Pengertian Program Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri (CLCK)

Diposting pada

Pengertian Program Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri (CLCK) – Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) adalah pola usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efesien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan sesuatu yang akan atau disediakan untuk ditiru/diikuti untuk hasil latihan dalam kepalaan sehingga kegiatan melakukan sesuatu tidak bergantung pada orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007:711). Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) adalah pola perbuatan membina sesuatu yang disediakan untuk ditiru/diikuti dari hasil berlatih dengan kepalaan dalam kegiatan melakukan sesuatu sehingga tidak bergantung pada orang lain (kamus Pelajar, 2003:751)


Program CLCK adalah suatu wadah pembinaan profesional bagi para guru yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan (anonim, 1997:37). Program CLCK yang anggotanya semua guru didalam gugus, yang bersangkutan dimaksudkan sebagai wadah pembinaan profesional bagi para guru dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional guru khususnya dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran.

Secara oprasional Program CLCK yang anggotanya semua guru didalam gugus, yang bersangkutan dimaksudkan dapat dibagi lebih lanjut menjadi kelompok yang lebih kecil berdasarrkan jenjang kelas (misalnya kelompok guru kelas 1 dan seterusnya) dan berdasarkan mata pelajaran.
Selanjutnya dalam sistem gugus selain mendapatkan pembinaan secara langsung oleh kepala sekolah dan kepala sekolah juga dari para tutor dan guru pemandu mata pelajaran mekanisme pembinaan profesional guru secara terus menerus dan berkesinambungan.

Baca Juga:   Kata Kerja untuk Ranah Psikomotor (P1 - P4)

Mengingat setiap guru kelas mempunyai permasalahan tentang mata pelajaran maupun metode mengajar menurut jenjang kelas masing-masing, maka materi tataran/latihan atau diskusi yang disiapkan oleh tutor dan guru pemandu, perlu ditanggapi dan dikaji secara aktif oleh peserta Program CLCK yang anggotanya semua guru didalam gugus, yang bersangkutan dimaksudkan agar segala yang diperoleh lewat kegiatan Program CLCK yang anggotanya semua guru didalam gugus, yang bersangkutan dimaksudkan benar-benar aplikatif dan memenuhi kebutuhan perbaikan kbm/pbm di sekolah. kesesuaian antara materi yang disajikan atau didiskusikan oleh dengan pelaksanaan kbm/pbm di kelas, dipantau oleh guru pemandu, kepala sekolah dengan cara demikian guru pemandu,.dapat memperoleh masukan untuk melakukan perbaikan pada pertemuan berikutnya.

Program CLCK yang anggotanya semua guru didalam gugus, yang bersangkutan dimaksudkan berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar, interaksi guru dan siswa metode mengajar dan lain lain yang berfokus pada penciptaan kegiatan belajar mengajar yang aktif.

Sekian dulu pembahasan tentang Pengertian Program Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri (CLCK) semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan postingan ini di media sosial anda, jangan lupa juga klik like halaman facebook blog ini untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik tentang pendidikan. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.