Pengertian Metode The Power Of Two

Diposting pada

Pengertian Metode The Power Of Two – Metode The Power of Two adalah salah satu dari strategi pembelajaran aktif.Strategipembelajaran The Power of Two adalahsuatu taktik atau trik yang harus dikuasaidan diterapkan oleh pendidik agar tujuanpembelajaran dapat tercapai denganmaksimal, yaitu dengan membentukkelompok kecil yang terdiri atas dua orang (Riani 2012:31 dalam jurnal Eka Putra Aryawan, dkk, 2014).Jadi, dalam pembelajaran dengan strategiini guru membentuk siswa menjadikelompok yang tediri dari dua orang agarmendapatkan hasil yang lebih baik.

Model pembelajaran aktif dengan metode The Power of Two adalah pembelajaran kekuatan dua kepala yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang kooperatif dan untuk menegaskan pentingnya serta manfaat sinergi, karena dua kepala jauh lebih baik dari pada satu kepala (Silberman 2010: 171 dalam jurnal Charisma Dita Ayuningtyas 2013).

Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa metode The Power Of Two artinya menggabungkan kekuatan dua orang. Menggabungkan kekuatan dua orang dalam hal ini adalah membentuk kelompok kecil, masing-masing kelompok terdiri dari dua. kegiatan ini dilakukan agar muncul sinergi, yaitu dua orang atau lebih itu lebih baik dari pada satu orang.Aktifitas pembelajaran The Power Of Two ini digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergi dua orang. Metode ini mempunyai prinsip bahwa berpikir berdua jauh lebih baik dari pada berpikir sendiri.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Karyawisata

Metode ini sama seperti metode pembelajaran kooperatif lainnya, praktik pembelajaran metode the power of two diawali dengan guru mengajukan pertanyaan. Dengan pertanyaan tersebut untuk pertama kali yang dilakukan adalah siswa mengerjakan secara perorangan. Setelah semua menyelesaikan jawabannya, siswa diminta untuk mencari pasangan.Secara keseluruhan penerapan metode The power of twobertujuan agar membiasakan siswa belajar aktif baik secara individu maupun kelompok dan membantu siswa agar dapat bekerja samadengan orang lain. Dengan demikian pembelajaran denganmenggunakan metode The Power Of Two ini diharapkan dapatmeningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran menentukan unsur intrinsik teks drama sehingga hasil belajar yang diperolehnya juga diharapkan dapat meningkat.

  1. Langkah-langkah Penerapan The Power Of Two

Langkah-langkah dalam pelaksanaanstrategi the power of two (Silberman 2009:161 dalam jurnal Jumalia Ali, dkk, 2012).

  1. Ajukan satuatau lebih pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran;
  2. Peserta didik diminta untukmenjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara individu;
  3. Setelah semua peserta didikmenjawab dengan lengkap semua pertanyaan,mintalah mereka untuk berpasangan dan salingbertukar jawaban satu sama lain dan membahasnya;
  4. Mintalah pasangan-pasangantersebut membuat jawaban baru untuk setiappertanyaan, sekaligus memperbaiki jawaban individual mereka;
  5. Ketika semua pasangantelah menulis jawaban-jawaban baru, bandingkanjawaban setiap pasangan didalam kelas.

Langkah-langkah yang dikemukakan olehSilberman dimodifikasi oleh penulis dalampelaksanaannya, yaitu :

  1. Guru menerangkanmateri dan meminta siswa untuk menjawabpertanyaan yang ada pada LKS; maksunya pertanyaan yang ada dalam LKS berupa pertanyaan seputar unsur intrinsik teks drama.
  2. Siswadiminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara individu; maksudnya siswa menjawab pertanyaan tentang unsur intrinsik teks drama secara individu.
  3. Setelah semuasiswa menjawab dengan lengkap semuapertanyaan, mereka diminta untuk berpasangandan saling bertukar jawaban satu sama lain dan membahasnya; setelah semua menjawab pertanyaan perindividu barulah mereka diminta untuk mencari pasangan dan kelompok kecil tersebut membahas jawaban satu sama lain.
  4. Pasangan-pasangan tersebutmembuat jawaban baru untuk setiap pertanyaan,sekaligus memperbaiki jawaban individual mereka; kelompok kecil ini menyatukan hasil diskusi atau jawaban yang mereka buat.
  5. Untuk meninjau hasil pekerjaansiswa, guru akan memanggil seorang siswa dansiswa tersebut harus menjelaskan jawaban darihasil diskusi berpasangan yang telah dilakukan atau dilaksanakan.
  1. Kelebihan dan KekuranganThe Power Of Two

  1. Kelebihan Strategi the power of two
  1. Siswa tidak terlalu tergantung pada guru, tapi dapat menambah kepercayaan kemampuan berfikir sendiri.
  2. Mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan dengan kata-kata secara verbal dan membandingkan ide-ide atau gagasan orang lain.
  3. Membantu anak agar dapat bekerja sama dengan orang lain, dan menyadari segala keterbatasannya serta menerima segala kekurangannya.
  4. Membantu siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
  5. Meningkatkan motivasi dan memberikan rangsangan untuk berfikir.
  1. Kekurangan Strategi the power of two
  1. Kadang-kadang bisa terjadi adanya pandangan dari berbagai sudut bagi masalah yang dipecahkan, bahkan mungkin pembicaraan menjadi menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
  2. Dengan adanya kelompok, siswa yang kurang bertanggungjawab dalam tugas, membuat mereka lebih mengandalkan pasangannya.
  • Cara Mengatasi Kekurangan Metode The Power Of Two

  1. Menumbuhkan sikap saling kerja sama dan saling menerima pendapat masing-masing dan menyatukan pendapat tersebut
  2. Menumbuhkan sikap tanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan sewaktu pelajaran berlangsung.
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Bermain Peran

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Metode The Power Of Two semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda, jika anda berkenan silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.