Pengertian Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) – Pada dasarnya, Numbered Heads Together (NHT) merupakan varian dari diskusi kelompok. Menurut Slavin (Huda, 2014: 203), metode yang dikembangkan oleh Russ Frank ini cocok untuk memastikan akuntabilitas individu dalam diskusi kelompok. Tujuan NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain untuk meningkatkan kerja sama siswa, NHT juga bisa diterapkan untuk semua pelajaran dan tingkatan kelas (Huda, 2014: 203)

Muhammad Nur (Maryam, 2013: 7), “NHT sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok. Dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT guru hanya menunjuk seorang siswa yang  mewakili kelompoknya”. Dalam  menunjuk siswa tersebut, guru tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompok tersebut.

Menurut Muhammad Nur (Maryam, 2013: 7), “Dengan cara tersebut akan menjamin keterlibatan total semua siswa dan merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok”. Selain itu pembelajaran kooperatif tipe NHT memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk membagikan ide-ide dan  mempertimbangkan sebuah  jawaban  yang paling tepat.

Ibrahim, (Maryam, 2013: 8) menyatakan, “Dengan belajar kooperatif akan memperbaiki prestasi siswa atau tugas-tugas akademik penting lainnya serta akan memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademis”. Dengan adanya keterlibatan total semua siswa tentunya akan berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Siswa akan berusaha memahami konsep-konsep atau pun  memecahkan permasalahan yang disajikan oleh guru. Saat siswa termotivasi dalam kegiatan belajar maka mereka akan berusaha untuk mencari ide-ide baru dan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Siswa dalam satu kelompok yang heterogen saling bertukar pikiran satu sama lain terhadap materi yang sedang mereka pelajari.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Get A Star

Lie (Maryam, 2013: 8) menuliskan bahwa, “Tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah tipe kooperatif dimana siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen yang beranggotakan 4-5 orang”. Dalam setiap kelompok siswa yang pintar dapat mengajari temannya yang kurang sehingga dapat menumbuhkan rasa sosial diantara setiap anggota kelompoknya. 

Berdasarkan beberapa teori tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran yang proses pelaksanaannya guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang heterogen dimana guru akan menunjuk nomor siswa berdasarkan penomoran dalam kelompok untuk mengerjakan soal yang diberikan setelah proses pengerjaan soal bersama-sama dalam kelompok tanpa memberitahu siswa terlebih dahulu sehingga semua siswa secara tidak langsung harus bertanggung jawab secara pribadi kepada keberhasilan di setiap anggota kelompoknya  masing-masing.

Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian besar aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah.

2. Ciri-ciri Belajar dengan Model NHT

Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Spenser Kagen (Trianto, 2007: 62) “untuk  melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah  materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut”. Huda (2014: 203) “mengemukakan tujuan dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain untuk meningkatkan kerja sama siswa, NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas”.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning)

3. Langkah-langkah Belajar dengan Model NHT

Langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Menurut Trianto (Maryam, 2013: 9) adapun tahapan dalam pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) antara lain yaitu 1) penomoran, 2) mengajukan pertanyaan, 3) berfikir bersama, dan 4) menjawab. Adapun langkah-langkah penerapan suatu model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. Tahap Penomoran

Dalam fase ini guru membagi siswa ke dalam kelompok terdiri 1-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor masing-masing.

b. Tahap Mengajukan Pertanyaan

Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa pertanyaan dapat bervariasi, pertanyaan dapat amat spesifik dalam bentuk kalimat tanya.

c. Tahap Berfikir Bersama

Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan menyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.

d. Tahap Menjawab

Guru memanggil suatu nomor tentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.

4. Kelebihan  dan Kekurangan  NHT

a. Kelebihan Model Pembelajaran NHT

Menurut Hamdani, (Rahmawati, 2013: 5) kelebihan model kooperatif tipe NHT antara lain:

  1. Setiap siswa menjadi siap semua.
  2. Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
  3. Siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kurang pandai.
  1. Kekurangan Model Pembelajaran NHT

Kelemahan dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT menurut Hamdhani (, 2013: 5) antara lain:

  1. NHT kemungkinan nomor yang dipanggil dapat dipanggil lagi oleh guru.
  2. Tidak semua anggota kelompok yang memiliki nomor yang sama terpanggil oleh guru untuk presentasi mewakili kelompoknya.
Baca Juga:   Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika ulasan singkat ini dirasa bermanfaat bagi anda. silahkan share/bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.