Pengertian Penelitian Kualitatif

Diposting pada

Pengertian Penelitian Kualitatif – Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengambilan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi (Sugiyono, 2013: 1).

Dalam penelitian kuantitatif, peneliti menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data atau mengukur status variabel yang diteliti, sedangkan dalam penelitian kualitatif, peneliti menjadi instrumen. Oleh karena itu dalam penelitian kualitatif instrumennya adalah orang atau human instrument. Untuk dapat menjadi instrumen maka peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas sehingga mampu bertanya, menganalisis, memotret, dan mengkonstruksi obyek yang diteliti menjadi lebih jelas dan bermakna. Selain itu dalam penelitian kualitatif, peneliti melakukan analisis data untuk membangun hipotesis bukan menguji hipotesis (Sugiyono, 2013: 2).

Metode penelitian kualitatif sering disebut sebagai metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) disebut juga sebagai metode etnographi, karena pada awalnya metode ini banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya, disebut juga sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif.

Menurut Djunaidi Ghony (25, 2012) penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuatifikasi. Penelitian kualitatif dapat menunjukkan kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsional organisasi, pergerakan sosial, dan hubungan kekerabatan.

Baca Juga:   Pengertian Rancangan Penelitian dan Penelitian Kuantitatif

Penelitian kualitatif dieksplorasi dan diperdalam dari fenomena sosial atau lingkungan sosial yang terdiri atas perilaku, kejadian, tempat, dan waktu. Latar sosial tersebut digambarkan sedemikian rupa sehingga dalam melakukan penelitian kualitatif mengembangkan pertanyaan dasar: apa dan bagaimana kejadian itu terjadi, siapa yang terlibat, dan dimana tempat kejadiannya, Djunaidi Ghony (25:2012). Bogdan dan taylor mendefinisikan “metodologi kualitatif” sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.

Metode penelitian kualitatif akan cocok dan tepat digunakan untuk meneliti hal-hal sebagai berikut:

  1. Masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih gelap. Kondisi semacam itu cocok diteliti dengan metode kualitatif, karena penelitian kualitatif akan langsung masuk ke objek sasaran, melakukan penjelajahan dengan grand tour question sehingga masalah akan dapat ditemukan dengan jelas. Melalui penelitian model ini, penelitian akan melakukan eksplorasi terhadap suatu objek.
  2. Memahami makna di balik data yang tampak. Gejala sosial sering tidak bisa dipahami berdasarkan apa yang diucapkan dan dilakukan orang. setiap ucapan dan tindakan orang sering mempunyai makna tertentu.
  3. Memahami interaksi sosial yang sifatnya kompleks. Untuk memahami interaksi sosial yang rumit hanya dapat diurai kalau peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif, dengan cara ikut berperan serta, wawancara mendalam terhadap interaksi sosial tersebut.
  4. Memahami perasaan seseorang
  5. Mengembangkan teori. Metode penelitian kualitatif relatif paling cocok digunakan untuk mengembangkan teori yang dibangun melalu data yang diperoleh dilapangan. Teori yang demikian dibangun melalui grounded research.
  6. Memastikan kebenaran data. Dengan metode penelitian kualitatif, melalaui teknik pengumpulan data secara triangulasi kepastian data akan lebih terjamin. Selain itu juga data yang diperoleh diuji kredibilitasnya dan penelitian berakhir setelah data itu jenuh dan kepastian data akan diperoleh.
  7. Meneliti sejarah perkembangankehidupan sesseorang tokoh atau perkembangan masyarakat akan dapat diacak dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan data dokumentasi, wawancara mendalam terhadap pelaku atau orang yang dipandang tahu.
Baca Juga:   Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Penelitian dan Menulis

 Sekian pembahasan singkat tentang Pengertian Penelitian Kualitatif semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda, jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.