Pengertian Metode Sosiodrama

Diposting pada

Pengertian Metode Sosiodrama – Menurut Istarani, (2012: 2) “Metode pembelajaran adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, baik secara individual ataupun secara kelompok.” Metode digunakan untuk mewujudkan strategi yang telah ditetapkan. Dengan demikian, metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Menurut Sanjaya, (2013: 161) menyatakan bahwa “Keberhasilan dari penerapan strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hannya mungkin dapat diterapkan melalui penggunaan metode pembelajaran.”

Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran biasanya bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan tertentu. Apabila dikaji kembali definisi strategi pembelajaran, maka jelas disebutkan bahwa strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain metode dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, metode adalah cara yang digunakan untuk menerapkan sebuah rencana yang sudah disusun agar tercapai secara optimal. Metode pembelajaran yaitu cara yang digunakan oleh seorang guru untuk menerapkan tahapan pembelajaran yang sudah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pengertian Sosiodrama

Menurut Sanjaya, (2013: 147) “Sosiodrama adalah metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial, permasalahan yang menyangkut hubungan antara manusia seperti kenakalan remaja, narkoba, gambaran keluarga otoriter dan lain sebagainya.” Sosiodrama atau bermain peran menekankan kenyataan di mana para murid diikutsertakan dalam permainan peranan di dalam mendemostrasikan masalah-masalah sosial.

Baca Juga:   Pengertian Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ)

Langkah-Langkah Penerapan Metode Sosiodrama

Menurut Sanjaya, (2013: 162) Langkah- langkah penerapan metode sosiodrama yang harus dilaksanakan oleh seorang guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Guru menetapkan topik atau masalah yang nanti akan diperankan.
  2. Guru memberikan gambaran masalah dalam situasi yang akan diperankan.
  3. Guru menetapkan pemain yang akan terlibat dalam simulasi, peran yang harus dimainkan oleh para pemain serta waktu yang disediakan untuk memainkan perannya.
  4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan perannya dalam simulasi.
  5. Siswa yang bertugas sebagai kelompok pemeran, mulai mensimulasikan dramanya. Para siswa lainnya mengikuti dengan penuh perhatian.
  6. Guru memberikan bantuan kepada pemeran yang mendapat kesulitan
  7. Simulasi dihentikan pada saat puncak. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong siswa berpikir dalam menyelesaikan masalah yang disimulasikan.
  8. Melakukan diskusi baik tentang jalannya simulasi maupun materi cerita yang disimulasikan. Guru harus mendorong siswa agar dapat memberikan kritik dan tanggapan terhadap proses pelaksanaan simulasi.
  9. Menilai hasil sosiodrama tersebut sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.
Keunggulan dan Kelemahan Metode Sosiodrama

Setiap metode pembelajaran tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun keunggulan dan kelemahan dari metode sosiodrama adalah sebagai berikut:

Keunggulan Metode Sosiodrama

Siswa melatih dirinya untuk memahami dan mengingat isi bahan yang akan didramakan. Karena sebagai pemain tentunya harus memahami dan menghayati isi cerita secara keseluruhan terutama untuk materi yang harus diperankannya. Dengan demikian daya ingat siswa harus tajam dan tahan lama.Siswa terlatih untuk berinisiatif dan kreatif, pada waktu memainkan drama para pemain diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya sesuai dengan waktu yang tersedia.Bakat yang terdapat pada siswa dapat dipupuk sehingga dimungkinkan akan muncul atau tumbuh seni drama.Kerja sama antar pemain dapat ditumbuhkan dan dibina dengan sebaikbaiknya.Siswa memperoleh kebiasaan untuk menerima dan membagi tanggung jawab dengan sesama pemain.Bahasa lisan siswa dapat dibina menjadibahasa yang baik agar mudah dipahami orang lain.

Baca Juga:   Pengertian Teknik Jarimatika

Kelemahan Metode Sosiodrama

Sebagian besar anak yang tidak ikut bermain peran akan kurang aktif dalam pembelajaran.Banyak memakan waktu, baik waktu persiapan dalam rangka pemahaman isi drama maupun pelaksanaan pertunjukan.Memerlukan tempat yang cukup luas karena jika tempat bermain sempit menjadi kurang bebas dalam memainkan perannya.Sering kelas lain terganggu oleh suara pemain dan penonton yang kadang-kadang bertepuk tangan dan lain sebagainya

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Metode Sosiodrama semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika artikl ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.