Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer – Menurut  Sumantri  (2015:37)  model  pembelajaran  adalah “kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar”. Senada dengan itu Suprijono (2014:46) mengungkapkan bahwa “model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial”. Dari dua definisi diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu bentuk pembelajaran yang sistematis dan terencana yang dirancang dari awal sampai akhir pembelajaran serta disajikan secara khas oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Selanjutnya, menurut Sumantri (2015:49) tentang model pembelajaran kooperatif, beliau menyebutkan bahwa “model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok – kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan”. Sejalan dengan itu, Abidin (2014:124) menyebutkan bahwa “model

pembelajaran   kooperatif        merupakan       model  pembelajaran    yang menekankan    aktivitas           kerja    sama    siswa   dalam  belajar  berbasis ketergantungan positif            dan      pembagian       tugas    jelas”.   Dengan demikian, pembelajaran  kooperatif  merupakan  pembelajaran  yang melibatkan       unsur   kerja    sama    antar    kelompok        yang    saling

bergantungan  satu  dengan  yang  lainnya  dalam  mencapai  suatu tujuan pembelajaran yang lebih baik.

Model pembelajaran kooperatif Giving Questions and Getting Answer ditemukan oleh Spancer Kagan, orang berkebangsaan Swiss

pada  tahun  1963.  Model  ini  dikembangkan  untuk  melatih  siswa memiliki          kemampuan  dan  keterampilan  bertanya       dan  menjawab pertanyaan,      karena  pada    dasarnya          model  tersebut               merupakan modifikasi  dari  metode  tanya  jawab  dan  metode  ceramah yang

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Scramble

merupakan kolaborasi dengan menggunakan  potongan-potongan kertas sebagai medianya. Model pembelajaran Giving Questions and Gettinng Answer merupakan  salah  satu  model  pembelajaran  active  learning  yang mengimplementasikan dari     model  pembelajaran    konstruktivistik yang    menempatkan  siswa   sebagai subyek dalam   pembelajaran.

Menurut Suprijono (2014 : 107) : Model giving question and getting answer adalah model yang dikembangkan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan”. Kegiatan bertanya dan menjawab merupakan hal yang sangat esensial dalam pola interaksi antara guru dan siswa. Kegiatan bertanya dan menjawab yang dilakukan oleh

guru dan siswa dalam proses belajar mengajar mampu menumbuhkan pengetahuan baru pada diri siswa.

Model  Giving Questions        and      Getting            Answer               dilakukan bersamaan antara metode tanya jawab dengan metode ceramah, agar siswa tidak dalam keadaan blank mind.

b. Langkah–langkah pembelajaran kooperatif Giving Question and Getting Answer

Zaini dalam skripsi Nora (2014 : 13-14) menjelaskan langkah – langkah pembelajaran kooperatif Giving Question and Getting Answer adalah sebagai berikut :

  1. Membuat potongan-potongan kertas sebanyak dua kali jumlah siswa.
  1. Membagikan dua potongan kertas kepada peserta didik.
  2. Meminta setiap peserta didik untuk melengkapi pertanyaan berikut :

Kertas 1 (bertanya) : saya masih belum paham tentang …….

Kertas 2 (menjawab) :saya dapat menjelaskan tentang ……

  1. Membagikan siswa kedalam kelompok kecil 2-3 orang dalam satu kelompok.
  2. Masing – masing kelompok memilih pertanyaan – pertanyaan yang ada (kartu 1 ) dan juga topik – topik yang dapat mereka jelaskan ( kertas 2 ).
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
  1. Meminta setiap kelompok untuk menyampaikan apa yang dapat mereka jelaskan dari kertas 2, selanjutnya minta mereka untuk menyampaikannya kekelompok lainnya.
  2. Melanjutkan proses ini sesuai dengan waktu dan kondisi yang ada.
  3. Mengakhiri pembelajaran dengan menyampaikan rangkuman dan klarifikasi dari jawaban-jawaban dan penjelasan siswa.
  4. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif Giving Questions and Getting Answer

Menurut  Setyawati  (Pendidikan  Elektro,  Tahun  2013:  185 Menjelaskan kelebihan dan kelemahan model kooperatif Giving

  1. Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer.

Kelebihan penerapan model pembelajaran kooperatif Giving Question and Getting Answer adalah :

  1. Siswa menjadi lebih aktif.
  2. Anak mendapat kesempatan baik secara individu maupun kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum di mengerti.
  3. Guru dapat mengetahui penguasaan anak terhadap materi yang disampaikan.
  4. Mendorong anak untuk berani mengajukan pendapatnya.
  1. Kelemahan model pembelajaran kooperatif Giving Question and Getting Answer.

Selain keunggulan – keunggulan yang disebutkan diatas, terdapat pula kelemahan – kelemahan pada penerapan model kooperatif Giving Question and Getting Answer, diantaranya :

  1. Pertanyaan pada hakekatnya sifatnya hanya hafalan
  1. Proses tanya jawab yang berlangsung secara terus menerus akan menyimpang dari pokok bahasan yang sedang dipelajari
  1. Guru tidak mengetahui secara pasti apakah anak yang tidak mengajukan pertanyaan ataupun menjawab telah memahami dan menguasai materi yang telah diberikan.

 Demikian pembasasan singkat tentang Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answer semoga dapat menjadi referensi serta bisa bermanfaat bagi anda, dan jika berkenan mohon share/bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Discovery Strategy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.