Pengertian Model Pembelajaran Concept Sentence

Diposting pada

Pengertian Model Pembelajaran Concept Sentence – Kiranawati (2007: 8) mendefinisikan consept sentence merupakan model pembelajaran yang menekankan pada siswa dibentuk kelompok heterogen kemudian setiap kelompok yang sudah dibentuk masing-masing membuat kalimat dengan minimal 4 kata kunci sesuai materi yang disajikan. Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Huda (2013: 315) memberi definisi model consept sentence adalah model pembelajaran dengan cara siswa dibentuk berkelompok dan membuat kalimat dengan minimal 4 kata kunci sesuai dengan materi yang disajikan oleh guru.

Metode consept sentence merupakan metode pembelajaran yang diawali dengan menyampaikan kompetensi, sajian materi, membentuk kelompok heterogen, guru menyiapkan kata kunci, sesuai materi bahan ajar, dan tiap kelompok membuat kalimat berdasarkan kata kunci, Huda (2013: 316). Prosedur selanjutnya dalam pembelajaran ini adalah mempresentasikan hasil belajar secara bergantian di depan kelas.

Dari pengertian di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi consept sentence adalah metode pembelajaran dengan cara memberikan kartu-kartu yang berisi kata kunci untuk dibuat kalimat-kalimat, yang selanjutnya disusun menjadi sebuah paragraf. Pada setiap kata kunci dibuat minimal empat kalimat.

Langkah-langkah Model Pembelajaran ConceptSentence

  1. Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan materi secukupnya.
  3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 6 orang secara heterogen.
  4. Guru Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
  5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
  6. Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
  7. Siswa dibantu oleh guru memberikan kesimpulan.
Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble

Kelebihan model pembelajaran Concept Sentence

  1. Meningkatkan semangatbelajar siswa,
  2. Membantu terciptanya suasana belajar yang kondusif,
  3. Memunculkan kegembiraan dalam belajar,
  4. Mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif,
  5. Mendorong siswa untuk memandang susuatu dalam pandangan yang berbeda,
  6. Memunculkan kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik,
  7. Memperkuat kesadaran diri,
  8. Lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran,
  9. Siswa yang lebih pandai mengajari siswa yang kurang pandai.

Kelemahan model pembelajaran Concept Sentence

  1. Guru harus mempersiapkan pembelajaran secara matang,
  2. Agar proses pembelajaran berjalan lancar maka dibutuhkan dukungan fasilitas, alat dan biaya yang mencukupi,
  3. Selama kegiatan diskusi kelompok berlangsung ada kecenderungan topik permasalahan yang dibahas meluas sehingga banyak yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  4.  Saat diskusi kelas terkadang didominasi seseorang hal ini mengakibatkan siswa yang lain menjadi pasif.

Demikian postingan singkat tentang Pengertian Model Pembelajaran Concept Sentence semoga dapat menjadi referensi dan berguna bagi anda, jika postingan ini dianggap bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.