hubungan antara gejala (variabel) kependidikan yang satu dengan lain; Melakukan interpretasi atas data kependidikan yang terkumpul dan membuat prediksi untuk waktu yang akan datang serta memberikan jalan keluar yang mungkin dapat dilakukan; Menyusun laporan kependidikan secara teratur, ringkas dan jelas.

Baca Juga:   Uji Asumsi Klasik

KESIMPULAN

1.Bahwa statistik memiliki fungsi sebagai alat bantu yang memungkinkan seseorang bekerja dalam berbagai bidang secara lebih teratur, eksak, teliti, efektif dan efisien serta memudahkan seseorang untuk melakukan kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan
2.Statistik juga dapat membantu seseorang membuat induksi dan prediksi keadaan dimasa yang akan datang secara lebih tepat dan rasional atau lebih dapat diterima oleh akal pikiran manusia.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Statistik, semoga dapat dijadikan referensi bagi anda dan jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.