Pengertian Rancangan Penelitian Kualitatif

Diposting pada

Pengertian Rancangan Penelitian Kualitatif – Rancangan atau desain penelitian dalam arti sempit dimaknai sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data penelitian. Dalam arti luas rancangan penelitian meliputi proses perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Dalam rancangan perencanaan dimulai dengan mengadakan observasi dan evaluasi terhadap penelitian yang sudah dikerjakan dan diketahui, sampai pada penetapan kerangka konsep dan hipotesis penelitian yang perlu pembuktian lebih lanjut. Rancangan pelaksanaan penelitian meliputi proses membuat percobaan ataupun pengamatan serta memilih pengukuran variabel, prosedur dan teknik sampling, instrumen, pengumpulan data, analisis data yang terkumpul, dan pelaporan hasil penelitian.

Rancangan penelitian sebagai usaha merencanakan kemungkinan-kemungkinan tertentu secara luas tanpa menunjukkan secara pasti apa yang akan dikerjakan dalam hubungan dengan unsurnya masing-masing. Moleong (2004: 236) mengartikan rancangan penelitian sebagai usaha merencanakan dan menentukan segala kemungkinan dan perlengkapan yang diperlukan dalam suatu penelitian kualitatif yang terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.

  1.  Tahap Pra-lapangan. Pada tahap Pra-Lapangan ini terdapat tujuh tahap kegiatan yag harus dilakukan oleh peneliti yaitu: menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan penelitian, mengurus perizinan, menjajaki dan menilai lapangan, memilih dan memanfaatka informan, menyiapkan perlengkapan penelitian, dan persoalan etika penelitian.
  2. Tahap Pekerjaan Lapangan. Setelah melakukan tahap Pra-Lapangan selanjutnya melakukan tahap Pekerjaan Lapangan yang meliputi: memahami latar penelitian dan persiapan diri, memasuki lapangan, dan berperanserta dalam lapangan  sambil mengumpulkan data.
  3. Tahap Analisis Data. Tahap yang terakhir adalah tahap analisis darta yang meliputi kegiatan: analisis domein, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema.
Baca Juga:   Karakteristik Penelitian Kualitatif

Mengingat sifat rancangan penelitian kualitatif yang fleksibel dan dapat berubah tersebut, maka dapat diputuskan bahwa rancangan penelitian kualitatif pada awalnya dapat disusun tidak terlalu rinci, lengkap dan pasti sebagaimana pada rancangan penelitian kuantitatif yang membutuhkan rincian pasti dari suatu rancangan yang akan digunakan. Untuk mengantipasi kemungkinan adanya perubahan dan penyesuaian antara rancangan penelitian dan kondisi lapangan yang akan diteliti, peneliti perlu memahami berbagai model rancangan dalam penelitian kualitatif.

Para ahli penelitian kualitatif mengingatkan kepada peneliti bahwa rancangan penelitian kualitatif berbeda dengan rancangan penelitian kuantitatif, terutama dari segi metodologis dimana rancangan penelitian kualitatifsifatnya lebih fleksibel. Walaupun pada proposalnya peneliti sudah menetapkan akan menggunakan metode tertentu, tetapi pokok-pokok pendekatan tetap dapat berubah pada waktu penelitian berlangsung. Artinya, ketika peneliti kualitatif memasuki lapangan dengan membawa rancangan yang sudah direncanakan, dan ternyata tidak sesuai dengan kondisi objektif atau tidak relevan dengan situasi yang diteliti, maka peneliti harus merevisi dengan membuat formulasi rancangan baru atau menyempurnakan rancanagan yang sudah ada. Asumsi utama dalam penelitian kualitatif meliputi:

  1. Peneliti memfokuskan pada proses
  2. Memperhatikan pemaknaan terhadap sesuatu
  3. Peneliti merupakan instrument utama
  4. Melibatkan penelitian lapangan
  5. Bersifat deskriptif, harus memperhatikan proses, makna dan pemahaman melalui kata atau gambar
  6. Bersifat induktif, dengan membangun abstraksi, konsep, hipotesis, dan teori dari data yang diperoleh
  7. Fleksibel
Baca Juga:   Keunggulan dan Kekurangan Skala Likert

Dari pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan pengertian rancangan penelitian kualitatif adalah proses yang terinci dan spesifik mengenai cara memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasi data. Sumber data penelitian kualitatif memiliki setting alami sebagai sumber data langsung. Rancangan penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses kerja yang berkaitan secara langsung dengan berbagai bentuk masalah dalam lingkungan masyarakat. Adalah proses yang terinci dan spesifik mengenai cara memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasi data.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Rancangan Penelitian Kualitatif semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, jika ulasan ini dirasa berguna bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.